Comscore Tracker

5 Grup KPop Tahun 2013 hingga Kini Masih Eksis, Tentu Ada BTS

Semuanya siap menyambut anniversary ke-9, nih

Tahun 2013 merupakan tahun dimana para agensi banyak mendebutkan grup andalanya. Total, ada 34 grup dari berbagai agensi yang debut pada tahun tersebut.

Didominasi grup yang berasal dari agensi kecil, para grup yang debut pada tahun 2013 banyak yang kurang populer bahkan sudah bubar saat masih rookie. Meski begitu, nyatanya masih banyak, lho, grup KPop angkatan 2013 yang masih eksis berkarier hingga saat ini. Tentu saja salah satu yang paling bersinar adalah BTS. Yup, boy group yang digawangi oleh RM ini debut di bawah naungan BigHit Entertaiment pada tahun 2013.

Siap sambut anniversary ke-9, berikut sederet grup KPop 2013 yang masih tetap eksis hingga saat ini. Simak, yuk, di bawah ini!

1. BTS

5 Grup KPop Tahun 2013 hingga Kini Masih Eksis, Tentu Ada BTSpotret BTS (instagram.com/amas)

Bangtan Sonyeondan atau yang lebih dikenal dengan nama BTS adalah boy grup besutan BigHit Entertaiment. Boy grup yang terdiri dari 7 member ini resmi debut pada 13 Juni 2013. Mereka resmi berkarier di industri musik Korea dengan merilis album 2 Cool 4 Skool dan lagu debut berjudul 'No More Dream'.

Mengawali karier yang tak mudah, BTS tetap menunjukan eksistensinya secara bertahap, sejak rookie hingga kini menjadi The Biggest Boy Grup in The World. Memiliki karier yang sangat gemilang, BTS banyak mendapatkan penghargaan musik bergengsi Korea hingga dunia. Dengan segala prestasinya, gak heran jika BTS menjadi kebanggaan para penggemar.

2. Fishingirls

5 Grup KPop Tahun 2013 hingga Kini Masih Eksis, Tentu Ada BTSpotret Fishingirls (instagram.com/fishingirls_)

Fishingirls adalah grup band cewek yang debut pada 28 Juni 2013 dengan merilis digital single 'Squeeze Out'. Grup band ini tidak dibentuk oleh agensi, melainkan tercipta secara mandiri atas inisiasi para personil.

Mengawali karier bersama Digital Record, Fishingirls kini berada di label Naturally Music. Sudah berkarier hampir 8 tahun lamanya, Fishingirls kini tinggal beranggotakan tiga member saja, mereka adalah Vienna Finger sebagai leader, main vocalist, guitarist dan komposer, Yang Da Yang Da berposis sebagai vokalis merangkap bassist, dan Yuyu sebagai vokalis, drummer, sekaligus maknae grup.

Baca Juga: 8 Nama Grup KPop Ini Sama dengan Judul Lagu Milik Idol Lain 

3. MIND-U

5 Grup KPop Tahun 2013 hingga Kini Masih Eksis, Tentu Ada BTSpotret MIND-U (instagram.com/officialmind_u)

MIND-U adalah duo grup KPop yang terdiri dari Jaehee dan Godak. Mereka berdua sebelumnya dikenal sebagai Acourve yang debut pada 25 Oktober 2013 di agensi Bridge Media. Setelah keluar dari Brigde Media, Jaehee dan Godak menandatangani kontrak dengan Starship Entertaiment pada Maret 2017.

Setelah itu, keduanya resmi melakukan re-debut sebagai MIND-U pada 27 April 2017 dengan single 'Loved U'. Menuju 9 tahun berkarya, telah banyak karya yang dihasilkan duo grup penyanyi ballad ini. Terbaru adalah singel 'Hello, Summer' yang dirilis pada tahun 2021.

4. AlphaBAT

5 Grup KPop Tahun 2013 hingga Kini Masih Eksis, Tentu Ada BTSpotret AlphaBAT (instagram.com/alphabatofficial_)

AlphaBAT awalnya adalah grup yang hanya terdiri dari dua member saja, Kyumin dan Selin. Mereka berdua debut pada tahun 2012 di bawah label YUB Entertaiment. Berlangsung singkat, di tahun yang sama mereka berdua pun memutuskan untuk keluar dari agensi tersebeut.

Selin yang kini memiliki nama panggung sebagai I:ota kala itu kemudian memilih bergabung dengan Simtong Entertaiment, sedangkan Kyumin memilih meninggalkan grup. Membentuk formasi baru, AlphaBAT kemudian resmi debut pada 14 November 2013 dengan sembilan member di bawah label Simtong Entertaiment.

Penuh luka-liku, AlphaBAT kini bernaung di agensi APB Entertaiment dan terdiri dari lima member saja. Kelima anggota grup itu mempunyai nama panggung yang diambil dari alfabet Yunani, yaitu B:eta, E:psilon, G:amma, K:appa, dan L:ambda.

5. N. Flying

5 Grup KPop Tahun 2013 hingga Kini Masih Eksis, Tentu Ada BTSpotret N. Flying (instagram.com/letsroll_nf)

N.Flying adalah grup band yang masih aktif berkarya hingga hari ini. Grup yang digawangi oleh Seunghyub ini debut pada 1 Oktober 2013 di Jepang. Kemudian, barulah pada 20 Mei N.Flying debut di Korea pada 20 Mei 2015 dengan merilis mini album Awesome.

Telah berkarya hampir 9 tahun, grup yang merupakan akronim dari New Flying atau New Wings ini telah banyak menghasilkan deretan karya. Terbaru, N. Flying baru saja merilis album repackage bertajuk TURBULENCE, serta full album pertama bertajuk Man on the Moon di tahun 2021.

Beberapa nama grup di atas pasti familiar banget, kan, di telingamu? Gak nyangka, mereka sudah hampir satu dekade berkarya di industri musik KPop, nih. Sukses selalu dan semoga karier mereka kian gemilang, ya! 

Baca Juga: 5 Idol Boy Grup Ini Fasih Bahasa Prancis, Ada Dann KINGDOM

Sherly Mis Photo Verified Writer Sherly Mis

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya