Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Prioritas Utamamu Bukanlah Diri Sendiri

Jadi susah bahagia, kan?

Memiliki prioritas adalah sesuatu yang wajib banget. Sebab, kita jadi bisa mengerjakan sesuatu sesuai dengan apa yang diprioritaskan. Dalam menjalani keseharian pun, kita jadi lebih terarah dan tahu apa yang harus didahulukan dibanding hal lainnya. Prioritas harus dibuat dengan berbagai pemikiran dan pertimbangan yang gak main-main. Salah dalam menentukan prioritas bisa bikin semuanya jadi ambyar. 

Namun, apa pun yang kita prioritaskan dalam hidup, diri sendiri tentu harus jadi yang utama. Entah itu dalam urusan pekerjaan, hiburan, kebahagiaan, dan lain sebagainya. Sebab, kalau gak, lima kerugian berikut bisa jadi akan kamu rasakan, Guys. Yuk simak. 

1. Kehilangan jati diri

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Prioritas Utamamu Bukanlah Diri Sendiriilustrasi orang berpikir (pexels.com/Yan Krukov)

Meski terdengar kurang masuk akal, gak menjadikan diri sendiri sebagai prioritas memang bisa bikin kita kehilangan jati diri. Kita jadi lupa apa yang benar-benar kita inginkan, apa yang kita sukai, tujuan hidup kita, dan lain sebagainya. Intinya, kita gak lagi menganggap diri ini penting. 

Kalau sudah begini, tentunya kita akan mulai kehilangan arah dan jadi melupakan banyak hal soal diri sendiri. Jangan heran jika di kemudian hari kita akan menyesalinya. 

2. Susah merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Prioritas Utamamu Bukanlah Diri Sendiriilustrasi orang berpikir (pexels.com/EKATERINA)

Sebab gak menjadikan diri sendiri sebagai prioritas, kita juga jadi kesulitan dalam menemukan kebahagiaan. Semua yang kita lakukan hanya untuk orang lain, sementara orang lain gak pernah benar-benar menganggap kita sepenting itu.

Ingat, satu-satunya orang yang bisa membuat kamu bahagia adalah dirimu sendiri. Jadi jangan pernah ragu untuk menempatkan dirimu dalam daftar nomor satu prioritas hidupmu. 

Baca Juga: 6 Prioritas Hidup Pria Dewasa, Cewek Wajib Tahu Nih!

3. Jadi gampang berekspektasi

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Prioritas Utamamu Bukanlah Diri Sendiriilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/cottonbro)

Mengutamakan orang lain selain diri sendiri dalam urutan prioritas bikin kita gampang berekspektasi. Berbagai harapan jadi kita sematkan pada orang tersebut dan dengan mudahnya mengecewakan kita. Sebab, berharap dengan orang lain bukan sesuatu yang dianjurkan. 

Terutama jika orang itu jelas-jelas gak memprioritaskan kita. Ini sih pasti akan berakhir gak menyenangkan. 

4. Tujuan hidupmu gak terarah dengan baik

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Prioritas Utamamu Bukanlah Diri Sendiriilustrasi orang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika dari awal kita sudah gak menganggap diri ini penting, maka berbagai hal yang kita lakukan bukan lagi untuk diri sendiri.

Dampaknya, kita akan melupakan tujuan hidup yang selama ini kita tetapkan. Sehingga, akan ada banyak hal yang mulai terbengkalai. Hidup pun jadi gak jelas arahnya. 

5. Mood swing yang bikin orang lain kebingungan

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Prioritas Utamamu Bukanlah Diri Sendiriilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Anna Shvets)

Diri sendiri dinomor sekiankan juga akan bikin mood jadi bergantung pada hal lain di luar diri kita. Entah itu orang lain, hasil pekerjaan kita, menu makanan hari ini, dan lain sebagainya. Hal-hal yang terlihat remeh ini bisa berpengaruh besar dalam bagaimana kita memandang hari itu. 

Padahal, jika kita mampu memprioritaskan diri sendiri, kebahagiaan dan energi positif adalah sesuatu yang bisa kita kendalikan dan pertahankan dalam diri. 
Coba deh sekarang kita tanyakan pada diri sendiri, apakah selama ini prioritas kita adalah diri sendiri? Apakah selama ini kita sudah mampu menjadikan diri sendiri sebagai orang yang paling utama dalam hidup kita? Kalau belum, segera perbaiki sebelum kita semakin larut dalam lima hal yang disebutkan di atas, ya. 

Baca Juga: 5 Kiat Menekan Perilaku Konsumtif, Dahulukan Prioritas!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya