Comscore Tracker

5 Kiat Penting dalam Memimpin Diskusi agar Berlangsung Kondusif & Adil

Supaya gak rusuh dan gak ada pihak yang merasa tersudutkan

Diskusi adalah kegiatan yang dilakukan bersama beberapa orang untuk membahas suatu hal dengan tujuan untuk saling bertukar pikiran. Nah, karena terkadang sebuah diskusi bisa berubah rusuh dan memancing konflik maka seseorang yang dapat memimpin selama berjalannya diskusi pun diperlukan.

Kalau kamu tiba-tiba ditunjuk memimpin diskusi maka ingatlah lima kiat penting berikut ini agar diskusi berlangsung kondusif dan adil. Simak pembahasan lebih lanjutnya di bawah ini.

1. Tidak menggunakan kata-kata yang memancing kontroversi

5 Kiat Penting dalam Memimpin Diskusi agar Berlangsung Kondusif & AdilPexels.com/Fauxels

Kiat penting yang penting kalau kamu memimpin sebuah diskusi ialah dengan berhati-hati untuk tidak menggunakan kata-kata yang memancing kontroversi. Karena perkataan bisa sangat cepat memancing pertengkaran dan membuat orang lain tersinggung, maka dari itu kamu harus benar-benar memperhatikan kata-katamu jika memimpin sebuah diskusi.

2. Adil dalam memberi kesempatan bicara pada setiap orang

5 Kiat Penting dalam Memimpin Diskusi agar Berlangsung Kondusif & AdilPexels.com/August De Richelieu

Kiat penting lainnya dalam memimpin diskusi agar tetap kondusif ialah dengan memberi kesempatan pada semua orang untuk bicara secara adil. Bukan hanya satu dua orang saja yang boleh mengeluarkan pendapatnya, melainkan semua orang memiliki hak yang sama untuk berbicara dalam berdiskusi. Dengan begitu tidak ada yang merasa terasing dan diperlakukan tidak adil.

3. Tidak memihak satu pihak saja

5 Kiat Penting dalam Memimpin Diskusi agar Berlangsung Kondusif & AdilPexels.com/Fauxels

Ketiga, kamu tidak boleh memihak pada pihak tertentu jika sedang memimpin diskusi, apalagi kalau tidak dibarengi oleh alasan yang jelas dan logis. Karena diskusi tidak bertujuan untuk membentuk aliansi melainkan bagaimana semua orang bisa menyatukan pikiran bersama. Bukankah begitu?

Baca Juga: Muda dan Cemerlang, 6 Pemimpin Negara Termuda di Dunia

4. Tidak ada unsur menyudutkan, menghakimi, atau keterlibatan emosional selama diskusi berlangsung

5 Kiat Penting dalam Memimpin Diskusi agar Berlangsung Kondusif & AdilPexels.com/Fauxels

Kiat lainnya yang gak kalah penting saat memimpin diskusi adalah pastikan bahwa tidak ada unsur menyudutkan, menghakimi, atau keterlibatan emosional selama diskusi berlangsung. Semuanya harus real, jangan ada keterlibatan emosional yang bisa memancing adanya ketidak adilan dalam diskusi itu. Karena kamu harus bisa bersikap adil pada semuanya tanpa adanya maksud tertentu.

5. Mampu menyaring diskusi dan mencari jalan keluar terbaik sekaligus adil untuk semua

5 Kiat Penting dalam Memimpin Diskusi agar Berlangsung Kondusif & AdilPexels.com/Diva Plavalaguna

Kalau kamu mau memimpin diskusi dengan baik maka kamu harus bisa menyaring semua pendapat dan menemukan jalan keluar terbaik dan paling adil untuk semua orang. Karena diskusi dilakukan untuk keuntungan dan kebaikan bersama, bukan untuk kepentingan pribadi. Maka dari itu hal ini pun sangat penting agar diskusi berjalan kondusif sampai akhir.

Berdiskusi sebenarnya menyenangkan jika dilakukan dengan cara sehat, dan jika kamu pemimpinnya maka pahami lima kiat tadi agar diskusi berjalan kondusif dan adil sampai akhir, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu dikembangkan untuk Menjadi Pemimpin yang Berpengaruh

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya