Comscore Tracker

5 Tips Mengelola Waktu dan Uang Bagi Kamu yang Full Time Freelancer

Meski fleksibel, freelancer juga perlu mengatur waktunya

Ketika kamu memilih bekerja sebagai freelancer atau disebut juga pekerja lepas, ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan termasuk soal waktu yang fleksibel dan pendapatan yang bisa lebih tinggi dari pekerja kantor. Tapi bukan berarti kamu bisa bersantai dan bersikap sesuka hati, karena kalau kamu merupakan full time freelancer maka kamu perlu mengatur waktu dan uang dengan baik. Dan untuk itu yuk simak lima tipsnya di bawah ini.

1. Biasakan menabung karena pendapatan tidak stabil

5 Tips Mengelola Waktu dan Uang Bagi Kamu yang Full Time FreelancerPexels.com/Maitree Rimthong

Pertama-tama kamu harus bisa membiasakan diri untuk menabung, ini karena pendapatan seorang freelancer  tidak ada ketetapan pastinya dan tak ada jaminan bakal stabil. Maka dari itu kamu perlu menyimpan uang untuk berbagai keperluan yang mendesak di masa depan, atau juga membeli alat yang bisa mendukung pekerjaanmu.

2. Bagi pekerjaan berdasarkan tingkat prioritas

5 Tips Mengelola Waktu dan Uang Bagi Kamu yang Full Time FreelancerPexels.com/Bruce Mars

Tips yang satu ini rasanya sangat penting untuk diterapkan setiap freelancer, yaitu membagi pekerjaan berdasarkan tingkat prioritas. Hal ini dimaksudkan agar kamu tahu mana yang harus di selesaikan lebih dulu, apalagi jika semuanya memiliki tanggal deadline. 

3. Tidak menunda-nunda menyelesaikan pekerjaan

5 Tips Mengelola Waktu dan Uang Bagi Kamu yang Full Time FreelancerPexels.com/Burst

Lalu kebiasaanmu menunda pekerjaan harus dihilangkan. Jika kamu seorang pekerja lepas atau freelancer akan sangat penting untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secepat mungkin. Selain dapat meningkatkan personal branding, kamu juga dikenal sebagai sosok yang kompeten dan profesional.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Prospek Karier Menjanjikan Bagi Para Lulusan Psikologi 

4. Atur jam kerja produktif

5 Tips Mengelola Waktu dan Uang Bagi Kamu yang Full Time FreelancerPexels.com/Veerasak Piyawatanakul

Tips berikutnya adalah atur waktu kerja produktif untuk dirimu. Caranya mudah sekali, kamu tinggal melihat apakah kamu bisa lebih produktif saat bekerja di pagi hari, siang, atau malah saat malam? Kalau sudah mengetahuinya kamu tinggal atur berapa jam untuk digunakan total fokus dalam bekerja. Jadi kamu juga tidak akan kekurangan waktu untuk istirahat.

5. Terapkan gaya hidup minimalis dan hindari hutang

5 Tips Mengelola Waktu dan Uang Bagi Kamu yang Full Time FreelancerPexels.com/Bruce Mars

Lalu tips yang terakhir adalah sebaiknya kamu menerapkan gaya hidup minimalis dan sebisa mungkin menghindari hutang. Bagi seorang freelancer, gaya hidup minimalis akan membantu untuk berhemat karena hanya membeli barang yang memang bisa berguna dengan maksimal. Dan menghindari utang membuat hidup jadi lebih tenang, apalagi dengan pendapatan tidak stabil bagi pekerja lepas.

Itulah beberapa tips yang sangat berguna bagi freelancer dalam mengatur waktu dan uangnya. Kamu sudah menerapkan yang mana?

Baca Juga: 6 Cara Bijak Hadapi Atasan Gila Kerja Tanpa Membahayakan Kariermu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya