Comscore Tracker

5 Perbaikan Diri yang Membantumu untuk Cepat Mendapatkan Pekerjaan

#IDNTimesLife Orang jadi makin tertarik memperkerjakanmu lho

Tidak semua orang setelah lulus dari pendidikannya bisa langsung bekerja, itu karena sedikitnya lowongan pekerjaan dan ketatnya persaingan. Akan tetapi meskipun begitu bukan berarti kamu hanya bisa pasrah dan menunggu orang lain untuk menawarkanmu pekerjaan.

Namun akan lebih baik jika kamu meningkatkan kualitas diri selagi belum bekerja, terutama melakukan lima perbaikan diri seperti di bawah ini yang bisa membantumu untuk cepat mendapatkan pekerjaan.

1. Belajar cara membawa diri dengan lebih baik

5 Perbaikan Diri yang Membantumu untuk Cepat Mendapatkan PekerjaanIlustrasi bicara(pexels.com/Sora Shimazaki)

dPembawaan diri itu sangat berpengaruh dalam menentukan apakah orang lain mau mempekerjakanmu atau tidak. Jadi kamu bisa mulai dengan belajar untuk membawa diri dengan lebih baik ketika bersama berbagai kalangan, dan lebih baik lagi jika kamu tahu caranya bersikap gentle dan tidak sok. Hal ini juga sangat penting jika kamu dipanggil untuk interview.

2. Berpenampilan lebih menarik

5 Perbaikan Diri yang Membantumu untuk Cepat Mendapatkan PekerjaanIlustrasi bersalaman(pexels.com/Fauxels)

Bukan berarti kamu harus memakai barang-barang mahal, akan tetapi pakailah pakaian yang sesuai dengan pribadi dan fisikmu. Bisa saja kan kamu dilirik oleh seorang atasan ketika pergi ke suatu tempat dan ditawari pekerjaan di tempatnya. Karena di dunia kerja pun ada persaingan dari segi penampilan juga.

Baca Juga: 6 Alasan Pria Tak Perlu Selalu Menyembunyikan Masalah Pekerjaan

3. Caramu berkomunikasi dengan orang lain

5 Perbaikan Diri yang Membantumu untuk Cepat Mendapatkan PekerjaanIlustrasi bicara(pexels.com/Sora Shimazaki)

Belajarlah cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain, membangun pembicaraan dan obrolan, serta bagaimana memberi respon yang tidak menyinggung. Karena ada banyak jalan untukmu untuk bisa mendapatkan pekerjaan, termasuk dengan mengobrol bersama orang-orang sekitar.

Jika mereka nyaman bicara dan terkesan dengan kemampuan komunikasimu, bisa jadi kamu mendapatkan tawaran pekerjaan dari mereka dengan sendirinya, kan.

4. Peningkatan dalam bersosial

5 Perbaikan Diri yang Membantumu untuk Cepat Mendapatkan PekerjaanIlustrasi bersalaman(pexels.com/Cottonbro)

Kalau kamu ingin cepat mendapatkan pekerjaan maka keluarlah dari zona nyamanmu dan bergaullah dengan banyak orang. Tingkatkan dan perluas lingkaran sosialmu hingga bisa dekat dengan orang-orang besar yang berpengaruh. Karena gak dapat dipungkiri kalau kekuatan dari hubungan relasi yang berkualitas sangatlah berpengaruh dalam jalan kariermu, termasuk untuk cepat mendapatkan pekerjaan.

5. Meningkatkan keahlianmu dalam bahasa asing

5 Perbaikan Diri yang Membantumu untuk Cepat Mendapatkan PekerjaanIlustrasi kencan(pexels.com/Bethany Ferr)

Jika kamu mengincar pekerjaan dalam bidang pariwisata, atau bidang apapun yang memerlukan kemampuan dalam berbahasa asing, maka perbaikilah dirimu di segi bahasa. Jangan malas dan ikutlah pelatihan, atau belajar sendiri dengan tekun.

Lalu kalau sudah ahli tunjukkanlah pada orang lain dan pastikan kemampuanmu mendapat perhatian dari banyak orang, dengan begitu kesempatanmu untuk mendapat tawaran pekerjaan di bidang impian bisa semakin besar.

Kalau lamaran pekerjaanmu selalu ditolak maka cobalah perbaiki dirimu seperti dalam pembahasan di atas tadi yang bisa membantumu untuk cepat mendapatkan pekerjaan. Pokoknya jangan pernah pasrah dan bermalas-malasan!

Baca Juga: Lagi Bosan dengan Pekerjaan? Jangan Memperparahnya dengan 6 Sikap Ini

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya