TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Terbaik Atasi Ketidaksukaan pada Orang di Sekitarmu

Biar gak jadi berlarut-larut!

ilustrasi suasana bekerja (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Banyak orang bilang, sebaik apa pun kamu hidup, ada saja orang yang tidak suka. Termasuk diri sendiri, kadang kala ada perasaan tidak suka pada orang lain, entah itu dari cara dia berpakaian, bersikap, maupun perilakunya.

Namun, ketidaksukaan ini bisa berakhir buruk jika dibiarkan begitu saja. Maka dari itu, di bawah ini, sedikitnya ada lima cara terbaik mengatasi ketidaksukaan pada orang di sekitarmu. Untuk selengkapnya, yuk, baca sampai selesai.

1. Mulai berpikiran positif terhadap orang lain

ilustrasi cewek dan cowok bekerja sama (pexels.com/ANTONI SHKRABA production)

Perasaan tidak suka biasanya terjadi karena cara pikir kita sendiri, yang mana selalu mengarah pada hal yang negatif. Alhasil, selalu terjadi prasangka buruk dan ketidaksukaan, baik ada atau tanpa alasan yang jelas.

Pada akhirnya, kamu harus mulai berpikiran positif terhadap orang lain. Jangan hanya menilai orang dari keburukannya saja, itu akan membawa kamu pada perasaan tidak suka yang cenderung mendominasi.

2. Berpikiran jauh lebih terbuka

ilustrasi pria berbincang (pexels.com/RODNAE Productions)

Tidak menyukai orang lain juga bisa terjadi karena cara pikir kita yang terlalu sempit, menyimpulkan seseorang secara instan tanpa tahu siapa dia sebenarnya dan apa yang sebenarnya terjadi.

Padahal, berpikiran lebih terbuka jauh lebih menguntungkan bagi hidupmu. Ketidaksukaan pada orang lain bisa dikurangi karena cara pandangmu kian berubah seiring banyaknya sudut pandang yang baru.

Baca Juga: Belajar 5 Hal Ini biar Gak Canggung Adaptasi di Lingkungan Baru

3. Mulai bercermin pada diri sendiri

ilustrasi pria becermin (pexels.com/Min An)

Setiap orang memang berhak menilai orang lain menurut pandangannya sendiri, termasuk sebuah keburukan yang menimbulkan perasaan tidak suka. Namun, ketidaksukaan itu bisa saja membawa dampak buruk yang merugikan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Pada akhirnya, becermin pada diri sendiri menjadi salah satu antisipasi yang sangat berguna. Sebelum merasa tidak suka pada orang lain, lihatlah dirimu sendiri, apakah jauh lebih baik atau tidak.

4. Menjauhi lingkungan yang bersifat negatif

ilustrasi pria berkumpul bersama (pexels.com/cottonbro)

Tindakan atau sikap yang memicu ketidaksukaan biasanya timbul dari lingkungan yang negatif, yang mana semuanya adalah sebuah kesalahan atau bahkan tindakan yang melanggar peraturan yang ada.

Jika kamu ingin menghilangkan ketidasukaan itu sendiri, cara terbaiknya adalah menjauhi lingkungan tersebut. Jangan biarkan perasaanmu tidak tenang hanya karena berada di lingkungan yang kurang tepat.

Baca Juga: 5 Tips Adaptasi Kerja bagi Introver, Cepat Terbiasa di Lingkungan Baru

Verified Writer

Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya