Comscore Tracker

6 Manfaat Bila Kamu Berkolaborasi, Sudah Gak Zamannya Kompetisi

Banyak karya besar tercipta dari kolaborasi

Di era yang serba canggih dan terhubung seperti saat ini, kita juga dituntut berkembang menyesuaikan zaman. Dibutuhkan keterampilan dan keuletan dalam menjawab tantangan yang ada sekarang.

Namun, itu semua tak cukup bila kita tak membuka diri dan berkolaborasi dengan orang lain. Pasalnya, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kolaborasi. Berikut ini adalah enam di antaranya.

1. Ide-ide baru bermunculan. Ini bermanfaat banget untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa

6 Manfaat Bila Kamu Berkolaborasi, Sudah Gak Zamannya Kompetisipixabay/StartupStockPhotos

Jika mengerjakan sebuah pekerjaan seorang diri, terkadang ada waktu di mana kita sangat buntu sehingga tak ada ide yang muncul. Berkolaborasi dengan orang lain, akan memudahkan kita memperoleh ide.

Banyaknya ide yang disuarakan, dapat dielaborasi menjadi sebuah jalan keluar dalam menuntaskan pekerjaan. Kamu gak perlu pusing lagi dan takut kalau kerjaan tidak dapat menghasilkan sesuatu yang maksimal.

2. Melatih kerjasama sebagai sebuah tim dam menyingkirkan rasa egois yang selama ini mengendap

6 Manfaat Bila Kamu Berkolaborasi, Sudah Gak Zamannya Kompetisiunsplash/mimithian

Berkolaborasi juga jadi sarana tepat untuk melatih diri agar tidak egois. Bekerja dengan banyak orang, membuatmu sebisa mungkin menahan ego agar tidak terkesan mendominasi.

Kolaborasi juga mengajarkan kita akan perbedaan dalam diri masing-masing individu. Hal ini sekaligus menyadarkan bahwa manusia adalah makhluk yang unik. Jadi, hargai perbedaan ya!

3. Kamu bisa belajar menghargai komitmen yang telah disepakati. Gak ada lagi yang namanya wacana

6 Manfaat Bila Kamu Berkolaborasi, Sudah Gak Zamannya Kompetisipexels.com/divinetechygirl

Bekerja bersama dengan orang lain, mengasah kita agar menepati janji. Jikalau sudah menyepakati suatu hal, maka menjadi kewajiban bersama untuk menaati. Apabila komitmen diterapkan, niscaya keberhasilan dalam menyelesaikan sebuah tugas dapat diperoleh dengan mudah.

Semakin terlatih menaati komitmen, kamu akan merasakan dampaknya untuk hidupmu sendiri. Itu karena kamu mulai disiplin mengatur waktu.

Baca Juga: Lakukan 5 Tips Ini Biar Kerja Kelompokmu Sukses

4. Beban kerja bisa dibagi sesuai kemampuan. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing

6 Manfaat Bila Kamu Berkolaborasi, Sudah Gak Zamannya Kompetisipexels/

Perbedaan kolaborasi dan kerja individu adalah pada beban yang harus ditanggung dalam menyelesaikan sebuah tugas. Jika dikerjakan sendiri, akan terasa sulit menuntaskannya. Namun bila dikerjakan bersama, maka beban akan terbagi. Tugas akan cepat kelar.

Yang diperlukan pada kolaborasi ialah kepercayaan dan koordinasi. Dua kunci inilah yang membuat kolaborasi menampakkan hasil yang oke.

5. Kolaborasi adalah wadah memperkaya pengalaman bekerja dalam sebuah kelompok. Jadi, kamu gak kaget kalau berada di kondisi yang sama

6 Manfaat Bila Kamu Berkolaborasi, Sudah Gak Zamannya Kompetisiunsplash/mimithian

Pengalaman selama berkerja bersama orang lain adalah bekal yang bernilai. Semua yang pernah dijalani, merupakan persiapan bila nantinya berada pada situasi serupa. Kita tidak akan kaget ketika menemukan beberapa masalah saat bekerja dengan orang baru.

Pengalaman ini akan menolong diri kita dan juga kelompok pada masa-masa krisis. Pepatah 'pengalaman adalah guru terbaik' memang benar adanya.

6. Menambah jejaring pertemanan. Awalnya cuma kerja bersama, ternyata jadi teman selamanya

6 Manfaat Bila Kamu Berkolaborasi, Sudah Gak Zamannya Kompetisipixabay/sasint

Berkolaborasi dengan orang baru, memang terasa canggung di awal. Seiring waktu, semuanya akan cair. Bahkan bukan tidak mungkin, akan menambah daftar pertemanan dalam hidupmu.

Pada akhirnya, meski tugas sudah tuntas, kamu dan kelompokmu akan terus menjaga hubungan. Juga, sesekali meluangkan waktu bertemu. Dari situlah, hubungan yang terjalin kian langgeng. Wah, menyenangkan ya?

Berkolaborasi bukanlah perkara membalikkan telapak tangan. Ada banyak rintangan selama kita bekerja dengan orang lain. Yang perlu diingat, kolaborasi akan membentuk pribadi kita menjadi lebih baik selama apa yang dijalankan adalah aktivitas yang positif. Berkolaborasilah selagi masih ada waktu!

Baca Juga: Mau Kerja Kelompok? Bersiaplah Bertemu Dengan 20 Tipe Orang Ini!

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Febriyanti Revitasari

Just For You