Mantap, 10 Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariah

Informasi peluang kerja pada jurusan Hukum Ekonomi Syariah

Sering mendengar jurusan Hukum Ekonomi Syariah? Atau bahkan kamu salah satu bagian jurusan Hukum Ekonomi Syariah? Tepat banget nih, pasalnya kita akan membahas mengenai jurusan yang cukup populer kalangan mahasiswa PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) Perguruan Tinggi Islam Swasta.

Hukum Ekonomi Syariah merupakan program studi yang memiliki peluang besar dalam dunia kerja, terlebih kini semakin banyak instansi yang mulai mengadopsi prinsip syariah. Hukum Ekonomi Syariah atau yang dikenal dengan jurusan HES ini merupakan jurusan yang memiliki cakupan ilmu yang luas pula. Jadi, jangan takut! Lowongan kerja untuk lulusan jurusan Hukum Ekonomi Syariah saat ini sangat banyak dan menjanjikan. Berikut sepuluh di antaranya.

1. Legal officer

Mantap, 10 Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariahkarier sebagai legal officer (pexels.com/Sora Shimazaki)

Lulusan jurusan Hukum Ekonomi Syariah bisa menjajal pekerjaan sebagai legal officer. Legal officer merupakan praktisi hukum atau seseorang yang membidangi masalah yang berkaitan dengan hukum di suatu kantor atau perusahaan. Setiap kantor atau perusahaan pasti memilikinya.

Tugas seorang legal officer terbilang beragam, tetapi statusnya terikat atau berhubungan dengan bidang hukum. Mulai dari perizinan, kontrak kerja, pertimbangan hukum, dan masih banyak lagi. Adapun gaji yang ditawarkan juga sangat beragam. Mulai dari 4 juta hingga 10 juta per bulan. 

2. Advokat atau konsultan hukum

Mantap, 10 Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariahadvokat atau konsultan hukum (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Peluang kerja lulusan Hukum Ekonomi Syariah yang kedua yaitu sebagai advokat dan konsultan hukum. Tentu kalian tidak asing dengan posisi kerja yang satu ini, bukan?

Jika kamu bekerja menjadi seorang advokat atau konsultan hukum, maka kamu akan bertugas memberikan konsultasi-konsultasi hukum kepada klien. Baik klien individu ataupun perusahaan. Gaji yang ditawarkan juga cukup besar.

3. Hakim peradilan agama

Mantap, 10 Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariahhakim peradilan agama (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Menjadi seorang hakim di peradilan, baik itu peradilan agama ataupun peradilan negeri, merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi para lulusan Hukum Ekonomi Syariah. Karena para lulusan program studi ini berhak mendapat gelar Sarjana Hukum, tak salah jika kalian menjadi seorang hakim di suatu peradilan agama.

Pilihan profesi ini cukup menantang. Pasalnya mereka dituntut berintegritas dalam menjalankan tugasnya. Sebagai seorang hakim, kamu bisa mendapatkan gaji mulai 8 juta rupiah, lho.

Baca Juga: Meninggal saat Karier Meroket, 10 Perjalanan Karier Hanna Kirana

4. Drafter kontrak bisnis syariah

Mantap, 10 Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariahdrafter kontrak bisnis (pexels.com/Sora Shimazaki)

Seorang drafter kontrak kisnis syariah memiliki tugas sebagai pembuat draft kontrak berdasarkan pada prinsip syariah. Posisi kerja yang satu ini cukup luas. Pasalnya, drafter kontrak bisnis syariah sekarang banyak dibutuhkan perusahaan ataupun perorangan.

Karena tidak semua orang paham mengenai Hukum Ekonomi Syariah, profesi ini merupakan peluang emas. Terutama buat kamu, para calon atau lulusan Hukum Ekonomi Syariah.

5. Dewan pengawasan syariah

Mantap, 10 Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariahdewan pengawasan syariah (pexels.com/Anthony Skhraba)
dm-player

Prospek kerja selanjutnya yaitu sebagai staf dewan pengawas syariah. Pasalnya, di Indonesia sendiri banyak sekali lembaga-lembaga Islam yang membutuhkan seseorang yang paham mengenai prinsip-prinsip syariah.

Tugas dari seorang staf dewan pengawas syariah yaitu mengawasi serta memberi keputusan yang berkaitan dengan agama (syariah). Selain menjadi dewan pengawas syariah dalam negeri, kamu juga bisa mendaftar menjadi anggota dewan pengawasan syariah di luar negeri.

6. Pegawai pajak

Mantap, 10 Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariahkarier sebagai pegawai pajak (pexels.com/Sora Shimazaki)

Kategori selanjutnya, yaitu pegawai pajak. Lulusan Hukum Ekonomi Syariah juga bisa bekerja pada posisi kerja yang satu ini. Bekerja menjadi pegawai pajak merupakan idaman bagi mahasiswa yang berkuliah di bidang hukum atau ekonomi. Kamu sebagai bagian dari anak Hukum Ekonomi Syariah dapat melamar untuk di tempatkan di posisi tertentu di berbagai lembaga perpajakan. 

Jangan lupa persiapkan diri sebaik mungkin, karena banyak sekali yang mengincar posisi sebagai pegawai perpajakan lho. Penghasilan yang akan kamu dapat kisaran 4 juta dan akan terus naik sesuai jabatan kamu di sana.

7. Pegawai bank

Mantap, 10 Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariahkarier seorang pegawai bank (pexels.com/Kampus Production)

Selanjutnya ada pekerjaan pegawai bank. Kompleksitas jurusan Hukum Ekonomi Syariah membuat prospek kerja lebih luas. Ilmu ekonomi yang kalian dapatkan di jurusan ini membuat para lulusan Hukum Ekonomi Syariah mempunyai peluang besar untuk bekerja di lembaga perbankan. Apalagi, sekarang banyak lembaga perbankan yang mengubah statusnya menjadi perbankan syariah.

Pegawai perbankan termasuk salah satu pekerjaan idaman, khususnya bagi wanita. Gaji yang akan kamu terima juga lumayan, lho. Kisaran nominalnya adalag 5 juta per bulan. 

8. Pebisnis

Mantap, 10 Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariahpebisnis yang sukses (pexels.com/RODNAE Productions)

Prospek yang satu ini sudah sangat awam kita dengar. Pasalnya, semua orang berkesempatan memiliki bisnis masing-masing, tak terkecuali kamu para lulusan Hukum Ekonomi Syariah. Ilmu ekonomi syariah yang kamu dapatkan di bangku perkuliahan bisa kamu terapkan ketika hendak memulai atau menjalankan suatu bisnis.

Gaji seorang pebisnis tentu sangat variatif. Pasalnya, keuntungan seorang pebisnis akan meningkat jika perkembangan bisnisnya baik. Sekecil apa pun bisnis kita, kita adalah bosnya. Itulah enaknya menjadi seorang pebisnis yang sukses.

9. Staf keuangan

Mantap, 10 Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariahkarier sebagai staf keuangan (pexels.com/David McBee)

Karier selanjutnya bagi kamu, para lulusan Hukum Ekonomi Syariah adalah sebagai staf keuangan. Staf keungan dibutuhkan di setiap lembaga atau perusahaan. Karena itulah, menjadi staf keuangan termasuk prospek kerja yang luas dan menjanjikan.

Anak Hukum Ekonomi Syariah sangat cocok mengisi posisi ini. Pasalnya, ilmu mengenai ekonomi beserta hukumnya telah kamu dapatkan ketika mengambil jurusan ini.

Baca Juga: Capek Cari Kerja? Ini 5 Tips Melamar Kerja Agar Mental Tetap Aman

10. Pegawai negeri

Mantap, 10 Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariahkarier sebagai pegawai negeri (pexels.com/fauxels)

Lulusan Hukum Ekonomi Syariah juga berpeluang besar untuk menjadi seorang PNS, lho. Pasalnya, beberapa lembaga pemerintah yang membutuhkan SDM yang memiliki background pendidikan ekonomi syariah, seperti di Kementerian Agama, analisis wakaf, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah sepuluh prospek kerja untuk jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Banyak banget, bukan? Good Luck!

Nela Aprilia Rismilda Photo Writer Nela Aprilia Rismilda

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya