Comscore Tracker

Punya Pekerjaan Sampingan? Ini 5 Tips Atur Waktu agar Tidak Keteteran

Jangan sampai melupakan pekerjaan utama

Siapa nih dari kalian yang ingin memiliki pekerjaan sampingan? Mempunyai pekerjaan sampingan selain dapat membantu menambah pemasukan, juga sebagai ajang untuk menyalurkan hobi atau keterampilan, hingga cara untuk me-refresh pikiran dari penatnya pekerjaan utama.  

Namun ternyata memiliki pekerjaan tambahan di samping pekerjaan utama tidak mudah lho. Kita harus pandai dalam mengatur waktu dan menentukan skala prioritas supaya pekerjaan tersebut tidak keteteran. Sebab jika tidak bisa mengatur waktu dengan baik akibatnya kualitas pekerjaan yang dihasilkan menjadi menurun. Maka dari itu simak 5 tips atur waktu agar pekerjaanmu tidak keteteran berikut ini.

1. Buatlah skala prioritas

Punya Pekerjaan Sampingan? Ini 5 Tips Atur Waktu agar Tidak Keteteranpexels.com/fotografierende

Memiliki pekerjaan lebih dari satu penting kiranya untuk membuat skala prioritas. Tulis mana daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu dan mana deadline pekerjaan yang paling urgent, sehingga kamu akan tahu pekerjaan apa yang menuntutmu untuk segera diselesaikan. Selain itu dengan membuat skala prioritas waktumu akan lebih terjadwal dan dapat menghindari tumpukan pekerjaan. 

2. Jangan menunda pekerjaan

Punya Pekerjaan Sampingan? Ini 5 Tips Atur Waktu agar Tidak Keteteranpexels.com/Andrea Piacquadio

Tips yang paling penting yaitu jangan menunda-nunda pekerjaan. Ketika memutuskan memiliki pekerjaan sampingan, kamu harus berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik yang tentunya tanpa melupakan pekerjaan utama. Jangan menunda apalagi meremehkan pekerjaan yang sudah diberikan, karena hanya akan membuat pekerjaan semakin banyak dan menumpuk. 

3. Jangan lupa untuk mencicil pekerjaanmu

Punya Pekerjaan Sampingan? Ini 5 Tips Atur Waktu agar Tidak Keteteranunsplash.com/ Anete Lūsiņa

Di situasi ini kita dituntut untuk memiliki pengaturan waktu yang baik. Sekiranya kamu memiliki waktu luang alangkah baiknya mulai menyicil pekerjaan tersebut satu demi satu, supaya beban pekerjaan besok bisa lebih ringan. Jangan menumpuk pekerjaan, karena akan membuat tugasmu tidak kunjung selesai dan tidak bisa kamu selesaikan dengan baik. 

Baca Juga: Layak Dicoba, 5 Profesi Sampingan Ini Bisa Menambah Penghasilanmu 

4. Membuat jadwal kegiatan

Punya Pekerjaan Sampingan? Ini 5 Tips Atur Waktu agar Tidak Keteteranunsplash.com/Bench Accounting

Jika selama ini kamu bekerja di kantor tidak pernah menyusun jadwal kegiatan, sekarang waktu yang tepat untuk membuat jadwal kegiatan mengingat kamu memiliki pekerjaan sampingan. Buat jadwal jam berapa kamu berangkat dan pulang kantor, jadwal lembur, dan jadwal deadline pekerjaan. Supaya waktu yang kamu miliki jadi lebih terarah. Jadi, atur dan rinci kembali jadwalmu. 

5. Jangan berlebihan, terimalah pekerjaan sampingan satu per satu

Punya Pekerjaan Sampingan? Ini 5 Tips Atur Waktu agar Tidak KeteteranUnsplash.com/Bonnie Kittle

Nah, tips terakhir yaitu jangan tamak dengan menerima banyak pekerjaan sampingan dalam satu waktu sekaligus. Meskipun hal itu menambah banyak penghasilan, namun tentunya akan banyak waktu juga yang harus kamu korbankan. 

Maka dari itu terimalah pekerjaan satu per satu dan sesuai dengan kemampuan, supaya kamu memiliki waktu untuk sekadar istirahat, me time, atau berkumpul dengan keluarga. 

Itu dia 5 tips mengatur waktu antara pekerjaan utama dengan sampingan supaya kamu tidak keteteran. Ingat ya uang itu bisa dicari, maka jangan biarkan kebahagiaan dan waktumu terenggut untuk sebatas memperkaya materi. 

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga di Rumah 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya