Comscore Tracker

5 Tips agar Cerita Wattpad Kamu makin Ramai Pembaca

Bisa dapatkan sampai jutaan pembaca

Siapa yang tak kenal dengan Wattpad? Platform menulis yang satu ini cukup ramai diminati baik para penulis maupun pembaca. Platform ini berisi karya-karya keren dari beberapa negara. Indonesia merupakan salah satu pengguna yang cukup banyak menggunakan aplikasi ini.

Banyak tulisan di Wattpad yang di adaptasi ke dalam bentuk novel dan menjadi bestseller. Tidak hanya itu, bahkan cukup banyak yang juga diadaptasi menjadi film maupun series. Nah, untuk kamu yang sedang berusaha menulis di platform ini, berikut adalah deretan tips supaya cerita Wattpad-mu semakin ramai.

1. Tentukan judul cerita yang menarik

5 Tips agar Cerita Wattpad Kamu makin Ramai Pembacailustrasi judul buku (pexels.com/Lisa)

Sama seperti ketika kita ingin membeli suatu produk. Tentu hal pertama yang kita selidiki adalah mereknya. Nah, kalau kita ibaratkan merek ini ke dalam cerita sama saja dengan judul. Ketika judul yang kita buat unik dan menarik, pasti siapa saja akan merasa penasaran. 

Kemungkinan besar ceritamu akan dikunjungi oleh banyak orang. Entah itu hanya sampai di pembukaan, atau bahkan ada yang membaca sampai akhir cerita. Jadi, sebisa mungkin isi cerita kamu juga tidak membosankan, ya. 

2. Gunakan sampul yang mewakili isi cerita dan unik

5 Tips agar Cerita Wattpad Kamu makin Ramai Pembacailustrasi sampul buku menarik (pexels.com/Lisa)

Kalau judulnya sudah bagus dan menarik perhatian, maka kamu harus membuat sampul yang juga keren. Karena selain orang yang akan membaca melirik judul, mereka juga akan memeriksa sampul yang ada. Gunakan sampul dengan kualitas bagus dan tidak buram. 

Namun, jika kamu tidak lihai perihal desain dan malas membuat sampul sendiri, ada banyak solusi. Coba kamu pesan ke mereka yang menyediakan jasa pembuatan sampul. Jadi, tidak perlu khawatir lagi. Kamu cukup menyiapkan biaya untuk menebus sampul kece nantinya. Tentu sesuai kerumitan yang kamu pesan, ya. 

3. Jangan mengangkat tema yang pasaran, tulis sesuai kemampuan

5 Tips agar Cerita Wattpad Kamu makin Ramai Pembacailustrasi mencari ide menulis (pexels.com/Monstera)

Banyak dari mereka memilih untuk menulis cerita yang akhir-akhir ini sedang viral. Tema yang diangkat juga hampir sama. Tentu hal ini akan menjadikan cerita mereka saling bersaing. Padahal, masih banyak ide dan tema yang bisa digunakan untuk merangkai sebuah cerita. 

Tidak masalah jika ingin mengikuti trend, namun harus tetap menggunakan gaya bercerita yang khas. Tapi, semua kembali lagi terhadap apa yang ingin kamu sampaikan. Sebisa mungkin cobalah untuk menulis hal-hal unik dan genre yang sesuai kemampuanmu. 

Baca Juga: IWF 2021: 5 Trik Menulis Artikel yang Dilirik Pembaca, Harus Menarik!

4. Rajin update bab baru dan buat jadwal tersendiri

5 Tips agar Cerita Wattpad Kamu makin Ramai Pembacailustrasi konsultasi (pexels.com/Anna Shvets)

Sudah dipastikan kalau kamu sering update maka ceritamu akan sering muncul di permukaan. Artinya, semakin rutin kamu mempublikasikan bab baru, besar kemungkinan ceritamu akan semakin ramai. Cobalah membuat jadwal update tersendiri, bisa seminggu sekali, tiga hari sekali, bahkan setiap hari. 

Ini bisa saja kamu praktekkan ketika kamu benar-benar paham dengan alur ceritamu. Sederhananya, semakin sering kamu update, itu jadi peluang besar untuk ceritamu masuk di beranda pembaca. Kamu juga harus berinteraksi dengan mereka melalui membalas komentar yang ditinggalkan pembaca di ceritamu. 

5. Rajin mempromosikan cerita

5 Tips agar Cerita Wattpad Kamu makin Ramai Pembacailustrasi mahasiswa kuliah (pexels.com/ Gustavo Fring)

Sebagus apapun ceritamu, kalau kamu tidak mempromosikannya itu akan sama saja. Sama seperti ketika kamu berjualan, bagaimana jualan kamu bisa laku kalau tidak ada yang tau mengenai apa yang sedang kamu jual. Begitu juga ceritamu, semakin rajin kamu promosi maka semakin besar peluang ceritamu dikunjungi. 

Kamu bisa membuat video promosi atau bahkan kutipan yang didesain semenarik mungkin. Bisa juga kamu buat spoiler yang menjadikan pembaca penasaran. Banyak media sosial yang bisa kamu manfaatkan, seperti TikTok, Instagram, YouTube, atau bahkan WhatsApp. 

Kalau kamu punya tips lain, yuk, bagikan di kolom komentar. Semoga setelah ini ceritamu menjadi ramai, ya. Namun, seberapa banyak pembaca yang kamu dapatkan, yang paling penting adalah caramu membuat karya yang berkualitas dan tentunya bermanfaat. 

Baca Juga: 9 Rekomendasi Web Series Bertema Anak SMA yang Diadaptasi dari Wattpad

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad: @Latteaz, Channel Youtube: Catatan Bungsu, dan Tiktok: @Latteaz18

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya