Comscore Tracker

5 Hal Tidak Profesional yang Sering Dilakukan Millennial di Kantor

Kamu pernah lakuin gak?

Konon, millennial dianggap sebagai salah satu generasi yang mudah beradaptasi dan cepat akrab dengan tren terbaru. Di dalam dunia kerja, biasanya mereka bisa bertransformasi menjadi sosok yang sangat pekerja keras dan cenderung independen.

Namun, tak jarang mereka melakukan beberapa kesalahan yang sering dianggap sebagai tindakan kurang profesional. Bisa diantisipasi sebelum terjadi, berikut adalah beberapa contoh hal tidak profesional yang sering dilakukan millennial di kantor.

1. Kamu sering tidak fokus dalam bekerja karena kerap teralihkan oleh hal-hal yang kurang penting

5 Hal Tidak Profesional yang Sering Dilakukan Millennial di Kantorpexels.com/bruce mars

Fokus dalam pekerjaan akan membuat kita lebih cepat dalam menyelesaikan tugas. Namun tanpa disadari, banyak millennial yang mudah teralihkan pikirannya oleh hal-hal yang tidak terlalu penting. Misalnya, selalu mengecek HP setiap lima menit sekali. Alhasil, pekerjaan tidak bisa selesai tepat waktu.

2. Percaya diri memang perlu untuk kariermu. Namun jika kadarnya berlebihan, siap-siap saja mendapat cap arogan!

5 Hal Tidak Profesional yang Sering Dilakukan Millennial di Kantorpexels.com/Tirachard Kumtanom

Kepercayaan diri memang membantumu meningkatkan karier serta mencapai tujuan yang diinginkan. Namun terlalu percaya diri dan yakin, juga akan membuatmu terlihat sebagai sosok yang sombong dan arogan. Jika kamu tidak mengerti suatu hal, jangan berpura-pura paham segalanya.

3. Mudah baper dan tidak dapat menerima kritik juga bisa menjadi bumerang yang menghambat perkembangan karier

5 Hal Tidak Profesional yang Sering Dilakukan Millennial di Kantorunsplash.com/ Ethan Sykes

Kritik bisa menjadi hal yang cukup sulit diterima oleh banyak orang, termasuk millennial. Selalu menganggap diri paling benar adalah salah satu penyebabnya. Padahal, biasanya kritik disampaikan supaya kamu tahu di mana letak kesalahan yang harus diperbaiki.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengatasi Stres di Minggu Pertama Kerja, Sudah Coba?

4. Sama seperti ketiga hal sebelumnya, sikap banyak bicara tapi tidak mau mendengar pun harus dihindari

5 Hal Tidak Profesional yang Sering Dilakukan Millennial di Kantorunsplash.com/Icons8 team

Berbicara dan mendengar adalah dua hal yang sama pentingnya. Kamu tidak bisa hanya berbicara, tanpa mau mendengarkan apa yang orang lain katakan. Ingat! Perlakukanlah orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

5. Tidak bisa lepas dari gawai, akan membuatmu dipandang tidak bisa memisahkan waktu untuk serius dan kurang serius

5 Hal Tidak Profesional yang Sering Dilakukan Millennial di Kantorunsplash.com/Nick Fewings

Saat ini, gadget telah menjadi salah satu barang elektronik yang akrab dengan millennial. Meski sangat membantu dalam berkomunikasi, nyatanya masih banyak orang yang tidak bisa lepas darinya.

Saat sedang berbicara dengan klien atau teman kerja, misalnya. Masih banyak di antara mereka yang tidak tahu kapan waktunya mengecek ataupun mematikan ponsel. Hal inilah yang jadi pemicu sebutan tidak profesional.

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan di tempat kerja. Jika tidak mau dianggap berbuat hal tidak profesional yang sering dilakukan millennial tadi, yuk mulai berubah dan memperbaiki diri agar bisa jadi jauh lebih baik lagi!

Baca Juga: 5 Petuah bagi Fresh Graduate Agar Tetap Semangat Cari Kerja! 

Topic:

  • Diana Ekawati
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya