Comscore Tracker

6 Tanda Kamu Siap Naik Jabatan, Jadi Pemimpin!

Kamu harus mampu mengatur orang lain

Untuk menempati posisi leader atau pemimpin dalam perusahaan bukanlah perihal mudah. Dibutuhkan pengalaman bertahun-tahun hingga koneksi yang cukup luas agar nantinya kamu dapat menjawab berbagai tantangan yang berhubungan dengan pekerjaan.

Selain itu, diperlukan sifat dan sikap yang mencerminkan seorang pemimpin. Lantas, apakah kamu sudah cocok menjabat sebagai seorang pemimpin? Dilansir rilis JobStreet.com, simak beberapa tanda yang menggambarkan kamu sudah layak naik jabatan sebagai pemimpin berikut ini.

1. Kamu ahli dalam memberikan masukan yang membangun

6 Tanda Kamu Siap Naik Jabatan, Jadi Pemimpin!Ilustrasi meeting di kantor (pexels.com/Christina Morillo)

Salah satu kualitas pemimpin yang baik adalah mampu mengevaluasi seorang individu dengan objektif dan menawarkan masukan kritis. Bukan hanya sekadar saran, pendapat yang ia berikan juga berguna untuk membangun serta membantu mereka tumbuh dalam jalan karier yang dipilih.

Bila kamu yakin anggota tim kamu memiliki pandangan jika kamu adalah sosok yang bisa memberikan saran baik bagi orang lain, bisa jadi ini tanda kamu sudah cocok jadi seorang pemimpin. Jika belum, cobalah untuk membentuk dirimu jadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

2. Mampu mengambil keputusan dan tenang di bawah tekanan

6 Tanda Kamu Siap Naik Jabatan, Jadi Pemimpin!Ilustrasi meeting (freepik.com/klingsup)

Selanjutnya, seorang pemimpin yang baik tentu harus bisa mengambil keputusan tepat dalam berbagai kondisi. Bahkan, hal ini berlaku jika kamu berada dalam situasi tertekan sekali pun.

Kemampuan untuk tetap terkendali dan membuat keputusan yang cepat di bawah tekanan merupakan persyaratannya mutlak kalau kamu serius ingin menjadi seorang pemimpin di tempat kamu bekerja. Jadi, kuasai kemampuan yang satu ini, ya!

3. Disukai banyak orang

6 Tanda Kamu Siap Naik Jabatan, Jadi Pemimpin!Ilustrasi bekerja di kantor (pexels.com/fauxels)

Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif, kamu perlu menginspirasi orang-orang di sekitar. Artinya, kamu harus disukai oleh rekan kerja hingga atasan.

Namun bukan berarti jika kamu harus menyenangkan semua orang, melainkan adanya rasa hormat di dalam diri mereka sehingga mau mengikuti perintah yang kamu berikan. Oleh karena itu, penting untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan rasa percaya pada orang-orang yang ada di dekatmu.

Baca Juga: [QUIZ] Tes Psikologi Ini Tunjukkan Kamu Tipe Pemimpin Seperti Apa saat Ada Masalah

4. Mampu bertanggung jawab

6 Tanda Kamu Siap Naik Jabatan, Jadi Pemimpin!Ilustrasi bertanggung jawab dalam bekerja (pexels.com/Anete Lusina)

Sebagai seorang pemimpin, kamu juga perlu memahami pentingnya tanggung jawab terhadap orang-orang yang bekerja di bawah pengawasanmu. Sebab, kesalahan mereka akan dinilai sebagai kesalahan kamu juga.

Sebaliknya, pencapaian mereka akan menjadi refleksi dari bimbingan dan arahan kamu yang sukses. Ingat, menjadi seorang pemimpin memiliki peran untuk menerima tanggung jawab dalam memastikan jika mereka bekerja dan tumbuh bersama sebagai sebuah tim.

5. Terampil dalam mengatur orang

6 Tanda Kamu Siap Naik Jabatan, Jadi Pemimpin!Ilustrasi meeting di kantor (unsplash.com/Smartworks)

Menjadi seorang pemimpin gak hanya memberikan perintah pada orang-orang. Sebab, sebagai pemimpin kamu harus bisa menemukan yang terbaik dari diri orang-orang dan membimbing mereka untuk kelanjutan karier dan keunggulan profesional di masa depan.

Maka dari itu, sebagai pemimpin kamu akan menerima tugas yang untuk mengatur orang dengan kepribadian dan temperamen yang berbeda-beda. Gak hanya itu, kamu juga harus berusaha untuk membantu mewujudkan potensi penuh mereka di dalam perusahaan.

6. Tahu kapan harus berkata "tidak"

6 Tanda Kamu Siap Naik Jabatan, Jadi Pemimpin!Ilustrasi diskusi di tempat kerja (freepik.com/cookie_studio)

Salah satu dari kunci kualitas dari pemimpin yang efektif adalah keefisienan dalam mengatur beban kerja dan sumber daya. Kamu harus memprioritaskan kesehatan tim dan melihat secara utuh, sebab sebuah tim yang bekerja berlebihan gak akan menjadi tim yang produktif atau termotivasi.

Kamu gak akan dapat menyelesaikan pekerjaan jika terus menerus mengiyakan rekan kerja yang meminta bantuan atau mengambil alih semua proyek yang ditugaskan pada tim. Artinya, kamu harus mampu berkata “tidak” jika situasinya memaksa kamu melakukan hal tersebut.

Berapa banyak dari keenam tanda di atas yang kamu miliki? Jika lebih dari empat, artinya kamu sudah siap untuk mendapatkan jabatan sebagai seorang pemimpin di tempat kerjamu. Selamat!

Baca Juga: 5 Langkah untuk Jadi Pemimpin yang Berwibawa, Yakin Berani Coba?

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya