Comscore Tracker

5 Tantangan Tak Terduga di Dunia Kerja, Profesionalitasmu Diuji!

Kamu harus selalu siap dan profesional menghadapinya

Dunia kerja pada dasarnya adalah tempat di mana berbagai macam hal terjadi, tidak ada alur dan ketentuan yang tetap di tempat kerja, yang mana semua itu tergantung atasan dan orang berkuasa. Sehingga ketika memasuki dunia kerja sudah sewajarnya juga kamu siap untuk menghadapi berbagai hal tak terduga yang mungkin terjadi. 

Lima poin di bawah ini akan membahas beberapa di antaranya yang merupakan tantangan tak terduga dalam dunia kerja. Yang mana semuanya akan menguji kesiapan dan profesionalitasmu dalam bersikap. Lalu apa sajakah itu? Yuk simak pembahasan lebih jelasnya! 

Baca Juga: Tantangan Jurnalis di Era Digital, Persaingan hingga Beban Kerja Besar

1. Deadline pekerjaan yang tiba-tiba dipercepat

5 Tantangan Tak Terduga di Dunia Kerja, Profesionalitasmu Diuji!ilustrasi cemas (pexels.com/RODNAE Productions)

Hal tak terduga pertama yang jadi tantangan dalam dunia kerja ialah ketika deadline pekerjaan tiba-tiba dimajukan. Yang mana biasanya dipengaruhi oleh kondisi atau keputusan dari atasan. 

Mau marah atau melawan pun percuma karena yang bisa kamu lakukan hanyalah patuh dan mengikuti perubahan deadline. Itulah kenapa hal ini merupakan tantangan yang menguji profesionalitasmu, apakah kamu bisa mengikuti perubahan deadline atau tidak. 

2. Kerja satu tim dengan mantan dan orang yang tak disukai

5 Tantangan Tak Terduga di Dunia Kerja, Profesionalitasmu Diuji!ilustrasi melirik (pexels.com/August de Richelieu)

Tantangan lainnya di dalam dunia kerja ialah ketika tanpa terduga kamu bekerja di satu tim yang sama dengan orang yang tak kamu suka. Entah dia itu musuhmu, saingan, atau bahkan mantan kekasih yang bekerja di satu kantor. 

Hal seperti ini biasa terjadi di tempat kerja dan tak bisa kamu elakkan atau tolak. Terlepas dari emosi dan rasa muakmu pada orang itu, kamu harus bisa bedakan urusan pribadi dengan pekerjaan dan tetap bekerja secara profesional dengan mereka. 

Baca Juga: 5 Tantangan saat Berusaha Meningkatkan Etos Kerja, Pernah Mengalami?

3. Tiba-tiba dipindahkan ke bidang yang tak sesuai skill

5 Tantangan Tak Terduga di Dunia Kerja, Profesionalitasmu Diuji!ilustrasi atasan (pexels.com/August de Richelieu)

Bisa dibilang poin yang ketiga ini adalah tantangan paling umum dalam dunia kerja, yaitu rotasi jabatan dan posisi yang kadang gak sesuai dengan skill. Di mana kamu bisa tiba-tiba dipindahkan ke divisi yang berbeda dari sebelumnya dan sama sekali tak kamu kuasai. 

Pada situasi seperti ini kamu hanya bisa bergantung pada diri sendiri untuk survive. Bersikap profesional untuk cepat beradaptasi dan belajar skill baru yang mendukung posisi pekerjaanmu saat dipindahkan. 

4. Perubahan kontrak dengan relasi yang bikin proyek terganggu

5 Tantangan Tak Terduga di Dunia Kerja, Profesionalitasmu Diuji!ilustrasi kontrak kerja sama (pexels.com/RODNAE Productions)

Ada banyak hal tak tertebak dalam dunia kerja, salah satunya ialah perubahan keinginan relasi terkait kontrak kerja sama. Semua kesepakatan memang tercantum dalam surat kontrak, tapi ada satu atau dua relasi yang mungkin ingin mengubah isi kontrak dan hal itu dapat memengaruhi proyek. 

Proyek yang sedang dikerjakan dapat terhambat atau bahkan tertunda karena perubahan kontrak yang diinginkan relasi. Di sinilah kemampuan kerjamu dalam bernegosiasi dan membuat kesepakatan diuji, apakah kamu dapat mengatasinya dengan cepat membuat tindakan atau tidak. 

5. Ditawari naik jabatan dengan kesepakatan tertentu

5 Tantangan Tak Terduga di Dunia Kerja, Profesionalitasmu Diuji!ilustrasi bersalaman (pexels.com/Edmond Dantes)

Naik jabatan itu gak melulu tentang skill dan kinerja seseorang yang luar biasa, terkadang karena koneksi kuat dengan para petinggi, atau naik jabatan dengan kesepakatan tertentu. Dan bukan suatu hal yang mustahil kalau suatu saat kamu ditawari naik jabatan dengan kesepakatan khusus. 

Peluang seperti itu tidak datang dua kali, sehingga perlu kebijakan untuk mengambil keputusan dalam menerimanya. Bahwa ketika kamu menerima tawaran untuk naik jabatan, pastikan kesepakatan yang diminta tidak merugikan dan membahayakan kariermu ke depannya. 

Kelima hal tadi adalah tantangan yang tak terduga terjadi dalam dunia kerja. Yang mana kamu harus selalu siap dan profesional dalam menghadapinya. 

Baca Juga: 10 Momen Gak Terduga saat Wawancara Kerja via Online, Absurd dan Kocak

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya