Comscore Tracker

Wajib Diet, 9 Girl Group KPop Ini Dilarang Makan Banyak oleh Agensinya

Meski sukses berkarier, mereka merasa terkekang 

Ada banyak aturan dari agensi yang harus diikuti oleh idol KPop, sejak masih trainee hingga berhasil debut. Salah satu aturan paling umum, yaitu kewajiban menjaga pola makan maupun menyuruh idol diet ketat dengan mengawasinya sepanjang waktu. Hal ini membuat mereka tak bebas dan sulit merasa senang meskipun sudah berhasil meraih cita-citanya. 

Sejumlah girl group KPop telah memberikan pengakuan terhadap ketatnya aturan agensi terhadap pola makan mereka. Tak jarang, mereka juga harus makan diam-diam di toilet karena harus mengikuti diet yang sudah ditetapkan. Untuk lebih detailnya, yuk, simak deretan cerita dari mereka berikut ini.

1. LOVELYZ 

Wajib Diet, 9 Girl Group KPop Ini Dilarang Makan Banyak oleh AgensinyaLovelyz (instagram.com/official_lvlz8_)

Di program Lovelyz in Wonderland, member LOVELYZ mengaku bahwa mereka akan dihukum oleh manajer jika kedapatan makan diam-diam karena harus diet. Mereka sempat diam-diam mencoba makanan ringan dengan senang, tetapi suasana berubah saat manajer masuk. Kei juga mengatakan, bahwa manajer pernah melempar piring saat mereka menyantap roti panggang di dorm tanpa izin.

2. GFRIEND 

Wajib Diet, 9 Girl Group KPop Ini Dilarang Makan Banyak oleh AgensinyaGFRIEND (instagram.com/gfriend_japan_official)

Butuh waktu 4 tahun berkarier bagi GFRIEND untuk bisa lebih dibebaskan memakan menu yang mereka sukai oleh agensinya. Di program MBC FM4U, Umji mengatakan bahwa dulu Source Music melarang mereka makan nasi dan ini membuatnya sedih.

Terkadang mereka juga hanya bisa makan salad karena pembatasan menu. Oleh karena itu, Yuju mengaku bersyukur saat agensi tidak memberikan aturan yang ketat lagi setelah beberapa tahun berkarier.

3. KARA 

Wajib Diet, 9 Girl Group KPop Ini Dilarang Makan Banyak oleh AgensinyaKARA (koreaboo.com)

Melalui dokumenter K-Pop Evolution, Seungyeon mengatakan bahwa manajer bahkan melarang member KARA minum air dalam masa promosi. Ia tidak menyukai diet, tetapi pihak dari agensi memaksanya melakukan hal itu. Bahkan pada tahun 2014, di program Quiz to Change the World, Seungyeon pingsan setelah berdiet dan berolahraga 4 kali dalam seminggu. 

Diet yang paling ekstrem terjadi pada tahun 2004, di mana KARA mempromosikan lagu "Mister" dengan kostum yang sebagian besar digunakan adalah cropped top dan low cut pants. Oleh karena itu, agensi melarang mereka minum air hingga akhir karena harus menunjukkan tubuh yang dianggap ideal dengan pakaian terbuka di panggung.

Baca Juga: 5 Girl Group KPop yang Mendapat Perlakuan Buruk dari Agensinya

4. MAMAMOO 

Wajib Diet, 9 Girl Group KPop Ini Dilarang Makan Banyak oleh AgensinyaMAMAMOO (instagram.com/mamamoo_official)

Wheein mengatakan bahwa semua member MAMAMOO wajib diet ketat saat masih trainee di program Boss in the Mirror. Hal ini berdampak buruk bagi kesehatannya, karena ia pernah pingsan dua kali setelah mengonsumsi obat penekan nafsu makan dalam keadaan perut kosong. 

Hal yang sama terjadi pada Solar, di mana ia langsung dilarikan ke rumah sakit setelah mengonsumsi obat tanpa makan. Meskipun begitu, setelah debut, agensi membiarkan mereka menjalani hidup yang lebih sehat tanpa memberi aturan ketat soal diet.

5. Red Velvet 

Wajib Diet, 9 Girl Group KPop Ini Dilarang Makan Banyak oleh AgensinyaRed Velvet (instagram.com/redvelvet.smtown)

Dalam sebuah program, Seulgi dan Wendy diawasi oleh manajer sehingga mereka jadi ragu ketika ingin makan es krim. Taeyeon SNSD langsung menegur manajer tersebut dan mengatakan untuk mengizinkan mereka makan dengan tenang untuk sehari saja. Hal ini membuat penggemar menyadari bahwa member Red Velvet juga diwajibkan untuk menjaga pola makannya. 

Pada kesempatan lain, di program Happy Together, Joy mengatakan bahwa member Red Velvet menjadi sedikit lebih bebas setelah 7 tahun berkarier. Ia menambahkan, bahwa dulu ia harus mengirim foto berat badannya saat menimbang diri, mengirim foto makanannya, dan harus mendapat izin untuk bepergian. Dulu juga ia harus pulang sebelum jam 11 malam.

6. Apink 

Wajib Diet, 9 Girl Group KPop Ini Dilarang Makan Banyak oleh AgensinyaAPink (instagram.com/official.apink2011)

Dalam program Problem Child in the House, terungkap bahwa member Apink harus menjalani manajemen diet yang ketat selama 2 tahun setelah debut. Namjoo mengatakan bahwa terkadang mereka hanya bisa makan salad dan membagi satu kaleng dada ayam untuk enam member. Untuk bisa makan enak, mereka hanya bisa memesan ayam diam-diam dengan menyantapnya di kamar mandi atau gudang.

7. 2NE1

Wajib Diet, 9 Girl Group KPop Ini Dilarang Makan Banyak oleh Agensinya2NE1 (soompi.com)

CL mengatakan bahwa semua member harus diet ketat untuk menyesuaikan dengan Sandara saat masih jadi member 2NE1. Pasalnya, rekan grupnya tersebut dulu memiliki tubuh yang cenderung lebih mungil dari member lain. Alhasil, mereka diet agar terlihat serasi saat berdiri bersama.

8. T-ARA 

Wajib Diet, 9 Girl Group KPop Ini Dilarang Makan Banyak oleh AgensinyaT-ARA (instagram.com/jiyeon2__)

Koreografer bernama Bae Yoon Jung dengan gamblang mengungkap bahwa pihak agensi pernah menyuruh T-ARA diet ketat selama masih trainee di program Hello Counselor. Ia pernah melihat mereka makan diam-diam di kamar mandi dan menemukan banyak bungkus cokelat di sana.

9. SISTAR 

Wajib Diet, 9 Girl Group KPop Ini Dilarang Makan Banyak oleh AgensinyaSISTAR (instagram.com/official_sistar)

Di program SBS Power FM, SISTAR mengungkapkan betapa lagu "Alone" yang meraih banyak prestasi membuat agensi lebih membebaskan mereka dalam makan. Sebelum lagu itu rilis, agensi melarang mereka makan banyak dengan hanya memberikan dada ayam dan sayuran untuk menjaga pola makan setiap member. 

Mereka menjadi sedikit bebas dan diberi lebih banyak uang untuk makan berempat dari sebelumnya. Mereka juga pada akhirnya dapat memakan apa yang mereka sukai. Selain itu, mereka pernah pesta dengan memesan banyak ayam dengan member Boyfriend untuk merayakan kebebasan baru tersebut.

Tak selalu menyenangkan, rupanya kehidupan idol begitu mengekang hingga terkadang mereka harus menahan diri untuk sekadar menyantap menu makanan yang diinginkan. Tak heran, jika banyak orang menginginkan perubahan dari standar kecantikan di industri hiburan yang kemungkinan besar mempengaruhi aturan-aturan tersebut.

Baca Juga: 11 Idol KPop yang Pernah Terjatuh di Panggung, Bikin Fans Khawatir

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya