Comscore Tracker

5 Kesalahan Fatal yang Bikin Kamu Langsung Diusir dan Dipecat Atasan 

Jangan lakukan kalau kamu tak ingin kehilangan pekerjaan 

Membahas soal pekerjaan kita semua tahu bahwa di mana pun kamu bekerja pasti ada aturannya masing-masing dan ada batas limit untuk kesalahan yang dibuat. Mereka mungkin masih bisa mengampuni dan memaklumi saat kamu melakukan kesalahan kecil.

Namun jika kamu sampai melakukan kesalahan besar dan fatal maka siap-siap saja untuk langsung diusir dan dipecat atasan. Lima kesalahan fatal di antaranya bakal dijelaskan dalam pembahasan berikut ini, simak ya!

1. Melakukan pelecehan pada rekan kerja 

5 Kesalahan Fatal yang Bikin Kamu Langsung Diusir dan Dipecat Atasan Pexels.com/Cottonbro

Kesalahan fatal pertama yang akan membuat atasan langsung memecatmu adalah jika kamu melakukan pelecehan entah itu secara fisik ataupun verbal pada rekan kerja di kantor. Karena tempat kerja itu adalah tempat untuk kamu bekerja bukan malah sebagai tempat untuk melakukan tindakan tak bermoral.

2. Menghilangkan data-data penting dengan ceroboh 

5 Kesalahan Fatal yang Bikin Kamu Langsung Diusir dan Dipecat Atasan Pexels.com/Andrea Piacquadio

Hal fatal lainnya yang bisa bikin kamu kehilangan pekerjaan alias dipecat adalah ketika kamu menghilangkan data penting dengan ceroboh. Tingkat profesionalitas itu sangat dibutuhkan dalam bekerja, dan jika kamu tidak bisa dipercaya dan diandalkan maka bukan suatu yang mustahil jika mereka akan menggantikanmu dirimu dengan yang lain.

Baca Juga: Tenang, Ini 5 Cara Menenangkan Pikiran Usai Dipecat dari Pekerjaan

3. Tidak hadir pada rapat penting 

5 Kesalahan Fatal yang Bikin Kamu Langsung Diusir dan Dipecat Atasan Pexels.com/Fauxels

Tidak hadir dalam rapat penting juga termasuk kesalahan fatal yang bikin atasan marah besar bahkan bisa langsung memecatmu. Karena jika itu rapat penting maka sudah pasti kehadiranmu berpengaruh pada citra perusahaan, apalagi jika itu adalah rapat untuk menjalin kerja sama dengan relasi.

4. Mencemarkan nama baik perusahaan di sosial media 

5 Kesalahan Fatal yang Bikin Kamu Langsung Diusir dan Dipecat Atasan Pexels.com/Tim Gouw

Keempat, kamu juga pasti akan langsung diusir atau dipecat dengan tidak terhormat oleh atasan jika mencemarkan nama baik perusahaan di sosial media. Zaman sekarang ini sosial media memegang peran penting dalam kemajuan suatu usaha, jadi mempekerjaan orang yang malah membuat citra perusahaan buruk tentu tak ada gunanya kan.

5. Mengacaukan project bernilai tinggi 

5 Kesalahan Fatal yang Bikin Kamu Langsung Diusir dan Dipecat Atasan Pexels.com/Fauxels

Kesalahan fatal kelima ialah jika kamu mengacaukan project atau pekerjaan bernilai tinggi. Entah itu terjadi karena tidak sengaja atau memang kamu yang ceroboh, namun mengacaukannya tentu berdampak pada kerugian dan itu benar-benar fatal. Beberapa tempat mungkin akan mengampunimu setelah mengganti kerugian, namun kebanyakan tempat kerja tidak akan mau mentoleransi hal itu.

Saat bekerja kamu harus memahami bahwa pekerjaan bukanlah permainan, jadi kamu harus serius dan profesional. Bukan malah melakukan kesalahan-kesalahan di atas yang membuatmu dipecat.

Baca Juga: 5 Tindakan yang Pantang Dilakukan saat Dipecat Secara Tidak Terduga

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya