TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bukan Pamer, 5 Alasan untuk Berani Menunjukkan Skill Terbaikmu

#IDNTimesLife Rugi banget kalau malah ditutupi

Ilustrasi ekspresi kepercayaan diri (unsplash.com/lewypee)

Dari judulnya saja, sudah mencerminkan kamu banget gak nih? Satu sisi, kamu yakin punya skill yang layak dibanggakan. Namun di sisi lain, kamu gak pernah berani menunjukkannya pada orang lain.

Alasannya macam-macam, tetapi intinya sama. Kamu cuma kurang percaya diri. Nah, sampai kapan kamu akan menyembunyikannya? Yuk, pikirkan baik-baik lima hal di bawah ini biar kamu gak malu-malu lagi untuk unjuk kebolehan.

1. Justru malu dan takutlah jika kamu gak pernah tahu skill-mu

Ilustrasi rasa tidak percaya diri (unsplash.com/toeljimothy)

Kenapa kamu perlu malu dan takut bila gak kunjung tahu skill-mu? Sebab itu artinya, kamu gagal mengenali diri sendiri. Padahal, kamu sudah hidup bertahun-tahun lamanya. Masa gak juga tahu apa-apa yang bisa kamu lakukan dengan sangat baik?

Bahkan mungkin kamu jago mengenali skill terbaik orang lain. Ini membuktikan kamu sangat gak perhatian pada diri sendiri. Dan ketidaktahuan akan kemampuan diri bakal sangat memengaruhi masa depanmu. Jangan sampai masa depanmu menjadi suram, ya!

2. Kamu sudah mengasahnya dengan sangat tekun

Ilustrasi giat belajar (unsplash.com/akopovaks)

Sampai kamu yakin punya skill yang belum tentu dimiliki semua orang tentu gak terjadi secara tiba-tiba. Ada proses yang gak sebentar untukmu mengenali potensi diri dan mengasahnya.

Kamu sudah giat belajar dan berlatih dalam waktu lama. Benar? Jadi, kenapa gak menunjukkan setiap perkembangannya pada orang lain? Jangan salah, siapa tahu gak sedikit orang yang justru terinspirasi setelah melihat prosesmu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Kamu Terlihat Tidak Profesional

3. Menunjukkan skill terbaikmu akan membuka jalan rezeki

Ilustrasi wanita berlatih menyanyi dan bermain gitar (unsplash.com/toeljimothy)

Apalagi kalau kamu pekerja mandiri. Penting banget untuk orang-orang tahu skill terbaikmu. Sebab mereka semua berpotensi menjadi klien atau rekan kerjamu. Kalau mereka gak tahu skill-mu, bagaimana mungkin mereka akan tertarik untuk bekerja sama denganmu?

Bahkan sekadar tahu pun belum tentu menggerakkan mereka. Kalau kamu gak konsisten menunjukkan skill terbaikmu atau skill yang kamu tunjukkan masih dinilai biasa-biasa saja, mereka gak akan menaruh kepercayaan padamu. Maka pastikan kamu percaya diri dan jangan nanggung dalam mengasah skill-mu.

4. Kalau kamu kerap diremehkan, salah satunya pasti karena kamu dikira gak bisa apa-apa

Ilustrasi pria duduk sendiri (unsplash.com/makmphotography)

Rasa sakit hatimu saban diremehkan orang tentu wajar. Namun sampai kapan kamu hanya akan merasa sakit hati? Sayangnya, meski kamu gak suka diremehkan, mereka gak akan berhenti melakukannya bila kamu tetap terlihat gak punya skill apa pun.

Sebaliknya jika skill-mu terlihat jelas, siapa pun akan berpikir seribu kali untuk berani meremehkanmu. Maka pasrah dan cuma bisa sakit hati atau sedih saat diremehkan orang bukanlah solusi. Solusinya hanyalah menunjukkan skill terbaikmu!

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Tekanan di Tempat Kerja agar Tetap Profesional

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya