Comscore Tracker

5 Alasan Pasangan yang Tak Percaya Diri Justru Cemburuan dan Posesif

Karena dia sadar dirinya buruk dan layak ditinggalkan

Hal paling mengganggu dalam hubungan jika mempunyai pasangan yang rasa percaya dirinya rendah ialah harus berhadapan dengan dampak dari rasa tak percaya dirinya berupa kekangan. Pasangan yang tidak percaya diri terhadap dirinya sendiri rata-rata cemburuan dan posesif, dan menjalin hubungan dengan pasangan yang seperti ini sangatlah melelahkan karena kamu harus terus meyakinkannya.

Terlepas dari apakah dia wanita ataupun pria, kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang apa alasannya pasangan yang tidak percaya diri itu cemburuan dan posesif. Simak baik-baik!

1. Dia mudah merasa tersaingi

5 Alasan Pasangan yang Tak Percaya Diri Justru Cemburuan dan PosesifIlustrasi playboy(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alasannya yang pertama ialah karena seseorang yang tidak percaya diri biasanya sangat mudah merasa tersaingi, makanya itu membuat pasanganmu menjadi cemburuan dan posesif. Karena tak peduli semenarik apapun dirinya tapi jika tak percaya diri, maka melihat kekasihnya dekat dengan lawan jenis lain membuatnya merasa tersaingi yang akibatnya membuat dia jadi lebih insecure dan rendah diri. Walaupun itu hanyalah pikiran dia saja.

2. Selalu merasa rendah diri dan tak pantas untuk kekasihnya

5 Alasan Pasangan yang Tak Percaya Diri Justru Cemburuan dan PosesifIlustrasi stres(pexels.com/Alex Green)

Pasangan yang insecure juga rata-rata posesif dan cemburuan disebabkan oleh dirinya yang rendah diri dan merasa tak pantas untuk kekasihnya. Dia tidak mengetahui apa kelebihan yang ia miliki dan hanya fokus pada kekurangannya saja, sehingga ia berusaha keras menjaga agar kekasihnya tidak diambil orang. Padahal sifat cemburuan dan posesifnya justru bisa memperburuk hubungan dan bikin pasangan gak betah, kan.

3. Haus pengakuan dari pasangan

5 Alasan Pasangan yang Tak Percaya Diri Justru Cemburuan dan PosesifIlustrasi pasangan(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Punya pasangan yang kepercayaan dirinya rendah itu capek, capeknya adalah karena sepanjang menjalin hubungan kamu harus terus memberikannya pengakuan untuk membuatnya percaya diri dan merasa layak. Tapi dibalik dirinya yang haus pengakuan, biasanya ia juga cemburuan dan posesif dengan alasan takut kehilangan. Pokoknya pantang banget kalau pasangannya sampai memuji orang lain, ia bisa berubah jadi sangat mengekang dan cemburu.

Baca Juga: 5 Tanda Hubunganmu makin Posesif yang Sering Gak Kamu Sadari

4. Biasanya punya mindset kalau dirinya pasti ditinggalkan

5 Alasan Pasangan yang Tak Percaya Diri Justru Cemburuan dan PosesifIlustrasi konflik hubungan(pexels.com/RODNAE Productions)

Seseorang yang tidak percaya diri umumnya memiliki mental lemah dan pengecut, selain itu juga selalu menjadikan dirinya sebagai pihak korban. Sehingga dalam hubungan pun dia selalu merasa kalau dia akan ditinggalkan oleh kekasihnya, jadi dengan alasan insecure ia menggunakan cara posesif agar pasangannya tidak pergi. Padahal caranya ini malah membuat kemungkinan ditinggalkan menjadi lebih besar, tapi dia tidak sadar itu dan malah semakin rendah diri.

5. Sadar kalau dirinya tidak baik tapi gak berusaha berubah

5 Alasan Pasangan yang Tak Percaya Diri Justru Cemburuan dan PosesifIlustrasi pasangan bertengkar(pexels.com/Keira Burton)

Orang yang insecure atau gak percaya diri sebenarnya sadar kalau dia punya kekurangan, ataupun dia yang kurang baik untuk pasangannya. Tapi biasanya sulit sekali baginya untuk tergerak berubah menjadi lebih baik dan terus saja menyalahkan diri sendiri dan rasa tidak percaya dirinya itu. Akibatnya, dia jadi cemburuan kalau ada orang yang lebih baik dari dia mendekati kekasihnya. Dan dari yang awalnya cemburuan menjadi posesif saking takutnya ditinggalkan karena tahu kalau ada banyak orang yang lebih baik dari dia.

Berhubungan pasangan yang insecure itu capek, dan lebih capek lagi kalau dia cemburuan dan posesif. Dan lima alasan tadi sudah cukup menjelaskan kenapa pasangan yang tidak percaya diri rata-rata cemburuan dan juga posesif.

Baca Juga: Jangan Buru-buru Marah, Lakukan 5 Hal Ini Saat Cemburu Menguasaimu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya