Comscore Tracker

5 Alasan Logis Mengapa Penting Menentukan Prioritas di Tempat Kerja 

Bisa melatih dirimu untuk kerja secara cerdas, lho! 

Banyak pekerjaan yang harus kamu lakukan di tempat kerja, tapi jika kamu tidak membuat daftar prioritas dalam melakukan suatu pekerjaan, maka pekerjaanmu akan sulit untuk terselesaikan secara cepat dan akan ada banyak pekerjaan yang tertunda. Oleh karena itu, penting untuk kamu membuat daftar prioritas di tempat kerja.

Nah, kali ini akan ada ulasan mengenai lima alasan mengapa penting bagi kamu untuk menentukan prioritas di tempat kerja. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Meningkatkan fokus pada pekerjaan 

5 Alasan Logis Mengapa Penting Menentukan Prioritas di Tempat Kerja Unsplash/Wes Hicks

Telah menjadi hal yang biasa bagi para pekerja untuk menghadapi berbagai pekerjaan dengan spesifikasi berbeda-beda. Atasan pun tidak lagi meminta hasil kerja yang cepat, namun juga detail dan tentunya memiliki kualitas yang terbaik.

Oleh karena itu, agar bisa mempertahankan tingkat fokus pada setiap tugas yang diberikan, menentukan prioritas pekerjaan wajib untuk dilakukan. Ingat! Untuk selalu menempatkan hal-hal yang penting, mendesak dan butuh banyak waktu maupun konsentrasi, di daftar teratas yang akan melatih fokusmu. Sehingga, bukan hanya bekerja dengan lebih efektif tapi juga meningkatkan produktivitas.

2. Melatih kerja cerdas  

5 Alasan Logis Mengapa Penting Menentukan Prioritas di Tempat Kerja Unsplash/LinkedIn Sales Navigator

Work smarter, not harder. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar ungkapan tersebut, yang memfokuskan pada bekerja dengan lebih efektif tanpa harus menguras tenaga maupun waktu yang kamu miliki.

Cobalah untuk menyusun daftar prioritas dari pekerjaan yang paling penting. Mulailah dari alokasi waktu untuk mencegah pekerjaan yang terus tertunda, hingga mencatat hal-hal yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas.

Baca Juga: Bikin Lebih Produktif, Ini 7 Barang yang Wajib Ada di Meja Kerja

3. Menjaga level kreativitas 

5 Alasan Logis Mengapa Penting Menentukan Prioritas di Tempat Kerja Unsplash/Brooke Cagle

Memang terkadang beban pekerjaan yang terlalu besar dapat menimbulkan stres dan menyebabkan jalur kreativitas menjadi buntu. Dengan kamu mengetahui daftar tugas apa saja yang harus diselesaikan di hari itu, sangat mungkin sekali pikiranmu jadi lebih jernih dan memberi kesempatan untuk berpikir out of the box. Selain itu, dengan membuat daftar prioritas secara rutin, tentunya akan membantumu membentuk rutinitas yang baik dan meningkatkan kreativitas.

4. Menyeimbangkan kerja dan urusan pribadi 

5 Alasan Logis Mengapa Penting Menentukan Prioritas di Tempat Kerja Unsplash/Brooke Cagle

Apakah dirimu pernah merasa bahwa hidupmu hanya untuk bekerja dan bekerja? Bila kamu pernah berpikir seperti itu, maka kamu termasuk ke dalam orang yang cenderung kesulitan menentukan apa yang menjadi prioritas. Mulailah untuk mengubah kebiasaan buruk ini dengan memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan dan kapan hal itu perlu dilakukan.

Dengan begitu, selain dapat mengurangi stres, hal tersebut juga bisa mencegahmu menunda atau bahkan melupakan pekerjaan penting. Setelah dirimu berkonsentrasi pada pekerjaan dan menyelesaikannya dengan baik, kamu dapat pulang tepat waktu bahkan lebih cepat dari biasanya dan fokus kepada kehidupan pribadimu, menyenangkan bukan?

5. Meningkatkan kepercayaan diri  

5 Alasan Logis Mengapa Penting Menentukan Prioritas di Tempat Kerja Unsplash/You X Ventures

Saat kamu mencentang kotak atau mencoret item dari daftar prioritas tugas di hari tertentu, pastinya kamu akan merasakan kebahagiaan dan kepuasan tersendiri. Meskipun dianggap sepele, namun hal ini dapat membantu membangun kepercayaan diri, lho! Karena dirimu akan merasa bangga telah berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik.

Oleh karena itu, jika kamu terbiasa menyusun daftar prioritas dan berkomitmen untuk menyelesaikannya, maka akan mempersiapkanmu dalam menetapkan tujuan yang lebih besar, lebih baik dan mengambil lebih banyak lagi tanggung jawab.

Yuk, jangan tunda lagi untuk membuat daftar prioritas di tempat kerja, agar kerjaanmu gak menumpuk dan dapat selesai dengan tepat waktu. Semoga dapat bermanfaat, ya!

Baca Juga: Punya Pekerjaan Sampingan? Ini 5 Tips Atur Waktu agar Tidak Keteteran

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya