Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence saat Wawancara Kerja 

Karena kepercayaan diri itu meningkatkan personal branding 

Saat kita ingin bekerja pada perusahaan tertentu atau di mana pun itu, pasti ada tahap wawancara atau interview terlebih dahulu sebelum diterima kerja. Tahapan awal ini terbilang sangat penting dan gak boleh dilalui dengan sembarangan, makanya sangat penting untuk menjaga sikap dan terlebih lagi harus percaya diri dalam menjalaninya.

Mengapa kepercayaan diri atau self confidence saat wawancara kerja itu penting? Simak beberapa alasannya di bawah ini agar kamu memahaminya, ya.

1. Pembawaan dirimu jadi buruk kalau tak percaya diri 

5 Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence saat Wawancara Kerja Pexels.com/Christina Morillo

Pertama, self confidence atau kepercayaan diri saat wawancara kerja itu penting karena pembawaan dirimu bisa jadi buruk kalau tak percaya diri. Mungkin kamu tidak menyadarinya, namun kepercayaan diri seseorang itu sangat berpengaruh dalam segala sikap yang dilakukan seseorang.

Seperti gugup saat bicara, menghindari tatapan lawan bicara, atau postur tubuh yang tidak bagus dipandang.

2. Percaya diri menggambarkan kalau kamu punya skill 

5 Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence saat Wawancara Kerja Pexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu kepercayaan diri saat melakukan interview bisa menjadi gambaran bahwa kamu memiliki skill yang bisa dikuasai sebab percaya diri dalam melamar kerja. Itulah mengapa memperdalam kemampuanmu sebelum bekerja itu penting agar kamu bisa lebih percaya diri.

Baca Juga: Catat! 5 Pertanyaan Cerdas Ini Membuat Wawancara Kerjamu Jadi Berkesan

3. Tanda bahwa kamu benar-benar serius mau kerja 

5 Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence saat Wawancara Kerja Pexels.com/Fauxels

Alasan ketiga tentang pentingnya kepercayaan diri saat wawancara kerja ialah hal itu menjadi tanda bahwa kamu benar-benar serius mau bekerja. Karena itu berarti kamu tidak ragu-ragu dalam melamar dan memang bersemangat untuk mulai berkarier.

4. Supaya wawancara kerjamu menarik perhatian 

5 Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence saat Wawancara Kerja Pexels.com/Rebrand Cities

Kemudian, hikmah dari memiliki kepercayaan diri saat wawancara kerja juga bermanfaat agar kamu menarik perhatian atau atensi atasan. Percaya atau tidak, kepercayaan diri itu adalah salah satu dari banyaknya hal yang dapat meningkatkan personal branding. Jadi jangan pernah minder saat kamu melakukan interview, ya!

5. Percaya diri sudah jadi syarat dasar dalam berkarier 

5 Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence saat Wawancara Kerja Pexels.com/Fauxels

Dan terakhir, memiliki kepercayaan diri sebenarnya sudah menjadi syarat dalam berkarier. Bekerja dalam bidang apapun kamu perlu untuk percaya diri supaya orang lain pun dapat percaya dan tidak meremehkan kinerjamu.Tidak hanya saat interview, namun saat menekuni pekerjaan kamu juga sangat butuh untuk selalu percaya diri.

Wawancara kerja itu tahap awal yang sangat penting untuk dilalui dengan benar, salah satunya adalah dengan memiliki kepercayaan diri. Beberapa alasan di atas pun sudah menjelaskannya dengan baik, jadi pastikan jangan minder dan tunjukkan kualitas dirimu saat wawancara kerja ya!

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Body Language Saat Wawancara Kerja, Catat!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya