TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Trik Cepat Naik Jabatan, Harus Lebih Inisiatif!

Kembangkan pula potensi dirimu

ilustrasi orang sukses (pexels.com/fauxels)

Salah satu bentuk pengakuan dari keberhasilan dalam pekerjaan adalah mendapat promosi dari atasan. Meski begitu, keberhasilan seperti ini jelas bukan suatu hal yang mudah untuk diraih.

Selain membutuhkan proses dan kesabaran yang gak sedikit, ada cukup banyak hal yang juga harus kamu lakukan untuk bisa naik jabatan dalam pekerjaan. Berdasarkan rilis JobStreet.com yang diterima IDN Times, berikut ini beberapa langkah mudah untuk memperbesar kemungkinan mendapat promosi jabatan dalam pekerjaan.

1. Cari tahu apa yang atasan kamu mau

Ilustrasi berdiskusi dengan atasan dan rekan kerja (pexels.com/Fauxels)

Mengetahui tentang harapan yang atasanmu miliki akan sangat membantu untuk mendapatkan promosi jabatan. Sebab, hal ini akan menjadi dorongan untukmu dalam mengasah kemampuan dan kecepatan dalam bekerja yang dianggap bermanfaat untuk perusahaan. 

Ingat, setiap manajer mungkin mempunyai ekspektasi yang berbeda terhadap setiap karyawannya. Jadi lebih baik kamu berbagi tujuan dan ambisi dengan mereka sehingga mereka tahu apa yang telah dikerjakan dan dengan demikian dapat menuntunmu pada promosi jabatan.

2. Be initiative!

ilustrasi bekerja sama (pexels.com/ RF._.studio)

Berdasarkan hasil survei JobStreet.com, diketahui bahwa para pimpinan perusahaan ingin anggota tim mereka menawarkan diri dalam menangani berbagai macam proyek. Hal ini berarti bahwa mereka ingin melihat lebih banyak inisiatif dan sedikit ketergantungan.

Mempunyai inisiatif juga menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang merupakan atribut lain yang dihargai tinggi oleh para pimpinan perusahaan. Jadi ketika atasanmu mengumumkan sebuah proyek baru, majulah untuk menangani proyek tersebut.

Baca Juga: Jangan Katakan 6 Hal Ini pada Atasan, Bisa Bikin Gagal Naik Jabatan

3. Kembangkan potensi diri

Pexels/Julia M Cameron

Orang sukses gak pernah berhenti belajar dan mengembangkan potensi diri. Oleh karenanya, usahakan untuk terus berjuang dan mengembangkan keterampilan yang kamu miliki saat ini.

Carilah mentor untuk mendukung hal ini, baik secara online maupun offline dengan menunjukkan salah satu teman terbaik yang kamu percayai. Tenang, kamu akan menemukan seseorang di luar sana yang bersedia berbagi ilmu denganmu.

4. Lakukan training

pixabay.com/mohamed_hassan

Dengan semakin banyak pengetahuan dan keahlian yang kamu miliki, maka semakin banyak ilmu dan tanggung jawab yang dapat kamu tangani ke depannya. Oleh karena itu, hal ini secara efektif akan meningkatkan kesempatanmu untuk mendapatkan promosi karier dan kenaikan jabatan.

Jadi, jangan malas untuk melakukan training yang ditawarkan oleh perusahaan. Meski akan menghabiskan waktu, akan tetapi inilah momen di mana keterampilan organisasi dan manajemen waktumu akan sangat berguna.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Siap Naik Jabatan, Jadi Pemimpin!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya