Comscore Tracker

5 Tips Siasati Pekerjaan Berlebih, Bye Overwhelmed!

Selama semua bisa diatur pasti akan terkendali 

Problem hidup memang tak akan pernah ada habisnya. Silih bergantinya tantangan selalu meliputi untuk menguatkan diri. Walaupun dialami hampir semua orang, tak jarang tetap membuat diri merasa lelah. Pasti ada saja saat di mana kamu mengeluh dan bertanya kenapa semua hal tidak berjalan semestinya. Salah satunya soal pekerjaan.

Beban kerja yang terkadang berlebih tak jarang membuatmu merasa kewalahan. Kamu bisa jadi berpikir bahwa apa yang kamu kerjakan bukanlah hal yang benar. Hentikan sampai di sini dan ikuti lima tips berikut untuk membantumu jadi lebih berarti.

1. Buat timeline yang jelas mengenai apa yang harus kamu selesaikan 

5 Tips Siasati Pekerjaan Berlebih, Bye Overwhelmed!ilustrasi bekerja (unsplash.com/wocintechchat)

Stres dalam pekerjaan sering kali tidak hanya karena beban itu sendiri. Tak jarang hal tersebut disebabkan karena banyaknya pikiran lain atau tugas yang masih menanti. Upcoming schedules inilah yang bisa semakin memperburuk suasana hatimu.

Untuk meringankan bebanmu, cobalah mulai merapikan apa yang ada dalam pikiranmu. Buatlah timeline yang jelas tentang masing-masing jadwal untuk diselesaikan. Kerjakan terlebih dahulu pekerjaan yang memang memiliki urgensi mendesak. Sedikit demi sedikit tentu hal ini akan meringankan beban dan pikiranmu yang lelah itu.

2. Bagi pekerjaan dengan orang lain yang memang berhubungan  

5 Tips Siasati Pekerjaan Berlebih, Bye Overwhelmed!ilustrasi bekerja (unsplash.com/windows)

Selain membuat jadwal yang jelas, kamu juga bisa mencoba mendelegasikan pekerjaan itu. Tak jarang ditemui pekerjaan yang melibatkan mitra ataupun tim lain, tetapi malah kamu kerjakan sendiri.

Jika memang kamu ada pada titik kewalahan dalam pekerjaan, bijaknya pilah kembali semua pekerjaanmu. Kalau kamu menemukan salah satu pekerjaan yang memang bisa didelegasikan, cobalah untuk menyerahkan kepada pihak yang bersangkutan. Dengan begitu, orang tersebut juga akan merasa lebih kamu hargai dan percaya.

Baca Juga: 5 Tips yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Rencana Pekerjaan, Mudah!

3. Belajarlah untuk membuat target kerja yang realistis 

5 Tips Siasati Pekerjaan Berlebih, Bye Overwhelmed!ilustrasi bekerja (unsplash.com/rozetsky)

Memiliki target kerja memang baik adanya. Hal ini tentu akan membantumu lebih tertata dalam menyelesaikan semuanya. Namun, perlu disadari arti penting mempertahankan perasaan rileks agar nyaman dalam bekerja. Siasati dengan membuat target yang realistis dalam jangka pendek.

Hal ini tujuannya untuk menghindari kecemasan yang bisa saja terjadi kepadamu jika membuat target yang terlalu banyak. Fokuslah kepada hal yang lebih sedikit, tetapi spesifik, daripada banyak hal tak terselesaikan.

4. Selalu beri batasan untuk setiap pekerjaan 

5 Tips Siasati Pekerjaan Berlebih, Bye Overwhelmed!ilustrasi bekerja (unsplash.com/surface)

Terlalu mencintai pekerjaan sampai melupakan waktu pribadimu terkadang juga dapat menimbulkan masalah baru. Hilangnya ruang pribadi membuat setiap waktu yang kamu habiskan tak jarang menjadikanmu mudah stres dan lelah sendiri.

Oleh karena itu, belajarlah untuk bersikap lebih tegas secara profesional dengan memberikan setiap batasan. Tak ada salahnya untuk menolak setiap pekerjaan jika memang berada di luar jam kerja. Sekali kamu mengiyakan sesuatu, bukan tidak mungkin hal tersebut terjadi berulang kepadamu. Yuk, belajar tegas demi diri sendiri!

5. Fokuskan kepada diri dan tingkatkan kepedulian terhadap kebahagiaanmu

5 Tips Siasati Pekerjaan Berlebih, Bye Overwhelmed!ilustrasi bekerja (unsplash.com/surface)

Paling penting untuk diingat tetap jaga dan pertahankan kondisimu. Jangan sampai kamu lebih sayang dengan pekerjaan dan mengabaikan kebahagiaan yang harusnya didapatkan.

Jika hal itu terjadi, burn out menjadi tak terlewatkan dan kamu harus kembali menemukan motivasi untuk semangat lagi. Disadari atau tidak, kondisi kesehatan mental yang kurang baik dapat memperburuk suasana kerja, baik mengenai sikap kepada rekan kerja ataupun prestasi kerja yang gagal dicapai.

Beban pekerjaan yang terlalu banyak tak jarang dapat mempengaruhi hal lain, tak terkecuali kehidupan sosialmu. Menenggelamkan diri dengan pekerjaan juga terkadang bisa mendatangkan masalah seperti stres atau overwhelmed. Bijaklah dalam memanfaatkan waktu dan ingatlah dengan kebahagiaan diri!

Baca Juga: 5 Tips Mengukur Kemampuan Diri saat Hendak Melamar Pekerjaan, Tepat!

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya