Comscore Tracker

5 Tips Manajemen Waktu saat Bekerja Remote di Rumah, Catat!

Agar tetap disiplin dan produktif

Bekerja remote atau freelance dari rumah terkadang membuat seseorang sulit mengelola waktu antara pekerjaan dan meluangkan waktu sendiri akibatnya produktivitas menjadi terganggu. Manajemen waktu menjadi hal penting karena tanpanya, baik karier maupun kesejahteraan mental pekerja akan terdampak, lho.

Manajemen waktu merupakan strategi untuk merencanakan waktu yang tersedia dan mengendalikan jumlah waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan tertentu demi efisiensi waktu. Nah, berikut tips manajemen waktu saat bekerja remote dari rumah yang bisa kamu terapkan, remote workers!

1. Membuat rutinitas keseharian

5 Tips Manajemen Waktu saat Bekerja Remote di Rumah, Catat!ilustrasi sedang bekerja (pexels.com/andrea piacquadio)

Membuat rutinitas keseharian menjadi hal yang penting untuk dilakukan, lho. Hal ini dapat menciptakan batasan yang jelas mengenai manajemen waktu antara pekerjaan dan me time. Kamu bisa mulai menyusun jadwal diawali dengan sarapan, meditasi atau olahraga, membaca buku, mendengarkan musik dan hal lainnya yang dapat membuat rileks sebelum memulai kerja remote.

Saat jam kerja berakhir, kamu juga bisa meluangkan waktu sendiri dengan mengaktifkan silent mode pada gadget, lho. Sehingga waktu rehat yang berkualitas dapat sepenuhnya kamu rasakan, deh!

2. Membuat daftar prioritas

5 Tips Manajemen Waktu saat Bekerja Remote di Rumah, Catat!ilustrasi sedang kerja remote (pexels.com/tima miroshnichenko)

Membuat daftar prioritas menjadi hal yang tak kalah pentingnya, lho. Sangat berguna dalam mengalokasikan waktu untuk pekerjaan atau tugas yang lebih penting. Kamu bisa menyusun daftar prioritas dengan mengevaluasi hal-hal penting atau mendesak yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Pastikan kamu juga pertimbangkan berapa banyak waktu yang bisa kamu habiskan untuk menyelesaikan masing-masing daftar prioritas. Hal itu dapat menciptakan manajemen waktu bisa terlaksana dengan baik.

Baca Juga: 7 Kegiatan yang Kini Bisa Dikerjakan Lewat Smartphone, Multifungsi

3. Hindari kegiatan multitasking

5 Tips Manajemen Waktu saat Bekerja Remote di Rumah, Catat!ilustrasi sedang kerja remote (pexels.com/ivan samkov)

Sebagian orang mungkin mengira multitasking akan dapat menyelesaikan pekerjaan sekaligus dalam waktu yang lebih sedikit. Namun, multitasking menjadi hal yang perlu kamu hindari saat kerja remote, lho! Mengapa? Faktanya otak manusia membutuhkan setidaknya 15 menit untuk berkonsentrasi kembali setiap kali beralih tugas.

Sehingga, multitasking akan membuat kamu kurang fokus dan kebiasaan ini dapat mengacaukan produktivitas, lho. Sebaiknya kamu konsentrasi dengan satu tugas agar terselesaikan dengan lebih cepat.

4. Jaga komunikasi dengan rekan kerja

5 Tips Manajemen Waktu saat Bekerja Remote di Rumah, Catat!ilustrasi sedang kerja remote (pexels.com/anna shvets)

Meskipun kamu hanya bekerja di rumah, kamu juga harus tetap jaga komunikasi dengan rekan kerja. Salah satu strategi manajemen waktu yang paling berguna di mana komunikasi tatap muka menjadi terbatas.

Tak perlu merasa terisolasi dari rekan kerja, kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk menciptakan virtual space menjadi ide yang bagus. Bersosialisasi sekaligus dapat mempertahankan ikatan antar kolega atau anggota tim.

5. Rehat sejenak

5 Tips Manajemen Waktu saat Bekerja Remote di Rumah, Catat!ilustrasi sedang kerja remote (pexels.com/andrea piacquadio)

Bekerja dari rumah seharian mungkin membuat sebagian orang merasa wajib untuk selalu bekerja tanpa rehat. Tahukah kamu, hal itu justru akan membuat kelelahan, depresi dan anxiety, lho.

Untuk mencegah hal itu, kamu bisa rehat sejenak, kok! Sebaiknya para pekerja remote beristirahat secara teratur untuk menekan stress. Bahkan, sekedar meluangkan waktu untuk jalan-jalan singkat, bermain bersama peliharaan atau minum kopi juga dapat meningkatkan produktivitas.

Kelima tips diatas bisa kamu terapkan agar tetap disiplin dan produktif saat kerja remote di rumah. Selain itu, kamu juga dapat menyeimbangkan antara pekerjaan dan me time, yuk terapkan!

Baca Juga: 8 Tips Persiapan Mental Kembali WFO untuk yang Lama WFH

Anggraini R Photo Verified Writer Anggraini R

Enjoy readers!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya