Comscore Tracker

5 Pelajaran yang Dipetik saat Magang, Berguna untuk Karirmu

Manfaatkan masa magangmu untuk memahami dunia kerja

Magang diartikan sebagai masa pelatihan kerja, yang mana umumnya dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir atau memang bagian dari peraturan perusahaan sebelum benar-benar merekrut seorang pelamar menjadi pegawai.

Nah, jika kamu kebetulan sedang menjalani masa magang, maka jangan pernah menyepelekannya, ya. Karena bisa dikatakan, bahwa masa magang adalah kesempatan emas bagimu untuk bisa mempelajari banyak hal mengenai seluk-beluk pekerjaan, mulai dari bagaimana membangun karir, hingga aturan-aturan yang berlaku di dunia kerja.

Sangat disarankan bagimu untuk belajar lima hal di bawah ini selama magang karena bisa berguna untuk kariermu ke depannya.

1. Cara menyesuaikan diri dengan senior dan rekan kerja di kantor

5 Pelajaran yang Dipetik saat Magang, Berguna untuk Karirmuilustrasi tersenyum (pexels.com/Fauxels)

Hal pertama yang baiknya kamu pelajari selama magang ialah tentang cara menyesuaikan diri dengan senior dan rekan kerja di kantor.

Meski kelihatannya sepele, namun seorang social butterfly pun harus belajar cara beradaptasi dan berbaur dengan rekan kerja di kantor, supaya saat diangkat menjadi karyawan sudah tidak kesulitan dan bisa langsung menyesuaikan diri.

Hal ini bahkan lebih penting untuk dipelajari, bagi kamu yang sulit bersosialisasi ataupun berkepribadian introver.

2. Profesional saat berhadapan dengan berbagai situasi di tempat kerja

5 Pelajaran yang Dipetik saat Magang, Berguna untuk Karirmuilustrasi tempat kerja (pexels.com/Fauxels)

Hal lainnya yang juga penting untuk kamu pelajari selama magang ialah perihal bagaimana menjaga profesionalitas kerja, saat berhadapan dengan berbagai situasi di tempat kerja.

Mulai dari profesionalitas kerja saat menghadapi atasan, berbagai macam tipe rekan kerja, lalu juga ketika harus bekerja secara individual ataupun dalam tim. Kalau sudah mempelajarinya selama magang, maka profesionalitas kerjamu pun bisa menjadi lebih matang dan teguh ketika benar-benar bekerja setelah magang selesai.

3. Cara untuk bisa stand out dan menunjukkan skill di tempat kerja

5 Pelajaran yang Dipetik saat Magang, Berguna untuk Karirmuilustrasi diskusi (pexels.com/RODNAE Productions)

Magang itu kesempatan emas yang harus kamu manfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar, terutama tentang bagaimana cara bisa stand out dan menunjukkan skill di tempat kerja.

Karena kalau kita mau sukses, gak bisa kalau hanya mengandalkan skill saja, juga harus bisa stand out untuk menunjukkan diri agar dipandang oleh para atasan. Kalau kamu cuma berdiam diri atau banyak bersembunyi karena terlalu introver atau merasa malu jika menjadi pusat perhatian, hal itu sama saja menyia-nyiakan waktu magangmu yang seharusnya bisa membuka peluang kerja lebih besar, jika berani stand out.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Kamu Dapat jika Sering Ikut Magang ketika Kuliah

4. Cara cepat beradaptasi dengan berbagai tipe atasan

5 Pelajaran yang Dipetik saat Magang, Berguna untuk Karirmuilustrasi bos bicara (pexels.com/Sora Shimazaki)

Keempat, pastikan dirimu belajar tentang bagaimana cara untuk cepat beradaptasi dengan berbagai tipe atasan.

Karena, berhadapan dengan atasan itu beda caranya dengan rekan kerja biasa, apalagi jika kamu memiliki beberapa atasan, baik itu ketika berhadapan dengan manager, kepala devisi, wakil direktur hingga direktur utama yang merupakan atasan paling penting di perusahaan.

Pokoknya, pelajari baik-baik hal ini selama kamu magang, agar tidak sampai salah sikap dan mempermalukan diri sendiri ketika masuk ke dunia kerja dan bekerja secara nyata saat masa magang selesai.

5. Bagaimana menjaga diri dari perlakuan tak menyenangkan di tempat kerja

5 Pelajaran yang Dipetik saat Magang, Berguna untuk Karirmuilustrasi menangis (pexels.com/Yan Krukov)

Bagaimana menjaga dirimu sendiri di tempat kerja juga merupakan hal yang harus kamu pelajari selama magang. Karena kita sendiri tahu, bahwa dunia kerja itu terkadang sangat kejam dan buruk, kalau tidak bisa menjaga diri, bisa-bisa malah diperlakukan dengan tidak menyenangkan oleh orang-orang di sana.

Jadi, pastikan untuk belajar menempatkan diri dan membawa diri dengan benar, jangan cari masalah dan melakukan suatu hal yang bisa memancing permasalahan di tempat kerja. Kalau hal ini tidak dipelajari ketika magang, maka akibatnya bisa fatal nantinya.

Intinya, jangan menyia-nyiakan masa magangmu. Anggap sebagai kesempatan emas bagimu untuk belajar cara kerja yang baik, terutama pastikan untuk mempelajari lima hal tadi karena sangat berguna untuk karirmu.

Baca Juga: Biar Bisa Menjadi Pegawai Full-time, Lakukan 5 Hal Ini saat Magang

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya