Comscore Tracker

5 Girl Group yang Resmikan Nama Fandom di Tahun 2021, Ada PURPLE K!SS

Unik dan penuh makna, nih

Fans adalah hal yang sangat penting sekali dimiliki oleh seorang idol. Untuk membedakan kelompok penggemarnya, setiap idol KPop biasanya terdapat sebuah sebutan khusus yang dimiliki.

Penuh makna, pemilihan nama fandom dilakukan tak sembarangan. Nama sebutan tersebut bisa diberikan oleh agensi, idol, ataupun berdasarkan saran dan hasil vote dari fans itu sendiri. 

Dari sekian banyak grup KPop rookie yang baru debut, berikut ada beberapa girl group KPop yang meresmikan nama fandom atau sebutan khusus bagi kumpulan penggemarnya di tahun 2021 ini. Bisa tebak siapa saja?

1. Cignature

5 Girl Group yang Resmikan Nama Fandom di Tahun 2021, Ada PURPLE K!SSCignature (instagram.com/Cignature_j9)

Cignature adalah girl group yang debut pada Februari 2020 dengan lagu "Nun Nu Nan Na". Setelah hampir 1,5 tahun, akhirnya grup rookie J9 Entertainment ini meresmikan nama fandom mereka pada 27 Juli 2021. 

Diambil dari kata bahasa Inggris "signature" yang sering disederhanakan menjadi "sign" dalam bahasa Korea, Cignature menamai fandom mereka dengan Signfan. 

Nama Signfan mengandung makna bahwa penggemar akan menjadi "tanda" atau "tanda tangan" industri musik. Kata tersebut juga terdengar mirip dengan kata Korea, sign pen, yang diibaratkan seperti spidol untuk menandatangani kertas atau merchandise.

2. PURPLE K!SS

5 Girl Group yang Resmikan Nama Fandom di Tahun 2021, Ada PURPLE K!SSPURPLE KISS (instagram.com/purplekiss_official)

Dalam rangka perayaan hari jadi yang ke-100, PURPLE K!SS memberi kejutan pada para fans dengan mengumumkan nama resmi untuk fandom mereka. Diungkapkan pada 23 Juni 2021, girl group yang digawangi oleh Park Ji Eun ini memberi nama fandom mereka dengan sebutan PLORY. 

PLORY adalah kombinasi dari PURPLE K!SS dan GLORY yang berarti bahwa PURPLE K!SS dan para penggemarnya akan berbagi momen indah dan menyenangkan satu sama lain secara bersama-sama.

Baca Juga: Mirip Seo Ye Ji, 10 Fakta Menarik Park Ji Eun PURPLE K!SS

3. LIGHTSUM

5 Girl Group yang Resmikan Nama Fandom di Tahun 2021, Ada PURPLE K!SSLIGHTSUM (instagram.com/cube_lightsum)

LIGHTSUM debut dengan delapan member pada 10 Juni 2020 dengan single "Vanilla". Grup rookie besutan Cube Entertaiment ini telah meresmikan nama fandom mereka dengan sebutan SUMIT pada 17 September 2021.

Penuh makna, SUMIT memiliki arti LIGHTSUM dan para penggemar menjadi satu, melalui sebuah medium (it) LIGHTSUM (sum). LIGHTSUM sendiri memiliki arti sebagai cahaya terang yang akan bersatu sebagai satu sum untuk menjangkau semua orang di seluruh dunia dengan menyampaikan lebih banyak energi positif melalui pesan harapan dari mereka. 

4. HOT ISSUE

5 Girl Group yang Resmikan Nama Fandom di Tahun 2021, Ada PURPLE K!SSHOT ISSUE (instagram.com/hotissue_official)

Jadi hari ulang tahun fandom, HOT ISSUE meresmikan sebutan untuk fans mereka dengan nama SURE pada 27 September 2021. Grup yang memulai debut pada 28 April 2021 ini resmi mengumumkan nama fandom-nya setelah 5 bulan debut. 

SURE adalah singkatan dari Surely, Yours, Refulgently, dan Ever. SURE Memiliki makna bahwa grup rookie ini dan fans akan selalu berada satu sama lain untuk bersinar terang selamanya. Kata SURE juga memiliki arti yakin, pasti, dan positif yang bisa dimaknai bahwa HOT ISSUE dan fans memiliki kepercayaan dan keyakinan satu sama lain.

5. bugAboo

5 Girl Group yang Resmikan Nama Fandom di Tahun 2021, Ada PURPLE K!SSbugAboo (instagram.com/bugaboo_offcl)

Bikin KPopers gemas, bugAboo meresmikan nama fandom-nya dengan nama Rainboo pada 1 November 2021. Nama tersebut diambil berdasarkan hasil voting yang dilaksanakan oleh agensi bersama para penggemar.

Rainboo berhasil mengungguli Myboo, Bloom, dan Spooky yang menjadi pilihan nama fandom lainnya. Menurut agens bugAboo, Myboo tak terpilih karena dikhawatirkan dapat membingungkan dengan fandom grup lain. Sedangkan Spooky memiliki beberapa arti lain yang dapat menyinggung sejumlah penggemar. 

Dijelaskan oleh bugAboo, Rainboo atau "Rainbow" memiliki arti seperti pelangi yang sering disimbolkan sebagai harapan, jadi ketika bugAboo bertemu dengan fans. Mereka akan dipenuhi oleh harapan satu sama lain.

Nama-namanya memiliki arti tersendiri yang begitu unik dan beda dari yang lain. Kamu paling suka dengan nama fandom dari girl group rookie yang mana, nih? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya! 

Baca Juga: Resmi Debut! 9 Fakta Girl Group BugAboo Asuhan A Team Entertaiment 

Sherly Mis Photo Verified Writer Sherly Mis

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya