Comscore Tracker

5 Imbalan yang Kamu Dapat jika Mau Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Awal

Lebih banyak untungnya buat kariermu?

Menyelesaikan pekerjaan sudah menjadi tanggung jawab para pekerja dalam bidang apa pun itu. Namun, cepat selesai atau tidaknya pekerjaan tersebut tergantung dari cara kamu melakoni pekerjaan demi pekerjaan yang dijalani. 

Meski demikian, masih banyak orang yang menunda pekerjaan atau bahkan mencoba menyelesaikannya di akhir waktu. Padahal, ada lima imbalan yang bisa kamu dapat jika mau menyelesaikan pekerjaan lebih awal. Keep reading ya biar tahu lebih lengkapnya. 

1. Kamu punya lebih banyak waktu untuk bersantai

5 Imbalan yang Kamu Dapat jika Mau Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Awalilustrasi wanita bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang punya jam kerjanya sendiri tergantung dari pekerjaan seperti apa yang sedang dijalani. Namun, apa pun pekerjaannya, mengerjakannya di awal jauh lebih menguntungkan. 

Nyatanya, kamu akan punya lebih banyak waktu untuk bersantai dan istirahat. Ini menjadi bagian yang paling penting, pekerjaanmu jadi tidak terlalu terasa merepotkan. 

2. Pikiran jadi lebih tenang karena semua pekerjaan sudah selesai

5 Imbalan yang Kamu Dapat jika Mau Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Awalilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menyelesaikan pekerjaan di awal artinya menciptakan ruang lebih di dalam pikiranmu. Pekerjaan yang kamu jalani mungkin sangat membebani pikiran, makanya kamu harus bisa menyelesaikannya lebih awal. 

Hal ini ditunjukkan untuk menciptakan pikiran yang lebih tenang karena pekerjaan. Banyak orang yang merasa terbebani karena pekerjaannya tidak selesai, dan itu sangat tidak baik bagi kadar stres kamu. 

3. Tidak dikejar deadline yang memberi beban lebih

5 Imbalan yang Kamu Dapat jika Mau Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Awalilustrasi orang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap pekerjaan pastinya punya batas atau tenggat waktunya sendiri-sendiri. Namun, peran menyelesaikan pekerjaan lebih awal di sini sangat penting, tujuannya agar kamu tidak dikejar deadline yang akan memberi beban lebih. 

Mungkin pekerjaanmu sedari awal sudah sangat berat, namun akan lebih berat lagi jika kamu menunda-nunda pekerjaan sampai batas akhir dari waktu yang telah ditentukan. Percaya deh, hidupmu bakal terasa lebih ringan ketika pekerjaan selesai tepat pada waktunya.

Baca Juga: 5 Dampak Baik Kamu Selalu Menjaga Sikap Disiplin dalam Dunia Kerja

4. Management waktumu jadi jauh lebih baik

5 Imbalan yang Kamu Dapat jika Mau Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Awalilustrasi pria tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang yang bisa menyelesaikan pekerjaannya di awal punya poin lebih, lho. Mereka punya management waktu yang sangat baik dan terhindar dari keterlambatan. 

Hal ini menegaskan bahwa management waktumu sangat bergantung pada bagaimana cara kamu menyelesaikan pekerjaan. Jika kamu bisa menyelesaikannya sedari awal, kamu tidak akan mengenal yang namanya sebuah keterlambatan. 

5. Lebih mudah memfokuskan diri pada pekerjaan itu sendiri

5 Imbalan yang Kamu Dapat jika Mau Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Awalilustrasi orang fokus bekerja (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Menyelesaikan pekerjaan di awal bukan hanya sebatas mempercepat pekerjaan itu selesai, tapi juga lebih memfokuskan diri pada pekerjaan itu sendiri. Kamu bisa menjaga fokus pada pekerjaan ketika segalanya kamu curahkan dalam satu waktu.

Apa yang kamu lakukan lebih mudah terkontrol dibanding menunda-nunda pekerjaan. Kamu juga jadi terbiasa untuk gak terdistraksi karena punya fokus tinggi.

Kita memang bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah diberikan. Namun, menyelesaikannya sedari awal punya poin lebih, bahkan banyak imbalan yang akan kamu dapat. 

Baca Juga: 5 Tips Kerja dengan Atasan yang Ketat & Sangat Disiplin pada Deadline

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya