TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lakukan 11 Hal Ini saat Ngantuk di Tempat Kerja

Biar tetap produktif

ustrasi mengantuk (Pexels.com/ Ron Lach)

Sewaktu pagi berangkat bekerja,  niatmu pasti untuk bekerja dengan penuh semangat  dan produktif sampai tiba waktu pulang. Tetapi tak jarang setelah beberapa jam di kantor, rasa kantuk menyerang dengan hebatnya. Cita-citamu untuk stay fresh sepanjang hari pun bisa bubar seketika.

Tetapi tenang, kamu tak perlu menyerah pada si kantuk. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghalau rasa kantuk yang datang saat sedang beraktivitas di kantor.

1. Minum kopi

ilustrasi meminum kopi (Pexels.com/ Pixabay)

Yes, betul sekali. Kamu pasti setuju kan kalau kopi adalah yang paling sering dicari saat rasa mengantuk datang menyerang.  Kamu bisa mencoba meminum secangkir kopi untuk membantumu fokus. Ini karena kandungan kafein pada kopi  bersifat sebagai stimulan yang meningkatkan aktivitas otak dan saraf pusat.

Tetapi ingat untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kopi. Perhatikan juga jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang mengharuskan kamu menghindari kopi, pilihlah cara yang lain untuk menghalau rasa kantuk.

2. Beranjak dari kursi

ilustrasi bekerja di kantor (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Hindari duduk terlalu lama di kursi. Sesekali berdiri atau berjalan-jalan sebentar untuk memperlancar aliran darah.

3. Sibukkan diri

ilustrasi bekerja (Pexels.com/ Jeshoot)

Jangan terlalu lama berdiam diri tanpa aktivitas selain menunggu jam pulang. Kalau misalnya pekerjaan hari itu sudah selesai, tak ada salahnya mencoba mempersiapkan pekerjaan untuk esok hari. Selain rasa kantukmu hilang, esoknya kamu juga bisa lebih rileks karena telah mencicil sebagian pekerjaan.

4. Dengarkan musik

ilustrasi mendengar musik (Pexels.Com/Andrea Piacquadio)

Jika memungkinkan, dengarkanlah musik dengan tempo cepat dan pilih yang ceria agar moodmu ikut bagus. Hindari musik-musik mellow yang bisa membuatmu justru lebih mengantuk.

Baca Juga: 6 Hal yang Mengurangi Waktu Tidur, Bikin Ngantuk Seharian

5. Minum air putih

ilustrasi minum air putih (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Ini penting agar kamu gak dehidrasi dan otak pun tidak hilang fokus yang bisa membuatmu mengantuk.

6. Tarik napas dalam-dalam

ilustrasi bernapas dalam (Pexels.com/ Alexandr Podvalny)

Lakukan gerakan mengambil napas dalam-dalam agar kebutuhan oksigenmu terpenuhi. Karena kekurangan oksigen bisa menyebabkan kamu mengantuk

7. Makan camilan

ilustrasi buah strawberry ( Pexels.com/ Kristina Paukshtite)

Camilan dipercaya mampu mengusir rasa kantuk. Kamu bisa memilih camilan sehat seperti buah-buahan.  Tetapi perhatikan juga porsinya agar tak kekenyangan dan justru semakin mengantuk.

8. Menghirup aroma tajam

ilustrasi minyak beraroma (Pexels.com/ do Terra )

Kamu bisa coba menghirup aroma minyak kayu putih, lemon dan lainnya.  Ini bisa sedikit membantu matamu waspada dan tak tertidur.

9. Lakukan peregangan

ilustrasi peregangan ( Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Tak perlu yang ribet. Cukup peregangan sederhana seperti merentangkan tangan, menekuk leher ke samping atau memutar badan.

10. Cuci muka

ilustrasi cuci muka (Pexels.com/ Mas Vathon)

Nah, jika kamu mencoba berbagai cara di atas dan masih mengantuk, pergilah mencuci muka . Air akan membuatmu segar kembali.

Baca Juga: 5 Tips Menjagamu Tetap Segar di Siang Hari, Gak Gampang Ngantuk!

Verified Writer

Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya