Comscore Tracker

5 Hal Dasar Ini Jadi Penyebab Fresh Graduate Ditolak Setelah Interview

Karena modal nilai tinggi saja tidak cukup

Tahapan setelah lulus pendidikan adalah masuk dunia kerja. Namun tentu saja tidak semudah itu kita bisa bekerja, karena meskipun fresh graduate kerap diinginkan perusahaan-perusahaan, namun penilaian saat melamar dan interview tidak hanya sebatas nilai tinggi saja untuk bisa lolos. Bahkan tak jarang fresh graduate ditolak karena hal-hal dasar seperti di bawah ini.

1. Tidak punya pengalaman

5 Hal Dasar Ini Jadi Penyebab Fresh Graduate Ditolak Setelah InterviewPexels.com/Energepic.com

Hal dasar pertama yang membuat fresh graduate ditolak setelah interview adalah kurangnya pengalaman yang dimiliki. Meskipun hal ini sering tak terhindarkan karena baru saja lulus, namun alangkah baiknya jika selama masa kuliah atau menempuh pendidikan kita magang atau mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Karena tidak semua perusahaan bersedia mempekerjakan seseorang yang tidak tahu bagaimana cara bekerja dengan baik.

2. Skill tidak memadai

5 Hal Dasar Ini Jadi Penyebab Fresh Graduate Ditolak Setelah InterviewPexels.com/Jonathan Borba

Banyak fresh graduate yang lulus dengan nilai tinggi, namun hal itu akan percuma jika tak dibarengi dengan skill atau kemampuan pribadi. Hal dasar seperti ini tentu masuk ke dalam syarat kualifikasi untuk lolos dan diterima bekerja. Sebab di dunia kerja diutamakan skill dan praktek daripada teori saja.

Baca Juga: 5 Pikiran dan Perasaan Fresh Graduate Saat Pertama Kali Bekerja

3. Tidak mengerti pentingnya attitude

5 Hal Dasar Ini Jadi Penyebab Fresh Graduate Ditolak Setelah InterviewPexels.com/Cottonbro

Kalau kamu adalah fresh graduate yang baru mau masuk dunia kerja maka kamu harus paham bahwa menjaga attitude itu penting. Jangan sombong apalagi merasa seolah tahu segalanya, sebab pada saat interview attitude juga akan menjadi penilaian utama. Tidak dipungkiri pula banyak yang ditolak gara-gara attitude.

4. Meminta bayaran terlalu tinggi

5 Hal Dasar Ini Jadi Penyebab Fresh Graduate Ditolak Setelah InterviewPexels.com/Christina Morillo

Umumnya pada saat interview akan ada satu pertanyaan yang menjebak, yaitu tentang berapa nominal gaji yang diinginkan. Kamu sebaiknya hati-hati dengan pertanyaan ini, karena jika meminta nominal yang terlalu tinggi justru akan dinilai tidak tahu diri saat interview.

Hal itu bisa membuatmu ditolak karena kamu berani minta bayaran tinggi padahal belum kerja dan menunjukkan bagaimana kinerjamu dalam menyelesaikan pekerjaan. 

5. Kurang wawasan

5 Hal Dasar Ini Jadi Penyebab Fresh Graduate Ditolak Setelah InterviewPexels.com/Fauxels

Hal dasar terakhir yang membuat fresh graduate ditolak setelah interview adalah kurangnya wawasan. Jangan pernah melamar kerja ke tempat yang kamu tidak tahu sama sekali apa jenis pekerjaannya, karena itu akan dinilai saat interview. Sebab kurangnya wawasan bisa berdampak pada kinerja dan profesionalitas saat bekerja.

Itulah tadi beberapa hal mendasar yang kerap jadi penyebab fresh graduate ditolak setelah interview. Jadi alangkah baiknya untuk memahami hal ini baik-baik, ya.

Baca Juga: 5 Tips bagi Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja dan Dilirik Perusahaan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya