Iklan - Scroll untuk Melanjutkan
Baca artikel IDN Times lainnya di IDN App
It helps you see more of our articles when you search on Google
5 Idol KPop yang Stres saat Mempersiapkan Comeback, Kenapa?
Bae Suzy dan Taeyang BIGBANG (instagram.com/management_soop | instagram.com/_youngbae_)
  • Taecyeon 2PM menyoroti tekanan comeback full member setelah “My House” populer, karena grup harus mempertimbangkan tujuan, tren musik, dan lagu yang disukai publik.
  • Jimin eks AOA mengaku mengalami tekanan emosional berat menjelang “WYA”, diperparah kritik publik hingga memengaruhi kebiasaan tidur, kondisi fisik, dan orang-orang terdekatnya.
  • Sunny SNSD, Taeyang BIGBANG, dan Suzy juga menghadapi stres comeback akibat persiapan album, koreografi, rekaman, penyuntingan video, serta penentuan arah musik dan title track.
This section summary was AI-assisted and reviewed by our editorial team.

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan oleh idol KPop sebelum comeback. Prosesnya yang tak mudah itu dapat membuat mereka stres. Beberapa dari mereka pun sempat menceritakan soal rasa stresnya itu.

Nah, berikut deretan idol KPop yang merasa stres saat mempersiapkan comeback. Mereka menghadapi banyak tantangan di tengah prosesnya. Namun, mereka tetap berusaha keras dalam mempersiapkannya. Yuk, simak!

1. 2PM

2PM (instagram.com/real_2pmstagram)

Dalam wawancara dengan 1st Look Korea pada 2021, Taecyeon mengaku menghadapi tekanan dalam mempersiakan comeback yang luar biasa. Ia pun mengungkapkan stres yang dialami grupnya dengan menyatakan, lagu “My House” populer saat para member wajib militer. Jadi, mereka ingin merilis lagu lain yang akan disukai banyak orang.

Taecyeon menyadari betapa grupnya mempertimbangkan banyak hal dalam mempersiapkan comeback, mulai dari tujuan sampai tren musik. Mereka banyak berpikir sambil mengerjakan lagu-lagunya. Terlepas dari tekanan yang ada, dia meyakinkan pemggemar bahwa 2PM dengan full member akan segera comeback saat itu.

2. Jimin eks AOA

Jimin eks AOA (instagram.com/jiminbaby_18)

Jimin mengungkap tantangan emosional yang dihadapinya saat mempersiapkan comeback pada Juni 2026. Ia kesulitan saat akan merilis “WYA” saat itu. Ia mengaku merasa kacau selama sebulan. Ia bahkan sering pulang ke rumah dengan perasaan terluka tanpa sepenuhnya memahami alasannya.

Jimin yang jarang minum alkohol pun mulai mendapati dirinya bergantung pada alkohol untuk bisa tidur. Obat-obatan saja tak cukup untuk meredakan kesedihannya. Sebagai dampak fisik dari stres itu, wajahnya sampai tampak pucat dan kelelahan, rambutnya beruban, dan ia sering menggigit tangannya sampai mencuci rambut pun terasa menyakitkan.

Jimin juga sebenarnya terbebani secara emosional akibat kritik dari publik. Dia frustrasi karena teman-teman yang dekat dengannya pun menerima komentar negatif hanya karena dikaitkan dengannya. Terlepas dari itu semua, ia berterima kasih pada orang-orang yang terus mendukungnya.

3. Sunny SNSD

Sunny SNSD (instagram.com/515sunnyday)

Di program One Night of TV Entertainment pada 2014, Sunny mengaku gampang stres saat mempersiapkan diri untuk comeback. Ia meredakan rasa stres itu dengan makan. Meski berat badannya tak banyak berubah karena dirinya sangat aktif, ia menyadari dirinya pun terlalu banyak makan dalam situasi stres.

4. Taeyang BIGBANG

Taeyang BIGBANG (instagram.com/_youngbae_)

G-Dragon mengungkap dukungannya pada Taeyang melalui pesan video di program Oppa Thinking pada 2017. Ia mengatakan, “Taeyang adalah teman yang seperti kakak laki-laki. Sepertinya dia sangat stres saat mempersiapkan album solo ini, tapi sebagai temannya, aku senang dia puas dengan hasil akhirnya. Aku dengan tulus mendoakan kesuksesannya.”

5. Bae Suzy

Bae Suzy (instagram.com/management_soop)

Suzy menceritakan proses persiapan album debut solonya yang bertajuk Yes? No? dalam siaran langsung pada 2017. Ia mengaku senang karena akan merilis lagunya. Namun, ada banyak hal yang membuatnya stres. Ia butuh bekerja keras dalam koreografi, rekaman, dan penyuntingan music video.

Meskipun mengalami banyak masa sulit, Suzy tetap menikmati prosesnya. Ia juga menambahkan, “Aku berpikir lama tentang arah mana yang ingin kutuju. Butuh waktu lama juga untuk memutuskan title track untuk albumnya.”

Tak bisa dimungkiri, mempersiapkan comeback memang butuh proses yang berat dan tak mudah. Bahkan, idol KPop di atas sampai stres dalam menjalani prosesnya. Meskipun begitu, mereka tetap bekerja keras untuk menunjukkan karya baru yang bagus.

This article is written by our community writers and has been carefully reviewed by our editorial team. We strive to provide the most accurate and reliable information, ensuring high standards of quality, credibility, and trustworthiness.

Curated For You

Editorial Team

Related Article