Comscore Tracker

7 Tips Jitu Menyingkirkan Rasa Bosan terhadap Pekerjaan

Biar kamu semangat kerja lagi, nih!

Menjalani aktivitas yang itu-itu saja kadang membuat kita bosan. Sama halnya dengan pekerjaan yang sering kita lakukan setiap hari. Meski terkadang menemui tantangan namun, ada kalanya rutinitas tersebut malah membuat kita bosan.

Untuk kamu yang tengah bosan dengan pekerjaan yang kamu lakukan saat ini, sederet tips jitu berikut bisa membantumu menyingkirkan rasa bosan terhadap pekerjaan, lho. Penasaran apa saja tips jitu yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ciptakan suasana baru

7 Tips Jitu Menyingkirkan Rasa Bosan terhadap PekerjaanUnsplash.com/Brooke Cagle

Salah satu cara untuk menyingkirkan rasa bosan terhdap pekerjaan adalah dengan menciptakan suasana baru. Bila kamu bekerja di kantor, ubah atau tatalah sedikit meja kerjamu.

Letakkan tanaman hias kecil atau aromaterapi. Bila kamu bekerja secara remote cobalah untuk mencari suasana baru bekerja di co-working space atau café. Carilah tempat yang nyaman yang dapat membuatmu fokus bekerja.

Bagi kamu yang bekerja dari rumah, jika selama ini hanya melakukan pekerjaan di salah satu ruangan rumah, cobalah untuk berpindah ke ruangan lain yang tak kalah nyamannya supaya kamu tetap fokus bekerja. Dengan begitu kamu gak akan bosan lagi, deh.

2. Ingat lagi planning masa depan yang sudah kamu rencanakan

7 Tips Jitu Menyingkirkan Rasa Bosan terhadap PekerjaanUnsplash.com/Estée Janssens

Saat dilanda rasa bosan akibat pekerjaan, ada baiknya untuk mengingat lagi planning masa depan yang sudah kamu rencanakan. Dengan begitu, setidaknya kamu akan menemukan motivasi lagi untuk bekerja.

Pasalnya, kamu akan teringat dengan target-target yang sudah kamu rencanakan. Apakah untuk diri sendiri, keluarga, anak-anak atau bahkan orang tua. Ingat lagi apa yang telah kamu rencanakan sebelumnya.

3. Rehat sejenak dari pekerjaan

7 Tips Jitu Menyingkirkan Rasa Bosan terhadap PekerjaanUnsplash.com/Dominik Jirovský

Tak ada salahnya untuk rehat sejenak dari pekerjaan jika kamu sudah benar-benar muak dan bosan dengan pekerjaanmu, lho. Ambillah cuti beberapa hari untuk mengembalikan mood kamu seperti sediakala.

Isi energimu lagi sebelum akhirnya kembali pada rutinitas. Oleh karenanya, rasa bosan yang menghampirimu perlahan akan sirna. Demi kebaikanmu sendiri, tidak masalah untuk mengambil cuti. Toh, cuti juga merupakan hakmu pribadi.

Baca Juga: Kerja Gak Bosan, 10 Hobi Seru Ini Dapat Mendatangkan Penghasilan

4. Sharing dengan rekan kerja atau orang yang kamu percaya

7 Tips Jitu Menyingkirkan Rasa Bosan terhadap PekerjaanUnsplash.com/Mimi Thian

Sharing dengan rekan kerja atau orang yang kamu percaya bisa teman, sahabat, pacar, suami atau orang tua dijamin ampuh untuk menyingkirkan rasa bosan yang kamu alami.

Ceritakan pada mereka tentang kendalamu ini, dan mintalah pendapat mereka untuk bagaimana baiknya agar kamu termotivasi kembali dalam bekerja. Siapa tahu mereka juga pernah berada di fase yang sama, bukan? Kalian dapat saling bertukar pikiran dan berbagi perspektif masing-masing.

5. Lakukan aktivitas menyenangkan

7 Tips Jitu Menyingkirkan Rasa Bosan terhadap PekerjaanUnsplash.com/Felix Rostig

Di tengah rasa bosan dengan pekerjaan, jangan lupa untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan. Di antaranya menekuni kegemaranmu atau menemukan hobi baru. Jangan terus kuras energimu dalam pekerjaan.

Kembalikan suasana hati dan motivasimu dalam bekerja dengan mencoba untuk melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan ini. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba?

6. Tidur malam yang cukup

7 Tips Jitu Menyingkirkan Rasa Bosan terhadap PekerjaanPexels.com/Andrea Piacquadio

Saat kamu memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari, kamu pasti tidak akan merasa mengantuk atau lemas keesokan harinya. Saat pikiranmu fresh, otomatis kamu lebih siap menjalani hari. Dengan begitu kamu tak akan lagi dilanda rasa bosan karena pekerjaan bukan?

Jadi, usahakan untuk tidur malam yang cukup. Usahakan untuk menyingkirkan beberapa gangguan seperti gadget yang akan mempengaruhi jam tidurmu. Jangan menyentuh gadget saat kamu akan tidur, ya.

7. Cari tahu penyebab masalah utama kebosananmu

7 Tips Jitu Menyingkirkan Rasa Bosan terhadap PekerjaanUnsplash.com/Anthony Tran

Cari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab atau masalah utama kebosananmu. Lalu, renungkan cara untuk memperbaiki hal tersebut. Bila masih bisa diperbaiki, perbaikilah terlebih dahulu agar kamu termotivasi kembali untuk bekerja.

Bila sudah menemui jalan buntu, segera pikirkan untuk resign dan mencari pekerjaan baru yang sesuai dengan passionmu. Pastikan pula untuk tak membuat keputusan saat kondisimu benar-benar kacau, agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

 

Itulah tadi beberapa tips jitu menyingkirkan rasa bosan terhadap pekerjaan. Semoga rasa bosan yang kamu alami dapat segera teratasi sehingga kamu bisa bangkit dan bekerja kembali.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Burnout Ketika Bekerja, Jangan Dianggap Remeh!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya