Comscore Tracker

5 Cara Meningkatkan Konsentrasi saat Bekerja agar Pikiran Gak Buyar 

Supaya kamu gak hilang fokus 

Saat kamu sedang mempunyai banyak hal yang harus dikerjakan dan diselesaikan, entah itu tugas kuliah atau pekerjaan di kantor, tentu membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Ketika kamu sedang fokus-fokusnya, gak jarang pula tiba-tiba semua buyar begitu saja. Pikiranmu teralihkan oleh berbagai hal, seperti ada chat masuk dari gebetan atau iseng membuka media sosial yang gak terasa sudah berjam-jam lamanya.

Nah, inilah sebabnya mengapa kebiasaan menunda, sebaiknya kamu hilangkan agar kamu tetap bisa fokus bekerja. Untuk kamu yang sering mengalami gagal fokus saat mengerjakan sesuatu atau yang lainnya. Coba lakukanlah lima cara berikut untuk meningkatkan konsentrasimu saat bekerja.

1. Cari tahu hal apa saja yang membuat kamu hilang fokus 

5 Cara Meningkatkan Konsentrasi saat Bekerja agar Pikiran Gak Buyar ilustrasi memegang ponsel (pexels.com/Michael Burrows)

Langkah pertama untuk meningkatkan konsentrasi adalah mencari tahu dulu hal apa saja yang sering membuatmu sulit berfokus. Misalnya, pikiranmu sering teralihkan oleh suara chat masuk di grup HP-mu. Kamu bisa bisukan dulu suara grup tersebut.

Kalau perlu simpan dulu HP kamu sementara sampai pekerjaanmu benar-benar selesai dengan baik. Karena jika gak begitu, kamu akan tergoda untuk terus-menerus membuka HP dan mengintip chat tersebut. Inilah yang menyebabkan kamu gak pernah bisa tuntas dalam menyelesaikan tugas atau proyek pekerjaan. Selalu saja tergoda untuk mengecek HP kamu.

2. Menyendiri itu juga perlu 

5 Cara Meningkatkan Konsentrasi saat Bekerja agar Pikiran Gak Buyar ilustrasi bekerja sendiri sambil mendengarkan musik (pexels.com/Verschoren Maurits)

Siapa bilang menyendiri membuat kamu kesepian? Gak selalu buruk, kok. Malah dengan kamu menyendiri, tingkat konsentrasi agar bisa fokus saat bekerja akan meningkat, lho. Cara ini bertujuan untuk menghindarkan kamu dari gangguan yang ada di sekitarmu.

Pilih tempat yang tenang dan nyaman untuk bekerja. Misalnya, kamu bisa mengerjakan tugas atau proyek pekerjaan di kamar yang sudah tertata rapi atau di taman yang gak terlalu ramai pengunjung dan lokasi lainnya yang sekiranya bisa membuat kamu berkonsentrasi. Nah, untuk kamu yang suka musik, bisa juga dengan mendengarkan musik favorit kamu. Mendengarkan musik juga ampuh untuk meningkatkan konsentrasi.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi Serta Fokus dari Pakar

3. Selesaikan satu pekerjaan terlebih dulu 

5 Cara Meningkatkan Konsentrasi saat Bekerja agar Pikiran Gak Buyar ilustrasi fokus bekerja (pexels.com/cottonbro)

Multitasking itu memang bagus, karena bisa mengerjakan banyak hal sekaligus tentu akan menghemat waktu dan lainnya. Namun, untuk kamu yang belum begitu terlatih seperti itu, justru hal tersebut dapat membuatmu gagal fokus. Memang sangat efektif dalam sisi waktu, namun pikiranmu malah bisa berantakan. Oleh karena itu, jangan memaksakan otakmu untuk selalu berpikir pada beberapa hal yang berbeda.

Ketika pikiran kamu dipaksa memikirkan banyak hal secara bersamaan, bisa saja yang terjadi malah gagal fokus dan ini menyebabkan kamu melakukan kesalahan pada setiap pekerjaan tersebut. Jika memang banyak yang harus dikerjakan, cobalah atur waktu kembali mana yang lebih mendesak dan penting, itulah yang kamu kerjakan terlebih dulu.

4. Fokus dulu pada apa yang sedang kamu kerjakan

5 Cara Meningkatkan Konsentrasi saat Bekerja agar Pikiran Gak Buyar ilustrasi menggambar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat sedang bekerja atau mengerjakan tugas, sebaiknya berkonsentrasilah pada masa sekarang. Gak perlu merenungkan masa lalu saat kamu melakukan kesalahan dan gak perlu juga terlalu memikirkan serta khawatir tentang masa depan, atau memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang belum tentu terjadi.

Itu jelas akan mengaburkan fokus kamu saat bekerja, sebaiknya cobalah fokus dulu saja pada apa yang sedang kamu kerjakan saat ini. Teruslah berlatih untuk bisa memusatkan perhatian hanya pada apa yang sedang kamu kerjakan. Jika satu hal sudah selesai, barulah kamu bisa melanjutkan untuk mengerjakan tugas yang lainnya, dan seterusnya sampai semua selesai dengan baik.

5. Cobalah menenangkan pikiran 

5 Cara Meningkatkan Konsentrasi saat Bekerja agar Pikiran Gak Buyar ilustrasi menenangkan diri (pexels.com/Anete Lusina)

Untuk menenangkan pikiran, kamu bisa melakukan meditasi atau olahraga yoga. Cara ini ampuh dan efektif untuk meningkatkan fokus, baik saat belajar maupun bekerja. Jadi, kamu yang selama ini sulit berkonsentrasi, cobalah cara satu ini di rumah atau di mana saja juga bisa.

Selain meditasi dan olahraga yoga, cara untuk menenangkan diri lainnya adalah melakukan teknik pernapasan. Tariklah napas dalam-dalam, kemudian embuskan secara perlahan. Lakukan secara berulang-ulang dan rutin setiap hari, agar pikiran segar dan gak buyar.

Ada hal lain juga yang perlu kamu ketahui bahwa penyebab pikiran buyar dan sulit berkonsentrasi itu gak semata karena faktor gangguan dari luar saja. Namun, bisa saja penyebabnya adalah faktor dari dalam diri, seperti kelelahan, rasa khawatir, sedih, tertekan dan hal-hal lainnya yang ada dalam diri kamu.

Kelima cara di atas bisa kamu gunakan untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Dan jangan lupa juga menyempatkan diri beristirahat yang cukup, ya. Ketika faktor luar dan dalam diri sudah seimbang, maka konsentrasi pun dapat meningkat dan pekerjaan juga terselesaikan dengan baik.

Baca Juga: 5 Hal Ini Merusak Konsentrasi saat Bekerja, Hindari Biar Tetap Fokus

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya