Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Drama Taejong Yi Bang Won, Kisah Berdirinya Joseon

Penggemar drama sageuk merapat, yuk!

Drama sageuk cukup mendominasi stasiun televisi KBS di tahun 2021 ini. Setelah menayangkan Royal Secret Agent (2020), River Where The Moon Rises (2021), dan The King's Affection (2021), bulan Desember mendatang, KBS kembali mempersembahkan drama sageuk terbaru berjudul Taejong Yi Bang Won.

Taejong Yi Bang Won dijadwalkan mengudara pada  11 Desember 2021 waktu setempat. Taejong Yi Bang Won digadang-gadang akan berbeda dari drama sageuk lainnya, lho. Supaya punya gambaran, yuk simak lima fakta drama Taejong Yi Bang Won berikut ini.

1. Kisah nyata Taejong Yi Bang Won (1367-1422)

5 Fakta Menarik Drama Taejong Yi Bang Won, Kisah Berdirinya JoseonJoo Sang Wook (instagram.com/hbent_official)

Taejong dilahirkan sebagai Yi Bang Won tahun 1367 dan menjadi putra kelima Jenderal Yi Seong Gye. Jenderal tersebut diketahui sangat berbakat dan paling berpengaruh dalam pasukan Goryeo yang kemudian menjadi Raja Taejo.

Meskipun telah menguasai banyak wilayah sejak didirikan tahun 1392, Yi Bang Won tidak naik tahta sampai tahun kedelapan dinasti Joseon. Padahal dari delapan putra Raja Taejo, Yi Bang Won yang paling cakap dalam memimpin.

Taejong Yi Bang Won merupakan raja ketiga dinasti Joseon. Ia sangat bekerja keras membangun struktur administrasi yang kuat pada awal Dinasti Joseon selama 18 tahun pemerintahannya. Taejong Yi Bang Won adalah ayah Raja Sejong, raja paling terkenal dari Dinasti Joseon dan sering diangkat menjadi tokoh utama dalam drama sageuk lainnya.

Taejong Yi Bang Won pernah diangkat dalam drama dan film, seperti Tears of Dragon (1996-1998) dan Empire of Lust (2015). Namun, drama ini akan menampilkan perspektif yang berbeda dan menitikberatkan kisah Raja Taejong mendirikan Dinasti Joseon yang dibumbui intrik politik dalam perjalanan menuju tahta.

2. Tampilkan kisah berdirinya dinasti Joseon 

5 Fakta Menarik Drama Taejong Yi Bang Won, Kisah Berdirinya JoseonYe Ji Won sedang membaca naskah KDrama Taejong Yi Bang Won (instagram.com/jiwonci00)

Taejong Yi Bang Won akan menyoroti kepemimpinan Yi Bang Won yang mengambil inisiatif untuk mendirikan kekaisaran Joseon selama akhir Dinasti Goryeo. Kepemimpinannya memainkan peran penting dalam mendirikan Dinasti Joseon. Ia membantu ayahnya untuk menggulingkan Dinasti Goryeo.

Yi Bang Won memegang posisi penting dalam pemerintahan dinasti Goryeo pada tahun 1382. Selama hari-hari terakhir Dinasti Goryeo, ia memperluas dukungan kepada warga dan tokoh-tokoh penting dalam pemerintahan.

Drama Taejong Yi Bang Won akan menyuguhkan sejarah masa peralihan Dinasti Goryeo ke Joseon. Pernak-pernik, latar yang diambil, berbagai kostum, dan hal lainnya akan divisualkan secara jelas dalam setiap adegan. Soundtrack yang tak kalah easy-listening juga mendukung drama ini, lho.

Baca Juga: Couple di Drama Sageuk Baru, 10 Adu Pesona Yoo Seung Ho dan Hyeri

3. Hadirkan cerita yang autentik dan tayang di kanal KBS1 

5 Fakta Menarik Drama Taejong Yi Bang Won, Kisah Berdirinya JoseonPotret aktor Joo Sang Wook sebagai Taejong Yi Bang Won. (instagram.com/uks0718_)

Apakah kamu menyadari bahwa sejumlah drama KBS pada umumnya tayang di kanal KBS2? Namun, ini akan berbeda dengan drama Taejong Yi Bang Won yang akan ditayangkan di kanal KBS1.

Saluran KBS1 biasa menampilkan berita, talkshow, dokumenter, program budaya, seri sejarah, dan sastra. Sedangkan, saluran KBS2 terfokus kepada hiburan, serial televisi, film, dan olahraga.

Taejong Yi Bang Won yang mengudara di kanal KBS1 yang menandakan bahwa drama ini benar-benar mengangkat cerita sejarah dan budaya yang tidak beralaskan fiksi, serta menghadirkan cerita yang autentik.

4. Gaet artis veteran sebagai pemeran utama 

5 Fakta Menarik Drama Taejong Yi Bang Won, Kisah Berdirinya JoseonPark Jin Hee (instagram.com/eco_jini) | Joo Sang Wook (instagram.com/uks0718_) | Ye Ji Woon (instagram.com/jiwonci00)

Artis veteran, seperti Joo Sang Wook, Kim Yeong Cheol, Park Jin Hee, dan Ye Ji Won didapuk menjadi pemeran utama dalam drama ini. Joo Sang Wook akan menghidupkan karakter Yi Bang Won dalam akting mumpuninya.

Park Jin Hee akan memerankan karakter Ratu Min Won Kyung, istri pertama Yi Bang Woon yang melahirkan Raja Sejong. Ia harus mengorbankan segalanya untuk mendukung sang suami. Tak melulu masalah politik, drama ini juga menghadirkan kisah romantis Yi Bang Won dan istri tercintanya.

Aktor Kim Yeong Cheol akan memerankan karakter Lee Seong Gye, ayah dari Yi Bang Won (Raja Taejo). Ia merupakan seorang jenderal dan pejuang yang gigih.

Sedangkan aktris Ye Ji Won akan mendampinginya sebagai Ratu Kang Sin Deok, istri kedua Raja Taejo. Ia menjadi penasihat terdekat raja. Ratu Kang Sin Deok akan terlibat konflik dengan Yi Bang Won karena masalah suksesi pemerintahan saat itu.

5. Kolaborasi sutradara dan penulis andal 

5 Fakta Menarik Drama Taejong Yi Bang Won, Kisah Berdirinya JoseonPark Jin Hee sedang syuting KDrama Taejong Yi Bang Won. (instagram.com/eco_jini)

Joo Sang Wook cs akan diarahkan oleh sutradara Kim Hyung Il. Ia sudah banyak menggarap karya-karya yang juga tayang di kanal KBS1, di mana umumnya mengangkat sejarah dan budaya Korea Selatan.

Kim Hyung Il akan berkolaborasi dengan Lee Jung Woo yang akan menjadi penulis naskahnya. Ia telah dikenal menulis beberapa drama, seperti Strongest Delivery Man (2017) dan Gunman in Joseon (2014).

Taejong Yi Bang Won akan hadir dalam 32 episode dengan durasi 60 menit per episodenya. Setelah membaca fakta-fakta dramanya di atas, kamu sudah tertarik untuk menambahkan Taejong Yi Bang Won ke daftar watchlist-mu?

Baca Juga: Muncul dalam Drama Sageuk, Ini Dia 11 Fakta Ondal Tourist Park

Arsiaty Sumule Photo Verified Writer Arsiaty Sumule

Oraet labora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya