TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Stres, 5 Manfaat yang dari Menganggur yang Jarang Kamu Sadari

Yang lagi galau karena belum dapat kerja, coba baca yuk

unsplash.com/ Wenni Zhou

Menganggur adalah fase dimana kamu memiliki banyak waktu kosong sambil mencari pekerjaan yang tepat. Bagi sebagian orang, menganggur itu sangat menakutkan. Gak jarang banyak yang stres, khususnya fresh graduate yang uring-uringan karena punya label baru, yaitu pengangguran.

Jadi penganguran memang sebuah dilema. Belum lagi harus pusing mendengar nyinyiran tetangga akibat tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Tapi, jadi pengangguran itu sah-sah aja kok, semua orang pasti mengalaminya, jadi kamu gak perlu berkecil hati atau rendah diri.

Kalau kamu memandang dari sudut yang berbeda, sebenarnya menganggur juga punya beberapa sisi positif lho, cuma banyak yang gak menyadarinya. Nah, coba simak beberapa poin di bawah ini ya.

1. Saat menganggur, kamu bisa istirahat total dari semua rutinitas selama ini

unsplash.com/Anthony Tran

Selagi menganggur, manfaatkan waktu kosong yang kamu punya untuk beristirahat. Setelah sibuk mengurus skripsi selama beberapa bulan, inilah saatnya membalas dendam untuk bisa rehat sejenak.

Anggap aja kamu lagi me time. Kamu bisa tidur siang, nonton film favorit atau santai-santai sejenak juga gak apa-apa kok. Setelah masuk dunia kerja, gak ada jaminan kamu bisa puas istirahat seperti sekarang ini.

Baca Juga: Pantang Resign dari Pekerjaan Kalau Belum Persiapkan 5 Hal Ini!

2. Bisa membantu meringankan pekerjaan orangtua di rumah

unsplash.com/rawpixel

Meskipun nganggur, jangan lupakan statusmu sebagai anak untuk membantu orangtua. Kamu boleh aja santai-santai, tapi jangan sampai terlihat seperti anak pemalas.

Saat ini kamu memang belum bisa membantu secara finansial, tapi tunjukan rasa baktimu melalui hal lain, seperti menjaga adik, bersih-bersih rumah, atau pijitin pungung ayah kalau beliau pulang kerja.

Saat kerja nanti, waktumu akan tersita untuk kantor dan hal lainnya, dan selagi punya banyak waktu kosong, meringankan pekerjaan orangtua di rumah juga gak kalah bermanfaat kok. Kan gak enak kalau cuma makan dan tidur sementara hidupmu masih di subsidi orangtua, hehe.

3. Manfaatkan waktu luangmu untuk menambah skill baru

unsplash.com/ rawpixel

Menganggur bukan berarti bisa malas-malasan atau berhenti belajar. Selagi punya banyak waku, manfaatkan untuk melatih skill baru. Misalnya belajar desain, kursus komputer, atau bahasa asing.

Kemampuan baru itu bisa ditambahkan pada CV apalagi kalau ada bonus sertifikatnya. Walau belum punya pengalaman kerja, setidaknya skill kamu gak boleh diragukan dong. 

4. Setidaknya kamu terbebas dari stres akibat macet dan pekerjaan yang menumpuk

unsplash.com/ Conor Samuel

Saat sudah kerja nanti, mungkin hidupmu akan lekat dengan stres dan kelelahan. Gak cuma karena kerjaan kantor, kamu juga bisa stres akibat jalanan yang macet. Rutinitas bangun pagi dan pulang pagi akan jadi teman akrabmu sehari-hari.

Nah, status menganggurmu saat ini masih bisa membebaskanmu dari deadline pekerjaan atau harus adu emosi dengan sesama pengendara akibat macet jalanan. Menganggur hanyalah fase sementara, jadi nikmati saja setiap prosesnya ya. 

Baca Juga: Jangan Sedih! Ini 7 Cara Menghadapi Teman Sekantor yang Resign

Verified Writer

Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya