Comscore Tracker

5 Cara Simpel yang Berguna untuk Meningkatkan Fokusmu Selama Bekerja 

Tanpa fokus yang baik, pekerjaanmu gak akan selesai

Bicara soal dunia kerja, baik orang-orang yang baru mulai pertama kali kerja ataupun yang sudah lama menjalaninya pasti pernah mengalami masalah dalam mengendalikan fokus saat sedang bekerja.

Mencoba berbagai cara tapi tetap tidak berhasil dan kamu tidak bisa sepenuhnya fokus pada pekerjaan, nah jika seperti itu maka ada baiknya jika kamu mencoba beberapa cara di bawah ini yang berguna untuk meningkatkan fokus selama bekerja. Pahami baik-baik dan cobalah terapkan cara yang kira-kira cocok denganmu, ya!

1.Usahakan tidak bekerja dalam keadaan lapar 

5 Cara Simpel yang Berguna untuk Meningkatkan Fokusmu Selama Bekerja Pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara pertama ialah dengan menjaga kondisi perutmu agar tidak lapar selama bekerja. Karena siapapun pasti akan sulit fokus dan kurang energi jika memaksakan diri untuk tetap aktif saat sedang lapar. Kamu bisa menyediakan makanan ringan di meja kerjamu, atau mengonsumsi makanan yang cukup selama jam istirahat agar tidak lapar saat kembali bekerja.

2. Kuatkan niat untuk benar-benar fokus 

5 Cara Simpel yang Berguna untuk Meningkatkan Fokusmu Selama Bekerja Pexels.com/ThisIsEngineering

Cara kedua yang berguna untuk meningkatkan fokusmu selama bekerja ialah dengan menguatkan niat untuk benar-benar fokus. Kamu harus memahami bahwa total fokus selama satu jam akan membuatmu bekerja lebih baik dan menyelesaikannya dengan cepat, daripada bekerja selama berjam-jam namun tidak fokus sama sekali.

Baca Juga: 5 Hal Ini Mampu Melatih Otak Supaya Lebih Fokus, Jangan Overthinking!

3. Stop curi-curi kesempatan untuk lihat sosial media 

5 Cara Simpel yang Berguna untuk Meningkatkan Fokusmu Selama Bekerja Pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara lainnya yang ampuh adalah dengan berhenti mencuri-curi kesempatan untuk melihat sosial media. Jauhkan ponsel atau letakkan di dalam tas ketika kamu sedang bekerja, agar kamu tidak tergoda untuk membuka sosial media di sela-sela kerja. Karena melihat sosial media itu sering bikin lupa waktu dan bikin kamu tak fokus kerja.

4. Jika suka musik, dengarkanlah lagu favoritmu selama bekerja 

5 Cara Simpel yang Berguna untuk Meningkatkan Fokusmu Selama Bekerja Pexels.com/Tirachard Kumtanom

Lalu jika tempat kerjamu memperbolehkan hal ini maka cobalah untuk mendengarkan lagu favoritmu selama bekerja. Cara ini sangat berguna dan ampuh jika kamu memang suka sekali dengan musik, jadi fokusmu tidak teralihkan oleh kebisingan sekitar dan dibuat santai oleh musik yang kamu dengarkan.

5. Jaga kesehatan tubuh untuk selalu bugar 

5 Cara Simpel yang Berguna untuk Meningkatkan Fokusmu Selama Bekerja Pexels.com/Fauxels

Dan terakhir, jika kamu mau meningkatkan fokus selama bekerja maka jagalah selalu kesehatan tubuh agar tetap bugar setiap hari. Perhatikan gizi dan makanan yang kamu konsumsi, jangan lupakan juga untuk olahraga ketika ada waktu luang. Intinya kamu harus memperhatikan tubuhmu sendiri dengan mandiri. Karena cara apapun akan sia-sia jika kamu sendiri tidak dalam keadaan sehat.

Banyak orang mengeluhkan hal ini dan kesulitan dalam meningkatkan fokusnya saat kerja, padahal sebenarnya tidak sesulit itu. Pahami beberapa cara di atas dan lakukanlah yang kira-kira cocok dengan pribadimu ya, semangat!

Baca Juga: 8 Kebijakan Kerja yang Diterapkan P&G Bagi Karyawan Selama Pandemik

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya