Comscore Tracker

10 Drama Korea Bertema Hukum Terbaik yang Harus Ditonton (Part 2)

Mana yang akan kamu tonton lebih dulu?

Drama Korea terkenal selalu menyajikan tontonan yang beragam genre. Ada banyak genre yang selalu diangkat dalam KDrama, salah satunya hukum.

Dalam drama hukum, penonton pastinya akan menemui peran pengacara, jaksa, hakim ataupun penjahat. Ada banyak KDrama bertema hukum yang memiliki kualitas terbaik hingga sayang buat dilewatkan, seperti dalam daftar berikut ini.

1. Lawless Lawyer (2018)

https://www.youtube.com/embed/IQCbCI1hvLg

Lawless Lawyer adalah drama yang mengikuti kisah Sang Pil (Lee Joon Gi), mantan gangster dan Jae Yi (Seo Yea Ji) yang merupakan seorang pengacara yang membentuk firma hukum tanpa hukum.

Mereka berdua bekerja sama menggunakan hukum untuk memperjuangkan keadilan. Mereka pun harus melawan hakim korup Cha Moon Sook (Lee Hye Young) dan rekan-rekannya.

2. Diary of a Prosecutor (2019)

https://www.youtube.com/embed/kj2-rskcB6Q

Drama ini menggambarkan kisah kehidupan sehari-hari jaksa yang terlalu banyak bekerja di kota fiksi Jinyoung, Korea Selatan. Kisahnya berfokus pada Sung Woong (Lee Sun Kyun), seorang jaksa yang tampak santai dan Myung Joo (Jung Ryeo Won), jaksa elit yang dikirim ke kantor cabang.

3. Juvenile Justice (2022)

https://www.youtube.com/embed/5mOhDVIHuSw

Juvenile Justice adalah drama tentang seorang hakim yang benci pelaku kejahatan remaja. Sebab ia pernah menjadi korban kejahatan remaja di masa mudanya. Namun, ia kemudian diangkat menjadi hakim di pengadilan remaja. Ia pun menghadapi berbagai kasus yang melibatkan para remaja yang membuat ia menemukan apa artinya menjadi dewasa.

4. Confession (2019)

https://www.youtube.com/embed/GogyPwxUGpA

Drama Confession diawali kisah seorang laki-laki bernama Do Hyun (Lee Jun Ho) yang sejak kecil memiliki penyakit jantung. Namun, secara ajaib dia memiliki kesempatan untuk transplantasi jantung. Tepat setelah transplantasi jantung, ayahnya dituduh melakukan pembunuhan. Untuk menyelidiki kasus ayahnya, Do Hyun bekerja menjadi pengacara.

5. Doctor Lawyer (2022)

https://www.youtube.com/embed/Vm13Xq24WP0

Drama ini mengikuti kisah seorang ahli bedah jenius yang menjadi pengacara malapraktik medis. Hal itu ia lakukan setelah kehilangan segalanya karena dituduh melakukan malapraktik.

Dokter yang beralih profesi itu bernama Han Yi Han (So Ji Sub). Ia pun dipertemukan dengan Geum Seok Young (Im Soo Hyang), seorang jaksa di divisi kejahatan medis Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Drama Korea dari Pemain Mental Coach Je Gal Gil

6. Solomon's Perjury (2016)

https://www.youtube.com/embed/EjX894Am6UE

Solomon's Perjury merupakan drama yang diawali kisah seorang siswa jatuh dari atap dan meninggal dunia pada malam Natal. Polisi langsung menyimpulkan bahwa dia bunuh diri.

Hal itu membuat para siswa memutuskan untuk mengadakan trial untuk mengungkapkan kebenaran. HIngga akhirnya persidangan pun berhasil mengungkapkan rahasia buruk tentang kasus pembunuhan tersebut.

7. Suits (2018)

https://www.youtube.com/embed/FJRUOWtiXmw

Suits adalah drama tentang seorang pengacara korporat ternama di sebuah firma prestisius. Ia  mempekerjakan seorang laki-laki muda yang dengan ingatan fotografis, tapi tidak memiliki gelar hukum. Merekrut pemuda tersebut tentu saja untuk membantu pengacara tadi menangani kasus-kasus dengan risiko yang tinggi.

8. Extraordinary Attorney Woo (2022)

https://www.youtube.com/embed/MxeXECe2t-c

Nah, kalau drama yang satu ini mengikuti kisah seorang pengacara brilian bernama Woo Young Woo (Park Eun Bin) yang memiliki sindrom Asperger. Dia lulus dari Universitas Nasional Seoul dan bekerja di salah satu firma hukum bernama Hanbada. Meskipun dia cerdas dalam menangani setiap kasus-kasusnya, tapi Woo Young Woo masih harus berjuang untuk bisa melakukan interaksi sosial dengan lingkungan sekitarnya.

9. Miss Hammurabi (2018)

https://www.youtube.com/embed/Nf3EsoCQNxM

Park Cha Oh Reum (Go Ah Ra) adalah perempuan yang baru saja diangkat menjadi hakim. Ia pun selalu waspada terhadap ketidakadilan dan dapat sangat berempati pada orang lain dalam menangani kasus.

Dibandingkan dengan Park Cha Oh Reum, Ba Reun (Kim Myung Soo) adalah laki-laki berkepala dingin yang berprinsip. Ia juga tidak senang dengan Oh Reum yang bersimpati saat menangani sebuah kasus.

10. The Devil Judge (2021)

https://www.youtube.com/embed/zZKLRQBoXTs

Di drama The Devil Judge setiap persidangan di ruang sidang diadakan melalui siaran langsung. Tak tanggung-tanggung, siarannya pun ditayangkan di televisi.

Nantinya akan ada tiga hakim yang berkumpul untuk membawa keadilan dan perdamaian. Namun, ada satu orang, yakni kepala hakim pengadilan yang tidak berperasaan bernama Kang Yo Han (Ji Sung). Ia pun ditunjuk sebagai hakim kepala dalam persidangan tersebut.

Dimulai dari Lawless Lawyer hingga The Devil Judge, sepuluh drama hukum di atas sayang banget buat dilewatkan, lho. Memiliki premis yang menarik dengan kisahnya seru-seru, drama di atas mana saja yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 9 Rekomendasi Drama Korea Rom-Com yang Tayang pada 2022, Kisahnya Uwu!

Siti Nurmala Sari Photo Verified Writer Siti Nurmala Sari

☁☀☁

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya