Comscore Tracker

5 Cara Menghindari Iri Dengki pada Kesuksesan Orang Lain

Jadikan dia relasi kerja supaya kamu juga bisa ikut maju

Meskipun bekerja di tempat dan bidang yang sama, setiap orang punya proses dan waktunya masing-masing untuk sukses. Maka dari itu wajar bila ada rekan kerja ataupun temanmu yang sukses lebih dulu, karena hal itu merupakan hasil dari usahanya. 

Tapi ketika melihat rekan atau temanmu sukses, tentu ada rasa ingin cepat-cepat menyusul untuk sukses juga. Di situasi seperti ini ada baiknya untuk menghindari penyakit hati seperti iri dan dengki, namun bagaimanakah cara menghindarinya? Simak pembahasan lima caranya di bawah ini. 

1. Jadikan kesuksesan yang diraihnya sebagai motivasimu untuk mengejarnya

5 Cara Menghindari Iri Dengki pada Kesuksesan Orang Lainilustrasi kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Lakukan cara ini untuk menghindari perasaan iri dan dengki pada kesuksesan orang, yaitu dengan menjadikannya motivasi untukmu mengejar kesuksesannya. Dengan begitu kamu jadi gak membandingkan diri dengan dia, tapi lebih ke bersaing secara sehat untuk mengejarnya. 

Daripada iri dengan dengki dengan kesuksesan orang, lebih baik gunakan waktumu untuk meningkatkan diri. Karena kesuksesan karier gak bisa datang dengan sendirinya tanpa dibarengi dengan usaha. 

2. Bertemanlah dengan orang tersebut

5 Cara Menghindari Iri Dengki pada Kesuksesan Orang Lainilustrasi bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Cara kedua yang patut kamu coba untuk menghindari iri dan dengki pada kesuksesan orang lain ialah menjadikan dia sebagai temanmu. Karena ketika pertemanan terjalin, rasa iri dan dengki bakal hilang dengan sendirinya. 

Yang mana mungkin ketika berteman kamu pun sadar bahwa dia memang pantas mendapatkan kesuksesannya itu. Sehingga kamu yang tadinya iri atau bahkan gak senang dengan kesuksannya berubah menjadi perasaan salut dan kagum atas pencapaiannya 

3. Pahami perjuangannya untuk bisa sampai di titik itu

5 Cara Menghindari Iri Dengki pada Kesuksesan Orang Lainilustrasi bicara (pexels.com/August de Richelieu)

Gak ada satu orang pun yang bisa mencapai kesuksesan dengan instan, semuanya butuh proses dan begitu pula dengan teman atau rekan kerja yang sudah sukses duluan darimu. Dalam dirimu mungkin terbesit rasa iri, tapi sebelum semakin mengakar dalam hati ada baiknya untuk memahami perjuangannya. 

Mintalah ia bercerita tentang awal perjuangannya, jatuh bangun yang dialami, hingga kunci yang ia pegang untuk bisa mencapai kesuksesan. Kalau kamu orang yang bijak maka kamu pasti akan menjadikan kisahnya sebagai pelajaran dibanding tetap buta dengan iri dan dengki di hatimu. 

Baca Juga: 7 Hal di Media Sosial yang Dapat Memicu Rasa Iri, Pernah Ngerasain? 

4. Bersyukur dan bangga terhadap pencapaianmu

5 Cara Menghindari Iri Dengki pada Kesuksesan Orang Lainilustrasi wanita (pexels.com/Mikhail Nilov)

Bersyukur selalu bisa menjadi obat dari segala penyakit hati, begitu pula dengan rasa iri dengki ketika melihat kesuksesan orang lain. Maka dari itu jangan pernah lupa untuk bersyukur dengan kariermu sendiri supaya gak dengki sama orang. 

Karena sesungguhnya iri dan dengki itu hanya akan membuat perasaan terbebani, dan itu tentu tidak baik untuk hidupmu. Jadi daripada iri dengan kesuksean orang, lebih baik mensyukuri apa yang telah kamu raih dan capai, bahkan mungkin apa yang kamu miliki saat ini merupakan hal yang diinginkan oleh orang lain. 

5. Ajak bekerja sama dan jadi relasi kerja

5 Cara Menghindari Iri Dengki pada Kesuksesan Orang Lainilustrasi kerja sama (pexels.com/Olia Danilevich)

Dibanding menghabiskan waktu untuk iri dan dengki dengan kesuksesan orang, justru lebih baik kamu jadikan dia rekan dan relasi kerjamu. Karena hubungan relasi dengan orang yang positif dan berkualitas itu berpengaruh pada karier, lho. 

Ajaklah dia yang kamu kagumi kesuksesannya untuk bekerja sama dan menjalani proyek bareng. Dengan begitu kamu bisa belajar bagaimana ia bekerja dan caranya untuk bisa mencapai kesuksesan, entah itu tingkat kerja kerasnya, passion-nya pada bidang pekerjaan, atau prinsip serta tanggung jawabnya yang kuat. Kamu bisa meniru dan menerapkannya juga supaya bisa sukses seperti dia. 

Intinya, janganlah membandingkan dirimu dengan orang lain sampai membuatmu iri dan dengki terhadap kesuksesannya. Karena sejatinya kamu pun juga bisa sukses kalau melakukan hal yang lebih bermanfaat dibanding menghabiskan waktu untuk membenci kesuksesan orang lain. 

Baca Juga: 5 Kemungkinan di Balik Seseorang yang Tiba-tiba Ketus Padamu, Iri?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya