Comscore Tracker

Berotak Licik, Inilah 5 Ciri Rekan yang Gak Bisa Diajak Kerja Sama

#IDNTimesLife Dia gak benar-benar peduli padamu

Punya skill yang mumpuni dan bisa mengandalkan diri sendiri memang membuka peluangmu untuk sukses, tapi mau diakui atau tidak kita semua membutuhkan orang lain untuk bisa benar-benar meraih kesuksesan.

Maksudnya membutuhkan orang lain untuk sukses itu ialah sebagai partner kerja sama. Sebab kita tidak sendirian dalam berkarier, namun perlu diingat juga bahwa harus tetap hati-hati dalam memilih partner kerja.

Gak semua rekan bisa diajak kerja sama dengan baik, makanya pada kesempatan kali ini kita pun akan membahas tentang beberapa ciri rekan yang gak bisa diajak kerja sama. Supaya kamu gak terjebak dengan relasi dan partner kerja yang salah. Simak ya!

1. Melimpahkan kesalahannya pada orang lain dan memutar balikkan fakta

Berotak Licik, Inilah 5 Ciri Rekan yang Gak Bisa Diajak Kerja SamaIlustrasi komplain(pexels.com/Anna Shvets)

Bisa dibilang bahwa ini merupakan sifat buruk yang tergolong fatal dalam dunia kerja, apalagi jika bekerja dalam sebuah tim. Bukannya hasil kerja bakal bagus dan sukses, dirinya malah menjadi beban mental karena selalu menyalahkan orang lain karena tak pernah mengakui kesalahannya. 

2. Caper sama atasan dengan segala cara yang ia bisa

Berotak Licik, Inilah 5 Ciri Rekan yang Gak Bisa Diajak Kerja SamaIlustrasi bos(pexels.com/August de Richelieu)

Yang mana, caper atau usahanya dalam mencari perhatian bisa saja malah annoying bagi yang lain. Orang yang seperti ini gak baik untuk dijadikan rekan bekerja sama karena pada akhirnya ia pasti akan mementingkan diri sendiri, ia ingin dipandang paling baik terutama di mata atasan, yang gak bakal mengajakmu melangkah maju bersama.

Baca Juga: Ini 5 Caranya Mengakrabkan Diri dengan Rekan Kerja Barumu

3. Melimpahkan pekerjaan sulit padamu dengan dalih saling bantu

Berotak Licik, Inilah 5 Ciri Rekan yang Gak Bisa Diajak Kerja SamaIlustrasi rekan kerja(pexels.com/August de Richelieu)

Kemudian ciri ketiga dari orang yang juga tidak bisa kamu ajak kerja sama ialah, jika diap kerap melimpahkan pekerjaan sulit padamu dengan dalih saling bantu atau lain kali akan gantian membantumu mengerjakan pekerjaan sulit. Orang seperti ini sudah pasti tidak bisa diajak kerja sama karena dia pasti akan mengandalkanmu terus menerus.

Di balik dalihnya untuk saling membantu, sebenarnya dia hanya memanfaatkan kebaikanmu saja. Bukannya bekerja sama dalam suatu proyek, kamu malahan bisa saja berakhir kerja sendirian nantinya.

4. Mencuri ide-ide orang lain untuk dijadikan versinya ketika rapat

Berotak Licik, Inilah 5 Ciri Rekan yang Gak Bisa Diajak Kerja SamaIlustrasi rapat(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang yang seperti ini biasanya suka gabung ketika yang lain sedang mengobrol tentang pekerjaan, bahkan mungkin mencuri dengar dari hampir semua orang di kantor. Nah, dirinya sudah terbiasa mengambil milik orang lain meskipun cuma ide, tapi bagaimana mungkin kamu bisa mempercayai orang yang seperti itu? Jawabannya sama sekali tidak bisa, dan lebih baik jangan.

5. Sok dekat dan akrab pada setiap orang yang reputasinya baik di kantor

Berotak Licik, Inilah 5 Ciri Rekan yang Gak Bisa Diajak Kerja SamaIlustrasi ngobrol(pexels.com/Fauxels)

 Bersosialisasi dan memperluas jaringan relasi memang perlu di dalam karier, tapi kalau malah bermuka dua dan memaksakan diri untuk dekat dengan siapa saja yang berpotensi 'menguntungkan' tentu tak didasari niat tulus, kan.

Orang yang begini tak akan pikir dua kali untuk meninggalkanmu begitu saja dan menjalin kerja sama dengan orang baru yang ia kira lebih baik darimu. Sebab yang penting baginya ialah reputasi, status, dan keuntungan.

Itulah tadi beberapa ciri yang menunjukkan rekan-rekan yang gak bisa kamu ajak kerja sama. Ingatlah untuk tetap berhati-hati dalam memilih partner kerja, ya!

Baca Juga: Rekan Kerja Suka Gibah? 5 Cara Menghindari Ajakan Bergosip di Kantor

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya