TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyebab Seseorang Gagal dalam Wawancara Kerja, Catat!

Hindari kesalahan tersebut agar bisa diterima bekerja, ya

ilustrasi sesi wawancara kerja (pexels.com/edmond-dantes)

Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan yang harus dijalani apabila ingin diterima bekerja dalam suatu perusahaan. Tahapan ini memang tidak mudah, sebab harus dilewati dengan baik dan penuh persiapan.

Tak jarang banyak calon pegawai yang gagal diterima kerja, sebab tidak melakukan proses wawancara dengan baik.  Untuk mencegah terulangnya hal demikian, kamu harus tahu beberapa penyebab kegagalan dalam wawancara kerja berikut ini.

1. Kurang yakin atau terlalu gugup dalam menjawab

ilustrasi interview kerja (pexels.com/sora-shimazaki)

Merasa gugup saat melakukan sesi wawancara merupakan hal yang sangat wajar. Namun, hal tersebut bisa menjadi bumerang tersendiri, sebab akan berpengaruh terhadap setiap jawaban yang akan kamu berikan.

Cobalah berusaha untuk merileksasikan diri sebelum mengikuti wawancara, sehingga tidak terlalu grogi. Gugup yang sulit dikontrol akan membuatmu memberikan jawaban yang justru kurang meyakinkan dan hal ini tentunya akan memengaruhi pertimbangan HRD dalam menerimamu.

Baca Juga: Tips Sukses Wawancara Kerja dengan Metode STAR, Ngomong Lebih Teratur!

2. Tidak jelas dalam menjabarkan visi misi dalam bekerja

ilustrasi interview kerja (pexels.com/@alex-green)

Ada beberapa pertanyaan seputar dirimu yang mungkin akan dibahas selama sesi wawancara. Salah satunya adalah mengenai visi dan misimu dalam bekerja di perusahaan tersebut.

Meski mungkin dianggap sebagai pertanyaan dasar dan sepele, namun nyatanya tetap sulit dijawab. Tak heran apabila hal ini membuat banyak calon pegawai jadi tidak jelas dalam menjabarkan visi dan misinya, sehingga berisiko mengalami kegagalan.

3. Kurang mengetahui latar belakang perusahaan tersebut

ilustrasi interview kerja (pexels.com/divinetechygirl)

Ada satu tugas penting yang perlu kamu lakukan sebelum mengikuti wawancara kerja. Tugas tersebut adalah dengan bagaimana caranya mengetahui dan mengenal latar belakang dari perusahaan yang akan dilamar.

Justru akan sangat disayangkan apabila kamu lupa dalam mengenal perusahaan tersebut, sehingga membuatmu tak bisa menjawab saat ditanya. Hal ini hanya akan membuatmu berisiko ditolak dalam bekerja.

4. Tidak mempersiapkan dengan matang

ilustrasi interview kerja (pexels.com/sora-shimazaki)

Wawancara kerja bukanlah tahapan yang sepele, apalagi kamu juga akan bertemu langsung dengan perwakilan dari perusahaan. Tak heran apabila kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan jelas, termasuk tentang berbagai kemungkinan pertanyaan yang akan ditanyakan.

Jika kamu tak mempersiapkan semuanya dengan baik dan justru asal-asalan, maka akan berdampak pada kemungkinanmu dalam diterima. Oleh sebab itu, selalu persiapkan semuanya, sebab tidak ada hasil baik yang berasal dari proses instan.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Mengajukan Pertanyaan Balik saat Wawancara Kerja

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya