Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Merasa Gak Nyaman dengan Pekerjaanmu

Terjebak di lingkungan kerja yang toxic!

Dalam dunia kerja profesional, penting adanya rasa nyaman dengan pekerjaan yang tengah dilakoni. Karena jika tidak, ini bisa menghambat kinerjamu di kantor. Tugas yang seharusnya dapat dikerjakan dengan mudah, eh jadi terasa menyusahkan karena kamu gak nyaman sama pekerjaan tersebut. 

Tidak akan ada asap kalau gak ada api, kan? Pasti ada sebabnya mengapa kamu tahu-tahu jadi kurang nyaman sama pekerjaanmu ini.

Bisa saja, salah satu dari lima hal berikut yang jadi penyebabnya. Ayo cek satu per satu, siapa tahu dapat dijadikan bahan renungan untukmu.

1. Terlalu banyak pekerjaan yang dilimpahkan padamu

5 Penyebab Kamu Merasa Gak Nyaman dengan Pekerjaanmuilustrasi stres kerja (pexels.com/Karolina Grabowska)

Belakangan kamu merasa tugas kantor yang diberikan padamu sudah terlalu banyak, bahkan sampai menumpuk di meja. Kamu pun sukses dibuat bingung harus mulai mengerjakannya dari mana. Baru juga tugas satu selesai, eh ada lagi kerjaan yang mesti ditangani. 

Hal ini membuatmu merasa sedang dikerjai oleh atasan. Di mana rekan-rekanmu yang lain sepertinya tidak memiliki tugas sebanyak itu, deh.

Kenapa kamu yang malah dibebani dengan pekerjaan yang menumpuk begini? Mulai, deh muncul rasa iri dan kurang nyaman sama pekerjaanmu ini.

2. Terlibat persaingan kerja yang tidak sehat dengan sesama karyawan

5 Penyebab Kamu Merasa Gak Nyaman dengan Pekerjaanmuilustrasi stres kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Persaingan di dunia kerja itu hal yang biasa, asal dilakukan dengan cara yang adil dan benar saja. Bukannya malah saling menjatuhkan antar karyawan seperti yang tengah kamu alami saat ini.

Entah bagaimana awal mulanya, saat ini kamu sedang terlibat persaingan kerja yang tidak sehat. Sayangnya, kamu berada di pihak yang kalah, karena ternyata lawanmu itu lebih dari satu orang.

Melihat kamu yang rajin dan disayang sama bos, membuat mereka iri dan bahu-membahu ingin menjatuhkanmu. Praktis, gara-gara persaingan ini, kamu jadi merasa gak nyaman berada di kantor dan menyebabkan kinerjamu jadi menurun.

Baca Juga: 5 Tips Siasati Pekerjaan Berlebih, Bye Overwhelmed!

3. Terlalu banyak revisi dari atasan yang menurutmu tidak masuk akal

5 Penyebab Kamu Merasa Gak Nyaman dengan Pekerjaanmuilustrasi dimarahi atasan (pexels.com/Yan Krukov)

Diminta memperbaiki pekerjaan memang hal yang lumrah dialami oleh setiap karyawan. Namanya juga kerja ikut orang, mau tidak mau harus mengikuti standar perusahaan, dong. Ya, asalkan revisi yang diberikan masuk akal, sih kamu akan dengan senang hati memperbaikinya kembali, kok.

Namun akhir-akhir ini atasanmu jadi banyak maunya. Sudah dikerjakan semaksimal mungkin juga dirasa masih kurang terus. Bahkan revisi yang dia berikan menurutmu tidak masuk akal dan mengada-ada saja.

Lama-lama capek juga berkutat dengan satu pekerjaan yang gak selesai-selesai begini. Padahal ada banyak tugas lain yang menanti untuk segera diselesaikan juga.

4. Kamu sering dipaksa lembur kerja tanpa diberi uang tambahan

5 Penyebab Kamu Merasa Gak Nyaman dengan Pekerjaanmuilustrasi stres kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Belum lagi beberapa hari belakangan kamu terus saja diminta lembur setiap hari. Alasannya, sih karena cuma kamu yang bisa menangani pekerjaan ini. Makanya harus dirimu yang turun tangan langsung.

Kalau hanya lembur sehari-dua hari masih bisa dimaklumi, deh. Tapi ini sudah berlangsung hampir satu minggu, lho.

Ditambah lagi kamu baru tahu kalau gak ada uang lebih untuk waktu lemburmu itu. Wajar, jika karena hal ini kamu jadi merasa kurang nyaman sama pekerjaanmu.

Semangat yang dulunya mengebu-gebu sekarang jadi luntur seketika, karena mengingat kerja kerasmu untuk perusahaan selama ini gak dihargai sama sekali. 

5. Mendadak kamu dipindahkan ke divisi lain yang gak sesuai kompetensimu

5 Penyebab Kamu Merasa Gak Nyaman dengan Pekerjaanmuilustrasi stres kerja (pexels.com/Mikhail Nilov)

Ibarat tidak ada hujan apalagi badai, mendadak atasan memindahkanmu ke divisi lain. Di mana itu tidak sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki. Tentu saja awalnya kamu menolak sekuat tenaga, dong. Tapi mau bagaimana lagi, keputusan sudah dibuat dan gak bisa diganggu gugat. 

Suka tidak suka, kamu harus mulai menyesuaikan diri dengan tugas dan tanggung jawab yang baru. Wajar banget, kok kalau dalam masa transisi ini, kamu merasa kurang sreg sama pekerjaanmu.

Alhasil, kinerjamu juga jadi menurun dan banyak melakukan kesalahan. Namun jangan sampai ini membuatmu terpuruk terus, ya! Tetap buktikan bahwa kamu bisa bertahan di segala medan.

 

Mau apa pun jenis pekerjaannya dan bagaimana lingkungannya, terpenting kamu harus menemukan rasa nyaman dulu di sana. Sebab kalau sudah merasa nyaman, pekerjaan sulit sekalipun akan terasa mudah dan ringan.

Tapi jika memang kamu sudah gak bisa menciptakan perasaan nyaman, karena berada di lingkungan kerja yang beracun, gak ada ada salahnya untuk resign, kok. Paling penting, sebelum mengajukan surat pengunduran diri, selesaikan dulu tugas-tugas yang jadi tanggung jawabmu, ya. Semangat para pekerja keras!

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Pekerjaan yang Terlalu Banyak Memiliki Target

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya