Comscore Tracker

Lakukan 5 Tips Ini Biar Kerja Kelompokmu Sukses

Supaya semua temanmu bisa berperan dengan baik

Satu di antara perbedaan kuliah dan sekolah adalah tugas kelompok saat kuliah lebih banyak. Hampir semua dosen memberikan tugas kelompok untuk para mahasiswanya di kelas.

Namun, permasalahan yang sering muncul dari tugas kelompok biasanya tugas dibebankan hanya kepada segelintir orang. Membuat pola belajar seperti ini sulit efektif dan justru menimbulkan masalah baru seperti rasa tidak suka kepada teman yang malas, merasa ditindas dan tidak semangat.

Buat kamu yang akan menghadapi hari-hari kuliah dengan tugas kelompok, cobalah tips berikut agar kegiatan tugas tersebut berjalan lebih lancar. Yuk, simak!

1. Pilihlah orang yang tegas dan serius sebagai ketua kelompok

Lakukan 5 Tips Ini Biar Kerja Kelompokmu Suksesunsplash/DawidZawila

Pemilihan ketua sangat berpengaruh. Itu sebabnya, kamu harus memilih ketua yang disegani, tegas dan adil. Ketua yang memiliki karakter tersebut akan mengontrol kelompok lebih baik dan tetap melakukan tugasnya secara proporsional.

2. Buatlah kesepakatan dan pembagian peran yang adil

Lakukan 5 Tips Ini Biar Kerja Kelompokmu Suksesunsplash/PricilladuPreez

Satu hal yang membuat tugas kelompok membosankan adalah pembagian peran yang tidak merata. Mereka merasa tidak dihargai. Itu sebabnya, hasilnya juga asal-asalan. Peran ketua kelompok sangat penting untuk mendorong potensi terbaik setiap anggotanya.

3. Mintalah semua anggota kelompok mempelajari konten tugas

Lakukan 5 Tips Ini Biar Kerja Kelompokmu Suksesunsplash/FilipBunkens

Penting bagia semua anggota kelompok mempelajari seluruh konten tugas agar pemahaman yang terbangun tidak sepotong-sepotong.

4. Bangun hubungan yang baik dengan semua teman kelompok

Lakukan 5 Tips Ini Biar Kerja Kelompokmu Suksesunsplash/rawpixel

Tanpa ada rasa persatuan, sebuah tim tidak akan merasa nyaman satu sama lain. Hubungan baik semuanya harus terbangun untuk memupuk semangat dalam penyelesaian tugas.

5. Peganglah prinsip saling membantu jika ada kesulitan

Lakukan 5 Tips Ini Biar Kerja Kelompokmu Suksesunsplash/Helloquence

Sebuah tim wajib saling bantu jika ada kesulitan yang dialami oleh salah satu anggotanya. Bukan malah membiarkan atau meremehkan. Saling membantu akan menciptakan kesolidan tim dan kerja kelompok jadi menyenangkan.

Nah, itulah trik-trik yang bisa kamu coba saat mendapat tugas kelompok. Semoga berhasil!

Uswatun Niswi Photo Verified Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya