Comscore Tracker

5 Tips Membuat Nama Pena untuk Penulis Pemula

Cocok untuk kamu yang ragu dengan nama asli

Seorang penulis tentu saja mempunyai nama yang harus dipublikasikan sebagai penanda di sebuah karya tulisnya. Entah itu untuk keperluan pencantuman di cover buku, personal branding, atau bahkan sekadar nama samaran supaya lebih dikenal. Ada banyak alasan seorang penulis ingin memakai nama pena itu sendiri. 

Nama pena akan menjadi sebuah keunikan, atau bahkan ciri khas supaya lebih mudah dibedakan dengan penulis lain. Sesuai dengan namanya, terkadang nama pena ini bisa saja diambil menggunakan kata yang sangat jauh dari nama asli. Kalau kamu penulis pemula yang belum mempunyai nama pena, yuk tentukan sekarang juga dengan menerapkan kelima tips berikut!

1. Tentukan nama pena yang mudah diingat

5 Tips Membuat Nama Pena untuk Penulis Pemulailustrasi berpikir (pexels.com/Michael Burrows)

Nama pena tidak perlu panjang dan ribet. Hal ini supaya nama pena kamu lebih cepat diingat dan terdengar tidak asing di telinga pembaca. Apalagi jika kamu penulis baru yang memulai suatu karya sederhana. Hindari menggunakan kata asing yang sulit dimengerti, atau bahkan terlalu panjang.

Kamu juga bisa menggunakan nama inisial yang dihubungkan dengan beberapa kegemaran. Tentukan saja nama penamu sesuai hobi, atau hal yang kamu senangi. Tentunya semua itu tergantung pada kreativitas masing-masing, ya. Memperbanyak riset juga bisa kamu coba untuk memperkaya kosa kata.

2. Pastikan Nama pena belum pernah digunakan penulis lain

5 Tips Membuat Nama Pena untuk Penulis Pemulailustrasi membaca buku (unsplash.com/Joel Muniz)

Nama pena bisa juga dijadikan sebagai suatu kode unik. Di mana, nama pena setiap penulis tidak ada yang sama. Hal ini bisa mengakibatkan multitafsir pada pembaca yang masih awam. Apalagi, jika nama pena yang kamu gunakan terinspirasi dari penulis lain, namun tetap memodifikasi sedikit beberapa hal di dalamnya. 

Gunakan karaktermu sendiri, carilah nama pena yang belum pernah ada sebelumnya. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk memeriksa apakah pilihanmu sudah sesuai atau ada yang mengunakan. Harus teliti dan hati-hati, ya. Meskipun terkesan sepele, namun ini sangat penting untuk diperhatikan.

3. Sesuaikan nama pena yang relevan dengan karya tulisanmu

5 Tips Membuat Nama Pena untuk Penulis Pemulailustrasi menulis (unsplash.com/Fa Barboza)

Ada banyak jenis tulisan yang sudah beredar. Mulai karya fiksi maupun non-fiksi. Saat memilih nama pena yang sesuai, tentu saja kamu harus mengenali dirimu sendiri lebih dahulu. Kira-kira genre apa yang paling menonjol dan kamu kuasai. Jangan asal-asalan, ya. 

Karena nantinya, nama pena ini sangat mempengaruhi daya tarik pembaca. Sudah dipastikan jika pembaca ingin membaca suatu karya, pasti akan diperhatikan siapa penulisnya terlebih dahulu. Tidak ada salahnya menggunakan nama pena, asalkan harus tepat penggunaan dan sasarannya!

Baca Juga: 7 Sahabat Pena Kartini, Ada Warga Belanda hingga Jerman

4. Jangan lupa memilih nama pena yang mengandung makna

5 Tips Membuat Nama Pena untuk Penulis Pemulailustrasi berdoa (unsplash.com/Patrick Fore)

Betapa berartinya sebuah nama, sampai sangat perlu untuk memilah nama yang paling berarti. Nama pena itu sendiri juga bisa kamu jadikan sebuah doa. Kamu boleh mengambil dari beberapa bahasa, dengan makna yang kamu ketahui. Penggunaan kata asing itu sendiri juga bisa kamu sesuaikan. 

Beberapa pilihan bisa kamu coba dengan bahasa Indonesia, bahasa Sanskerta, atau bahkan bahasa Arab sekalipun. Karena sebuah doa dan harapan, adalah langkah awal untuk mencapai tujuan yang kamu maksud. Mungkin saja, pemilihan nama pena adalah langkah awal dari segalanya.

5. Gunakan diksi yang unik, namun tidak berlebihan

5 Tips Membuat Nama Pena untuk Penulis Pemulailustrasi membawa buku (unsplash.com/Melanie Deziel)

Diksi adalah pilihan kata yang kamu bisa gunakan sesuai kebutuhan. Ada banyak diksi yang unik dan menarik, juga mengandung makna. Namun, kamu harus lebih berhati-hati sebelum menggunakannya. Jangan menggunakan diksi yang terlalu rumit sehingga sulit untuk dimengerti. Ada banyak diksi sederhana yang bisa kamu coba dan terapkan.

Kamu juga bisa memberikan imbuhan lain untuk mempermanis nama pena. Selanjutnya, untuk panjang nama pena juga harus sesuai. Kamu bisa menyusun nama pena dari satu sampai tiga kata. Jangan terlalu panjang, ya! Memilih dan menyusun nama pena memang tidak terlalu mudah. Apalagi, nantinya ini akan kamu gunakan untuk jangka panjang. 

Sama seperti nama asli, nama pena adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap penulis. Meskipun ada beberapa penulis yang lebih percaya diri dengan nama aslinya sendiri. Bagi kamu yang mempunyai nama asli dengan kesamaan banyak orang, mungkin nama pena bisa kamu jadikan alternatif pilihan. Jadi, apa nama pena kamu saat ini?

Baca Juga: 10 Nama-nama Buah dalam Bahasa Hindi, Yuk Pelajari!  

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya