Comscore Tracker

Kontroversi Ready For Love BLACKPINK Dituding Plagiat Konsep aespa

Sama-sama usung karakter AI, MY dan BLINK fanwar

BLACKPINK akhirnya merilis lagu “Ready For Love” sebagai bentuk kolaborasi dengan platform gim PUBG. Lewat kerja sama tersebut, video klip lagu ini pun menampilkan karakter AI dari para anggota yang berhasil memuaku BLINK, sebutan penggemar BLACKPINK.

Namun, baru-baru ini media sosial diramaikan oleh penggemar aespa yang menuding BLACKPINK melakukan plagiat terhadap girlgroup idolanya. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mengusung konsep karakter AI para anggotanya

Kontroversi Ready For Love BLACKPINK Dituding Plagiat Konsep aespaMusic Video BLACKPINK X PUBG Mobile 'Ready for Love' (youtube.com/BLACKPINK)

Lagu “Ready For Love” sudah dinanti oleh penggemar sejak pertama kali diperdengarkan lewat film dokumenter BLACKPINK: Light Up The Sky pada 2020 lalu. Tak hanya merilis lagu tersebut, grup beranggotakan Lisa, Jisoo, Jennie, dan Rose pun turut merilis video musik dan konser virtual.

Dipilih menjadi bentuk kolaborasi dengan PlayerUnknown's Battlegrounds atau kerap dikenal sebagai PUBG, girlgroup hits BLACKPINK pun menampilkan video klip yang unik lewat penampilan AI para anggotanya. MV "Ready For Love" sendiri menembus rekor sebagai video girlgroup tercepat yang telah dilihat lebih dari 1 juta penonton.

2. Dituding plagiat oleh penggemar aespa

Kontroversi Ready For Love BLACKPINK Dituding Plagiat Konsep aespaBLACKPINK dituding plagiat oleh penggemar aespa (allkpop.com)

aespa yang merupakan grup besutan SM Entertainment ini memang dikenal dengan karakter AI yang menyerupai para anggotanya. Karakter tersebut tinggal di Kwangya, dunia digital yang dibentuk SM, dan tampil sebagai hidden member aespa. Konsep ini sudah mereka jalankan sejak debut pertama kali pada tahun 2020 lalu.

Saat BLACKPINK mempublikasikan video klip "Ready For Love," sontak MY, sebutan untuk penggemar aespa, langsung meradang. MY menilai jika video klip tersebut terdapat beberapa kesamaan bagian dengan MV milik aespa.

3. Poster dituding sama dengan konsep Dreams Come True milik aespa

Kontroversi Ready For Love BLACKPINK Dituding Plagiat Konsep aespaposter BLACKPINK dan aespa yang dituding mirip (allkpop.com)

Poster resmi dari "Ready For Love" juga menuai beragam komentar dari publik, khususnya fans aespa. Poster tersebut dinilai memiliki konsep yang hampir sama seperti poster "Dreams Come True" milik aespa.

Publik menyoroti beberapa elemen yang tumpang tindih dari poster tersebut. Salah satunya adalah tumpukan elemen berwarna kristal dan warna yang didominasi ungu serta biru.

4. Dinilai ada kesamaan gaya rambut member

Kontroversi Ready For Love BLACKPINK Dituding Plagiat Konsep aespagaya rambut AI BLACKPINK yang dituding mirip dengan aespa (allkpop.com)

Tak berhenti di situ, netizen juga menggali lebih dalam kesamaan dari konsep lagu "Ready For Love" dengan aespa. Gaya rambut karakter AI BLACKPINK disebut-sebut mengikuti gaya rambut member aespa.

Salah satunya, rambut biru dari karakter AI Jennie yang dianggap mirip dengan gaya Karina. Selain itu, hairstyle karakter AI Rose juga dibandingkan dengan gaya rambut pirang Winter.

5. Dibantah keras oleh fans BLACKPINK

Kontroversi Ready For Love BLACKPINK Dituding Plagiat Konsep aespapotret karakter AI BLACKPINK (twitter.com/lildreamer_off)

Kendati demikian, BLINK membantah keras tuduhan tersebut. Para penggemar BLACKPINK mengklaim bahwa proyek kerja sama grup idolanya dengan PUBG ini sudah terlaksana sejak 2020 lalu.

Selain itu, para penggemar pun menyebut bentuk kerja sama ini memang mengharuskan BLACKPINK divisualisasikan sebagai karakter gim. Gaya rambut karakter AI BLACKPINK yang dituding mirip ini juga disanggah, karena dinilai sebagai hairstyle umum.

Tudingan plagiat ini pun menuai beragam komentar dari netizen hingga panas diperdebatkan kedua fandom. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Resmi Comeback, Ini 5 MV BLACKPINK denganViewers Terbanyak di Youtube

Topic:

  • Elizabeth Chiquita T.
  • Zahrotustianah
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya