Comscore Tracker

Ini 5 Cara Terbaik Menebus Kesalahan di Masa Lalu, Saatnya Berubah!

Jangan hanya menyesal, tapi harus diperbaiki!

Jika berbicara dan memaknai arti kehidupan, pasti banyak hal yang ada di dalamnya, di antaranya pernah melakukan kesalahan. Dari kesalahan, kita bisa mendapat pelajaran yang sebenarnya gak pernah diajarkan di sekolah.

Lewat kesalahan kita lebih bisa memaknai arti kehidupan dan juga membuatnya menjadi lebih baik. Tapi yang namanya kesalahan harus disadari dan diperbaiki. Yuk simak lima cara agar kesalahan di masa lalu bisa menjadi perubahan baik ke depannya. 

1. Menyadari kesalahan itu sendiri

Ini 5 Cara Terbaik Menebus Kesalahan di Masa Lalu, Saatnya Berubah!unsplash.com/ Aiony Haust

Hal pertama yang harus dilakukan ketika berbuat kesalahan adalah menyadarinya. Dengan begini kamu dapat memahami kesalahan apa yang telah diperbuat. Jangan malu untuk mengakuinya! Manusia yang mau mengakui kesalahan dan menyadarinya adalah manusia yang hebat dan gak egois. 

2. Meminta maaf dengan tulus

Ini 5 Cara Terbaik Menebus Kesalahan di Masa Lalu, Saatnya Berubah!unsplash.com/ ahmad kartubi

Dalam hidup, perasaan tak akan pernah tenang jika masih memiliki beban di masa lalu. Anggap kesalahan tersebut adalah tanggung jawab yang harus ditebus dengan cara meminta maaf. Hal ini gak akan membuatmu dipandang rendah oleh orang lain. Bahkan ia akan lebih respect kalau kamu mau meminta maaf dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

3. Jangan menghukum diri sendiri atas kesalahan yang telah dilakukan!

Ini 5 Cara Terbaik Menebus Kesalahan di Masa Lalu, Saatnya Berubah!unsplash.com/ Aiony Haust

Setelah berbuat kesalahan dan menyadarinya, kamu pasti akan menyesal. Bahkan berpikir kenapa bisa melakukan kesalahan tersebut. Wajar jika kamu merasa sangat menyesal, tapi jangan pernah menghukum diri sendiri. Beri maaf dan berdamailah dengan dirimu sendiri. Ini adalah salah satu proses kehidupan, dirimu layak diberikan kesempatan untuk terus memperbaiki kesalahan. 

Baca Juga: Inil 5 Tanda Kamu Masih Terikat Memori Masa Lalu, Susah Move On Ya?

4. Menyusun strategi untuk ke depannya

Ini 5 Cara Terbaik Menebus Kesalahan di Masa Lalu, Saatnya Berubah!unsplash.com/neONBRAND

Setelah menyadari dan mengakui kesalahan, beban di hidupmu sudah pasti akan berkurang. Sudah saatnya menyusun strategi agar tujuanmu di masa depan bisa terealisasikan. Jika perlu, catatlah strategi tersebut di dalam buku agar kamu gak lupa dan selalu bersemangat dalam meraihnya. 

5. Saatnya ambil tindakan!

Ini 5 Cara Terbaik Menebus Kesalahan di Masa Lalu, Saatnya Berubah!unsplash.com/ Roman Holoschchuk

Sudah membuat strategi dan list tujuan hidup, kan? Semua yang kamu rencanakan gak akan menjadi nyata jika hanya dalam angan, segera bangkit dan buat mimpimu menjadi nyata. Carilah banyak ilmu dan kesempatan di luar sana, buktikan kalau kamu bisa berubah menjadi lebih baik. 

Berbuat salah adalah sifat yang tak pernah bisa lepas dari manusia, tapi mau mengakui dan meminta maaf adalah perilaku yang layak diberikan apresiasi. Dirimu yang hebat layak diberi maaf dan kesempatan kedua untuk memperbaikinya. Semangat berproses! 

Baca Juga: Raih Hatinya, 5 Cara Tepat Hadapi Gebetan yang Punya Luka Masa Lalu!

Aisya Kusumawati Photo Verified Writer Aisya Kusumawati

feel free to give feedback on my published article

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya