TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Meningkatkan Nilai Diri supaya Gak Diremehin Orang

Terus tingkatkan kualitas dirimu dengan cara cerdas

ilustrasi percaya diri (pexels.com/Yan Krukov)

Sejatinya, semua orang itu sama, tidak sempurna dan punya sisi kekurangan pada dirinya. Akan tetapi, jangan karena punya kekurangan, lalu kamu pasrah jika direndahkan orang lain.

Kamu harus bisa menjaga nilai dirimu sendiri, yang mana salah satu caranya ialah dengan meningkatkan nilai diri. Semakin tinggi nilaimu di mata orang, maka semakin enggan mereka untuk merendahkanmu.

Bagaimana caranya meningkatkan nilai diri? Gak susah, kok! Kamu bisa mulai dari lima cara di bawah ini. 

1. Perluas koneksimu dengan orang-orang berpengaruh

ilustrasi rapat (pexels.com/Fauxels)

Caranya yang pertama untuk meningkatkan nilai dirimu ialah dengan memperluas koneksi dengan orang-orang berpengaruh. Percaya atau tidak, lingkungan dan orang-orang di sekitarmu sangat memengaruhi nilai diri, lho.

Kalau orang di sekitarmu rata-rata buruk, ya, kamu bakal terkena citra buruk juga. Namun, kalau koneksimu orang-orang berpengaruh dan juga positif, tentu hal itu juga meningkatkan nilaimu sendiri, sebab lingkungan dan orang di sekitarmu bukanlah orang sembarangan. 

Baca Juga: 5 Kelebihan Ini Dimiliki Cowok dengan Tingkat Wawasan Tinggi

2. Kejarlah pendidikan setinggi-tingginya dan selalu perbanyak wawasanmu

ilustrasi belajar (pexels.com/Keira Burton)

Caranya yang kedua kalau mau meningkatkan nilai dirimu ialah dengan mengejar pendidikan setinggi-tingginya dan selalu memperbanyak wawasan. Pendidikan itu penting, baik sebagai bekal untuk mengejar kesuksesanmu dalam karier dan sebagai salah satu kualitas diri yang tak bisa diragukan.

Tinggi nilai diri seseorang itu juga dapat dilihat dari pendidikan dan tingginya wawasanmu. Gak melulu soal fisik atau harta. 

3. Belajar menjadi sosok yang elegan

ilustrasi bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Belajarlah menjadi sosok yang elegan. Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dirimu, lho.

Selalu bersikap tenang, bijak dalam membuat keputusan, tidak emosional dan selalu elegan dalam bersikap dan berucap. Bagaimana kamu membawa diri ketika berhadapan dengan berbagai hal sangatlah memengaruhi nilai dirimu. Tidak mempermalukan diri sendiri dengan selalu menjaga rasionalitas sehingga membuatmu menjadi sosok yang elegan.

4. Tahu bagaimana menghargai dan mencintai dirimu sendiri

ilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebanyakan orang terlalu sering menyalahkan orang lain sampai lupa bahwa dirinya sendirilah yang mungkin membuat nilai dirinya rendah. Maka dari itu, jagalah nilai dirimu baik-baik. Sadarilah bahwa dirimu itu berharga dan cintailah dirimu sendiri.

Ini adalah cara keempat yang harus kamu lakukan kalau mau meningkatkan nilai diri. Sehebat apa pun usahamu, semuanya bakalan percuma kalau tidak bisa menghargai dan menerima dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Peribahasa Ini Ajarkan Nilai Kehidupan, Sarat Nilai Moral

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya