TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu & Segan Ambil Jatah Cuti Kantor

Kamu berhak kok 

pexels.com/ThisIsEngineering

Cuti adalah hak mutlak yang dimiliki oleh pekerja. Sederhananya, cuti adalah waktunya istirahat dari pekerjaan. Masing-masing perusahaan, punya kebijakan sendiri berapa banyak jatah cuti yang bisa di ambil karyawan dalam setahun. 

Sayangnya, masih banyak yang merasa segan atau gak enak hati kalau ingin mengajukan cuti. Alasannya beragam, misalnya mikirin beban pekerjaan yang akan di tinggal atau merasa sungkan sama atasan. Padahal kamu berhak cuti jika memang ingin kok. Ini dia lima alasannya. 

1. Cuti adalah hak kamu. Gunakan sebagai reward kepada diri sendiri sebagai tanda apresiasi

pexels.com/CoWomen

Dikejar deadline, client dan tumpukan pekerjaan yang tiada henti tentu menguras tenaga dan pikiran. Kamu bisa duduk berjam-jam di depan komputer sampai kepala rasanya mau pecah. Belum lagi kalau harus lembur, pasti bikin hatimu tambah nelangsa. 

Itulah gunanya jatah cuti. Gak perlu segan sama bos atau rekan kerja karena cuti sepenuhnya milikmu. Manfaatkan sebagai reward karena kamu sudah bekerja keras. Istirahatkan pikiran supaya bisa semangat lagi. 

2. Kamu berhak rehat sementara dari beban pekerjaan yang bikin suntuk

pexels.com/ThisIsEngineering

Ada saatnya bekerja dan ada saatnya untuk istirahat. Hidupmu gak sebatas antara deadline kantor dan komputer aja lho. Dan cuti adalah salah satu 'pelarian' supaya terbebas dari daftar pekerjaan yang bikin penat.

Kalau pikiranmu fresh, tentunya akan lebih semangat bekerja. Lagipula, ide cemerlang juga bisa di dapat saat cuti, lho. 'Kan perusahaan juga yang mendapat untung kalau kamu bisa produktif. 

Baca Juga: 5 Tanda Kerja Kerasmu di Tempat Kerja Kurang Mendapat Apresiasi

3. Cuti gak harus dimanfaatkan untuk liburan ke luar kota. Meditasi di rumah juga bisa kok

pexels.com/Vlada Karpovich

Masa pandemik gini agak riskan kalau harus pergi jauh. Kalau pertimbanganmu gak ambil cuti karena tidak bisa liburan, coba pikir-pikir lagi ya. Memanfaatkan cuti gak selalu harus dengan liburan ke luar kota lho. 

Me time dengan cara meditasi atau bersenang-senang di rumah tanpa diganggu soal pekerjaan termasuk option yang tepat untuk bersantai. Yang penting, melakukan sesuatu yang bikin hati senang dan bersemangat lagi.

4. Pikirkan diri sendiri. Cuti adalah cara untuk mengembalikan kewarasanmu akibat tekanan pekerjaan

pexels.com/Pixabay

Sah-sah aja kalau kamu termasuk tipe karyawan yang loyal. Tapi, ada masanya kamu harus menempatkan dirimu sendiri pada posisi pertama. Jika kondisimu sudah burn out, tandanya harus rehat dari segala macam pekerjaan. Apalagi kalau badanmu sudah memberi tanda bakalan sakit karena kelelahan. Sebelum kewarasanmu makin menipis, segera apply cuti ke manager ya.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Menghadapi Orang yang Kelewat Batas di Tempat Kerja

Verified Writer

Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya