Comscore Tracker

Kenali 5 Gelagat Teman Parasit, Cari Celah untuk Bergantung Padamu

Beban hidupmu semakin bertambah sejak kenal dia

Salah satu teman yang harus kamu jauhi dalam hidup ini adalah teman parasit. Tipe teman seperti ini tidak ada manfaat baiknya sedikit pun untukmu, malahan beban hidupmu semakin bertambah sejak mengenalnya. 

Kamu harus tahu ciri-ciri teman parasit karena modusnya untuk memanfaatkanmu ada banyak banget, mencari celah dengan segala cara. Mulai dari menceritakan kesedihan, berutang tanpa mengembalikan, hingga menumpang tinggal tanpa tahu waktu. Berikut ini adalah lima gelagat teman parasit yang harus kamu tandai. 

1. Sengaja bercerita sedih supaya kamu kasihan dan gak tegaan padanya

Kenali 5 Gelagat Teman Parasit, Cari Celah untuk Bergantung Padamuilustrasi sedih (pexels.com/SHVETS Productions)

Teman parasit cukup mudah untuk dikenali. Ia biasanya sengaja menjual cerita sedih supaya kamu kasihan padanya. Setelah itu, kamu pun dengan suka rela mau menanggung bebannya. 

Liciknya teman parasit ini selalu memanfaatkan kebaikan hati orang lain. Dan semua itu semata-mata hanya untuk meringankan bebannya sendiri dan keuntungannya sendiri saja. 

2. Mengeluh mengenai kesusahannya supaya utangnya gak ditagih

Kenali 5 Gelagat Teman Parasit, Cari Celah untuk Bergantung Padamuilustrasi sedih (pexels.com/Liza Summer)

Gelagat teman parasit juga dapat dilihat dari dirinya yang selalu mengeluh tentang kesusahan hidupnya. Jika posisinya dia sedang berutang, hal itu memang disengaja. Supaya kamu yang mau menagih utang jadi gak tega dan berakhir diikhlaskan. 

Hal ini sudah biasa dilakukan teman parasit yang mana dengan cara itu dia bisa menggantungkan hidup pada orang lain. Berutang tanpa pusing untuk membayarnya kembali, hati-hati sama teman yang seperti ini, ya! 

Baca Juga: Kenali 5 Modus Gebetan Parasit, Jangan Sampai Kamu Jadikan Pacar!

3. Menumpang tinggal di rumahmu tanpa tahu waktu

Kenali 5 Gelagat Teman Parasit, Cari Celah untuk Bergantung Padamuilustrasi santai (pexels.com/Cottonbro)

Kalau ada temanmu yang menumpang di rumah atau di tempat kos tapi gak pulang-pulang, itu juga gelagat yang identik dengan teman parasit. Ia biasanya melakukan hal itu pada hampir semua temannya secara bergantian. 

Dengan kata lain, dia memanfaatkan kedekatan kalian untuk bisa menumpang hidup di tempat orang. Karena kalau sama teman tentu kita bakal segan minta bayaran atau biaya selama menumpang, kan. 

4. Kalau pergi dan makan di luar sering minta dibayari

Kenali 5 Gelagat Teman Parasit, Cari Celah untuk Bergantung Padamuilustrasi bayar (pexels.com/RODNAE Productions)

Gelagat teman parasit yang juga perlu kamu tandai adalah dia yang kalau saat pergi dan makan di luar selalu minta dibayari. Seakan-akan kamu wajib membayarinya karena kalian teman. 

Ada dua tipe orang yang seperti ini, ada yang blak-blakan minta dibayarin dan ada yang mencari-cari alasan supaya gak mengeluarkan untuk membayar. Tapi apa pun itu, hal ini sama saja memaksa teman untuk memenuhi kebutuhannya, dan ia pun bisa makan enak dengan gratis. 

5. Selalu datang padamu untuk minta bantuan setiap ada masalah

Kenali 5 Gelagat Teman Parasit, Cari Celah untuk Bergantung Padamuilustrasi memohon (pexels.com/RODNAE Productions)

Teman yang selalu datang padamu saat susah dan minta bantuan juga gelagat teman parasit yang perlu kamu tandai. Dia tidak peduli hidupmu bagaimana, tapi yang penting  harus bisa membantunya kalau ada masalah. 

Bisa jadi hal ini dikarenakan dirimu yang bisa diandalkan oleh mereka, atau memang berniat memanfaatkanmu. Namun, apa pun niat dibaliknya, tetap saja hal ini tidak sopan dilakukan yaitu cuma datang ketika ada butuhnya. Sehingga kamu pun jadi seperti ikut menanggung beban hidupnya saat membantunya. 

Teman parasit akan melakukan berbagai cara untuk bisa menggantungkan hidupnya padamu, jadi pastikan dirimu hati-hati dengan gelagat seperti di atas tadi, ya! 

Baca Juga: [QUIZ] Seberapa Parasit Kamu dalam Hubungan?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya