Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melakukan Pekerjaan Sesuai Hobi

Jangan dianggap remeh!

Bisa dibilang, bekerja sesuai hobi adalah impian banyak orang. Gimana gak, pekerjaan yang seringkali menjadi beban bagi banyak orang, pasti jadi akan terasa lebih ringan dan mudah bagi orang yang menekuni hobinya sebagai pekerjaan. Tapi jangan salah nih, guys. Orang yang menekuni hobinya sebagai sebuah pekerjaan, justru lebih gampang terjebak dalam kesalahan-kesalahan yang gak seharusnya.

Biasanya sih lima kesalahan berikut ini menjadikan orang yang bekerja sesuai hobinya akan terjebak dalam zona nyaman dan gak mampu berkembang. Yuk kita hindari.

1. Menganggap remeh dan cenderung menyepelekan pekerjaannya

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melakukan Pekerjaan Sesuai HobiPexels.com/bruce mars

Orang yang bekerja sesuai dengan hobi sangat gampang terjebak dalam kesalahan satu ini nih. Yaitu gampang menyepelekan pekerjaan yang sedang ditekuni. Karena gak perlu melakukan usaha yang besar saat bekerja, serta sudah terbiasa dan selalu mengerjakan hal yang sama berkali-kali, tentunya rasa menyepelekan itu akan muncul dalam benaknya.

2. Enggan mengembangkan diri dan terjebak dalam zona nyaman

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melakukan Pekerjaan Sesuai Hobipexels.com

Selanjutnya, orang yang menekuni hobinya sebagai pekerjaan, juga akan sangat gampang terjebak dalam zona nyaman. Merasa bahwa dia sudah sangat ahli dalam hal tersebut, kemudian mengarahkannya untuk enggan mengembangkan sesuatu yang baru. Alhasil, dia akan susah berkembang dan sangat mungkin jadi ketinggalan zaman.

Untuk itulah, penting bagi mereka yang menjadikan hobinya sebagai pekerjaan untuk terus menantang dirinya berinovasi lebih. Mencoba hal baru yang sesuai trend dan mengombinasikannya dengan apa yang sudah dia kuasai pasti akan membuatnya lebih maju dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Hobi Makan? Ini 6 Cara untuk Hasilkan Uang dari Hobi Paling Enak Ini!

3. Memandang rendah orang lain yang bekerja gak sesuai hobi

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melakukan Pekerjaan Sesuai Hobithejakartapost.com

Kesombongan adalah sesuatu yang sangat rentan menyerang orang yang menekuni hobinya sebagai pekerjaan yang menghasilkan. Dia sangat mungkin akan tinggi hati karena merasa mampu memiliki penghasilan hanya dengan melakukan hal-hal yang dia sukai. Makanya, kita semua sangat dianjurkan untuk mengurangi kesombongan dalam diri dan tau bahwa masih banyak orang lain yang juga lebih hebat dari kita.

4. Mulai malas-malasan karena munculnya rasa bosan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melakukan Pekerjaan Sesuai Hobipexels/Andrew Neel

Bekerja sesuai hobi juga rentan terhadap rasa bosan. Apalagi, dia harus melakukan hal yang sama selama berhari-hari, berminggu-minggu, hingga bertahun-tahun. Belum lagi kalau pekerjaan tersebut sudah gak lagi mengandung tantangan apa-apa. Ini juga lah yang menjadikan pentingnya sebuah inovasi dan hal baru dalam hobi yang kita tekuni sebagai pekerjaan tersebut.

5. Gak mempersiapkan tabungan masa depan karena merasa akan bisa bekerja selamanya

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melakukan Pekerjaan Sesuai Hobiunsplash.com/Francisco Gonzalez

Kesalahan yang sebenarnya sangat sering dilakukan oleh banyak orang adalah gak adanya persiapan untuk menghadapi masa depan. Perencanaan beberapa tahun ke depan harusnya sudah kita lakukan sejak saat ini karena gak ada yang tau berapa lama lagi kita bisa menekuni pekerjaan yang sama. Gak ada yang bisa menjamin hal ini, kan?

Gak bisa diragukan lagi, orang yang bekerja sesuai hobi pasti terlihat sangat beruntung. Meski begitu, mereka juga gak bisa terlepas dari kesalahan jika gak pandai mengelola bisnis dan pekerjaannya dengan baik. Jadi, siap memperbaiki diri dari sekarang?

Baca Juga: 5 Cara Mudah Agar Bisa Memahami dan Mengerti Hobi Pasangan, Coba Deh!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya