Comscore Tracker

5 Alasan Jangan Gampang Percaya dengan Rekan Kerja di Kantor

Percaya pada rekan kerja seperlunya saja!

Di manapun kita bekerja kita memang diwajibkan untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan mengakrabkan diri kepada rekan kerja di kantor. Namun, meski demikian kita gak boleh percaya kepada mereka begitu saja apalagi sampai menaruh kepercayaan yang sangat besar kepada mereka.

Hal ini perlu kamu lakukan sebagai salah satu upaya untuk menyelamatkan dirimu apabila suatu saat ada hal gak mengenakkan terjadi. Kira-kira kenapa begitu, ya? Cari tahu alasannya di bawah ini, yuk.

1. Kamu bisa dijatuhkan sewaktu-waktu

5 Alasan Jangan Gampang Percaya dengan Rekan Kerja di KantorIlustrasi seorang wanita tengah merasa tertekan (Pexels.com/Yan Krukov)

Saat karirmu tengah bersinar, bukan gak mungkin juga kalau tiba-tiba ada saja orang yang gak menyukai hal itu. Orang yang gak suka akan hal itu akan mengupayakan segala cara untuk menjatuhkanmu saat itu juga. Salah satunya siapa lagi kalau bukan rekan kerjamu sendiri? 

Mereka rela melakukan apapun agar gak ada satupun yang bisa menghalangi jalan mereka menuju apa yang diinginkan. Kalau sudah bicara tentang ambisi jadi lupa apa arti pertemanan. Siapapun yang menghalangi mereka akan langsung dianggap sebagai lawan. Untuk itu kamu perlu waspada, ya.

2. Bukan gak mungkin kamu akan dimanfaatkan

5 Alasan Jangan Gampang Percaya dengan Rekan Kerja di KantorIlustrasi sekelompok orang menatap laptop (Pexels.com/Alexander Suhorucov)

Sebagai anak baru atau mungkin sebagai kawan yang baik kamu tentu akan dengan senang hati membantu kesulitan yang dialami oleh rekan kerja. Eits, di dunia kerja menjadi sosok yang ‘terlalu baik’ justru malah jadi bumerang tersendiri, lho.

Karena bukan gak mungkin akan hadir banyak sekali orang yang akan memanfaatkan kebaikanmu. Entah disadari atau gak kamu sering kali terjebak dengan hal yang satu ini. Makanya, percaya pada rekan kerja cukup sewajarnya aja, deh.

Baca Juga: Bahaya, Jangan Umbar Rahasia! Ini 5 Tanda Rekan Kerja Gak Menyukaimu

3. Banyak rekan kerja yang ‘bermuka dua’

5 Alasan Jangan Gampang Percaya dengan Rekan Kerja di KantorIlustrasi dua orang wanita sedang berbincang (Pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Di dunia ini ada lebih dari jutaan watak manusia. Watak tersebut terbentuk memang sudah dari sananya adapula yang terbentuk karena lingkungan sekitar mereka. Untuk itu, di tempat kerjamu kamu wajib banget untuk mengamati mana rekan kerja yang benar-benar tulus atau justru bermuka dua, nih.

Rekan kerja yang bermuka dua inilah yang paling berbahaya. Pasalnya, di hadapanmu mereka akan sangat manis dan juga baik namun, di belakang itu semua mereka gak ragu, lho untuk membicarakan hal-hal yang gak benar tentang kamu. Oleh karena itu, kamu jangan langsung menaruh percaya 100% kepada rekan kerja kamu di kantor, ya.

4. Kamu dianggap saingan oleh mereka

5 Alasan Jangan Gampang Percaya dengan Rekan Kerja di KantorIlustrasi tiga orang pegawai wanita (Pexels.com/Yan Krukov)

Ketika duduk di kantin atau ngobrol seru bersama mereka tentu saja mereka menganggapmu kawan. Namun, di hadapan atasan kamu dianggap saingan bahkan lawan mereka, lho. Gak jarang juga, nih ada rekan kerja yang senang meninggikan dirinya dengan cara menjatuhkan orang lain di hadapan atasan.

Rekan kerja semacam ini yang perlu banget kamu waspadai. Karena bagaimanapun juga, rekan kerja yang benar-benar baik gak akan tega melakukan hal tersebut. Kamu begitu akrab dengan orang lain juga jangan langsung percaya begitu saja. Kamu harus bersikap biasa dan percaya seperlunya.

5. Rahasiamu bisa tersebar di seluruh penjuru kantor

5 Alasan Jangan Gampang Percaya dengan Rekan Kerja di KantorIlustrasi dua orang wanita sedang bergosip (Pexels.com/RODNAE Productions)

Karena sudah merasa dekat dan percaya bahwa rekan kerjamu adalah sosok orang yang baik. Maka, gak jarang kamu langsung menceritakan segala hal termasuk rahasia yang selama ini kamu simpan rapat-rapat. Tapi, keesokan harinya apa yang kamu ceritakan itu langsung diketahui oleh seluruh kantor.

Hal seperti ini wajib banget dihindari, bukan? Makanya, jangan sampai, deh menceritakan hal-hal yang bersifat pribadi dan rahasia kepada rekan kerja. Ada banyak, kok, topik obrolan yang bisa kalian pakai dibanding harus curhat masalah yang sifatnya privasi.

 

Itulah tadi, guys beberapa alasan untuk gak gampang percaya kepada rekan kerja. Semoga bisa jadi pertimbangan  serta bahan renungan kamu ke depannya, ya.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Arogan, biar Gak Terus Diremehkan

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya