Comscore Tracker

7 Film dan KDrama Berdasarkan Kisah Pembunuhan Hwaseong

Ada yang pernah kamu tonton?

Ide cerita pada sebuah tayangan televisi maupun layar lebar bisa saja merupakan hasil adaptasi dari kejadian nyata. Di industri perfilman Korea Selatan, banyak di antaranya mengusung kisah yang sungguh terjadi di dunia nyata untuk kemudian diabadikan ke dalam film dan drama.

Salah satu adaptasi yang paling fenomenal bersumber dari rentetan tindak kriminal yang pernah terjadi di kota Hwaseong, provinsi Gyeonggi. Kasus tersebut terjadi pada tahun 1986 sampai 1991, melibatkan 10 pemerkosaan dan pembunuhan wanita dalam kondisi terikat. 

Pembunuhan berantai Hwaseong menjadi satu dari sekian banyak kasus yang fenomenal dan melekat di ingatan orang banyak. Saking fenomenalnya, kisah ini pun menginspirasi 7 film dan drama Korea berikut.

1. Memories of Murder (2003)

7 Film dan KDrama Berdasarkan Kisah Pembunuhan HwaseongSalah satu cuplikan di film Memories of Murder (dok. CJ Entertainments/Memories of Murder)

Memories of Murder (2003) menceritakan tentang sebuah pasukan khusus yang terdiri dari dua detektif lokal Park Doo Man (Song Kang Ho) dan Jo Young Goo (Kim Roe Ha) serta detektif dari Seoul bernama Seo Tae Yoon (Kim Sang Kyung). Mereka diberi misi khusus untuk mengungkap sebuah kasus pembunuhan berantai.

Film ini adalah hasil besutan Bong Joon Ho, yang juga menyutradarai film Parasite (2019) yang tayang bulan Mei lalu. Diadaptasi dari kisah nyata, Memories of Murder berhasil menyabet sederet penghargaan di ajang Chunsa Film Art Awards, Korean Film Awards, dan masih banyak lagi.

2. Confession of Murder (2012)

7 Film dan KDrama Berdasarkan Kisah Pembunuhan HwaseongSalah satu cuplikan film Confession of Murder (dok. Dasepo Club Co. Ltd/Confession of Murder)

Masih tentang dunia perfilman Korea, Confession of Murder (2012) juga terinspirasi oleh kasus pembunuhan berantai Hwaseong. Film ini berkisah tantang seorang pembunuh berantai bernama Lee Doo Suk yang menerbitkan buku best-seller berjudul “I’m A Killer” yang menggambarkan bagaimana ia membunuh korbannya di masa lalu.

Doo Suk berani terang-terangan lantaran kasus pembunuhan yang dilakukan olehnya telah mencapai status kedaluwarsa. Karena hal itulah, seorang detektif bernama Choi Hyung Goo berusaha menangkap pelaku yang sempat lolos 15 tahun lalu tersebut.

Secara keseluruhan, Confession of Murder (2012) dikemas secara menarik. Juga didukung oleh kepiawaian akting dari aktor ternama sekelas Park Si Hoo dan Jung Jae Young.

3. Gabdong, The Memories of Murder (2014)

7 Film dan KDrama Berdasarkan Kisah Pembunuhan HwaseongSalah satu cuplikan di film Gabdong, The Memories of Murder (dok. tvN/Gabdong, The Memories of Murder)

Seolah gak ingin ketinggalan, kali ini serial drama Korea turut menuangkan kisah pembunuhan berantai Hwaseong menjadi sebuah ide cerita. Drama Gabdong, The Memories of Murder yang bergenre crime-thriller sempat tayang pada tahun 2014 di stasiun televisi kabel tvN.

Dalam drama ini, diceritakan seorang detektif bernama Ha Moo Yeom (Yoo Sang Hyun) yang ingin menangkap pelaku sebenarnya dari kasus pembunuhan berantai. Sikap bersikeras Moo Yeom didasari pengalaman pahit di masa lalunya, 20 tahun silam ketika sang ayah yang bukan pelaku ditetapkan menjadi tersangka dan bunuh diri karenanya.

Selain dibintangi oleh Yoo Sang Hyun, drama korea Gabdong, The Memories of Murder  (2012) juga dibintangi oleh Kim Min Jung, Sung Dong Il, Lee Joon, hingga Kim Ji Won.

Baca Juga: 5 Film Korea Tentang Depresi ini Bikin Kamu Berempati 

4. Signal (2016)

7 Film dan KDrama Berdasarkan Kisah Pembunuhan HwaseongSalah satu cuplikan di film Signal (dok. tvN/Signal)

Signal (2016) termasuk drama Korea terinspirasi dari pembunuhan berantai Hwaseong yang ratingnya terus melejit selama masa tayang. Naskah drama yang menarik dan selalu bikin penasaran tiap episodenya digarap oleh Kim Eun Hee, yang juga menulis naskah dalam drama seri Netflix berjudul Kingdom (2019).

Dibintangi oleh Lee Je Hoon, Kim Hye Soo dan Cho Jin Woong sebagai pemeran utama, Signal (2016) berkisah tentang Hae Young, seorang profiler muda merangkap letnan yang berusaha menangkap pelaku pembunuhan kasus dingin.

Bersama dengan detektif veteran Soo Hyun, juga dibantu lewat alat walkie-talkie oleh detektif Jae Han dari masa lalu, yang memberi petunjuk penting untuk memecahkan misteri kasus tersebut.

5. Tunnel (2017)

7 Film dan KDrama Berdasarkan Kisah Pembunuhan HwaseongSalah satu cuplikan di film Tunnel (dok. OCN/Tunnel)

Lewat sebuah terowongan misterius, detektif Park Kwang Ho (Choi Jin Hyuk) yang hidup di tahun 1986 mengalami perjalanan waktu ke tahun 2017. Misinya tentu adalah untuk menangkap pelaku sebenarnya dari pembunuhan berantai yang menewaskan banyak wanita. Dalam usahanya untuk menuntaskan misi, Kwang Ho dibantu oleh detektif Kim Sun Jae (Yoon Hyun Min) dan profesor psikologi kriminal Shin Jae Yi (Lee Yoo Young). 

Misi harus diselesaikan agar Kwang Ho bisa kembali ke tahun 1986. Di sela perjuangannya, satu demi satu misteri terpecahkan. Bahkan lintas waktu yang dialaminya memiliki makna tersendiri karena menghubungkan Kwang Ho dengan orang-orang di masa lalu.

Drama Tunnel (2017) ditayangkan di stasiun televisi OCN, yang dikenal handal dalam menggarap drama bergenre crime-thriller. Sensasi menegangkan dan memancing naluri penasaran bakal dirasakan sepanjang kamu menonton Tunnel (2017).

6. Criminal Minds (2017)

7 Film dan KDrama Berdasarkan Kisah Pembunuhan HwaseongSalah satu cuplikan di film Criminal Minds (dok. tvN/Criminal Minds)

Criminal Minds (2017) menceritakan tentang sekumpulan profiler handal yang ditugaskan untuk menyelesaikan kasus-kasus. Salah satu dari profiler tersebut adalah Kim Hyun Joon (Lee Joon Gi) yang ketika masih kecil harus menyaksikan sang ayah dibunuh oleh tersangka pembunuhan berantai.

Meski sering kali bersitegang dengan rekan-rekan profiler lainnya, namun Hyun Joon berhasil membuktikan kehebatan insting dan akurasi kemampuan profiling dalam memecahkan tiap kasus.

Gak hanya Lee Joon Gi, drama tvN dengan jumlah total 20 episode ini juga menggaet sederet aktor dan aktris seperti: Son Hyun Joo, Moon Chae Won, Yoo Sun, Lee Sun Bin dan Go Yoon.

7. Partner for Justice (2018)

7 Film dan KDrama Berdasarkan Kisah Pembunuhan HwaseongCuplikan film Partners for Justice (dok. MBC TV/Partners for Justice)

Lagi-lagi aktor Jung Jae Young turut berpartisipasi dalam tayangan adaptasi kasus Hwaseong. Setelah sebelumnya bermain di film Confession of Murder (2012), kali ini ia membintangi drama berjudul Partner for Justice (2018) sebagai Baek Beom.

Baek Beom adalah seorang dokter forensik yang telah berkarier selama 10 tahun, namun dikenal punya kepribadian buruk. Dibantu oleh seorang jaksa muda Eun Sol (Jung Yoo Mi) yang punya kemampuan photographic memory, keduanya bekerja sama untuk menyelesaikan kasus kriminal.

Setelah berakhir pada Juli 2018, Partner for Justice merilis season 2 yang tayang pada Juni 2019 silam, lho.

Nah, itu dia 7 film dan drama Korea yang terinspirasi dari pembunuhan berantai yang pernah terjadi di Hwaseong puluhan tahun silam. By the way, ada gak nih yang pernah kamu tonton dari ketujuh tayangan di atas? 

Baca Juga: 7 Seleb yang Cocok Main di Film Korea Parasite Versi Hollywood

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya