Comscore Tracker

5 Kebiasaan Positif buat Kamu yang Tak Kunjung Dapat Kerja, Terapkan!

#IDNTimesLife Bisa dilakukan sambil menunggu panggilan

Mencari pekerjaan di tengah pandemik COVID-19, jadi hal yang tidak mudah. Beberapa perusahaan yang memberhentikan karyawannya bahkan terpaksa gulung tikar. Kondisi ekonomi yang belum stabil juga jadi salah satu penghambat terbukanya lowongan kerja.

Selama menunggu panggilan kerja, ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan. Tak hanya agar lebih siap memasuki dunia kerja, juga supaya kamu layak diterima di perusahaan impian. Yuk, coba 5 kebiasaan positif buat kamu yang tak kunjung dapat kerja!

1. Manfaatkan gawai sebaik mungkin

5 Kebiasaan Positif buat Kamu yang Tak Kunjung Dapat Kerja, Terapkan!Ilustrasi orang bekerja. Unsplash.com/Maliha Mannan

Memiliki gawai yang canggih, memungkinkanmu mengeksplorasi lebih banyak hal baru. Kamu harus bisa memanfaatkan berbagai layanan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalamanmu. 

Manfaatkan gawaimu untuk hal-hal yang bisa meningkatkan produktivitasmu, seperti mengikuti pelatihan atau seminar. Selama pandemik COVID-19 ini, banyak pelatihan dan seminar gratis yang bisa kamu ikuti, lho!

2. Perbanyak membaca untuk memperluas wawasan

5 Kebiasaan Positif buat Kamu yang Tak Kunjung Dapat Kerja, Terapkan!Ilustrasi orang membaca. (unsplash.com/Yuri Efremov)

Banyak hal bisa kamu lakukan selama menunggu panggilan kerja. Salah satunya, mengisi waktu luang dengan membaca buku. Mulailah membangun kebiasaan membaca buku, terutama buku non-fiksi, untuk meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasan. 

Tak terbatas pada buku fisik, kamu juga bisa membaca berbagai artikel atau berita yang bermanfaat. Dengan memperbanyak informasi, daya kritismu juga akan meningkat sehingga perusahaan tak akan segan menerimamu jadi karyawan mereka. 

Baca Juga: 7 Tren Kerja Hybrid yang Perlu Kamu Tahu, Kerja Jarak Jauh Fleksibel!

3. Bangun pagi dan lakukan rutinitasmu secara teratur

5 Kebiasaan Positif buat Kamu yang Tak Kunjung Dapat Kerja, Terapkan!ilustrasi orang bangun tidur. (unsplash.com/bruce mars)

Kalau kamu berpikir untuk bangun siang dan bermalas-malasan karena belum punya pekerjaan, kamu salah! Sebaiknya kamu tetap bangun pagi. Mulailah dengan berolahraga, membuat sarapan yang sehat, membaca koran, dan dilanjutkan dengan kegiatan lain.

Dengan begini, kamu akan memiliki tidur yang cukup dan kesehatan tubuh yang baik. Kamu juga tidak terbiasa untuk bermalas-malasan dan membuang waktu. 

4. Jangan hanya mengeluh, buatlah hal yang bermanfaat!

5 Kebiasaan Positif buat Kamu yang Tak Kunjung Dapat Kerja, Terapkan!ilustrasi orang tidur. (unsplash.com/Kinga Cichewicz)

Saat kamu punya banyak waktu luang, jangan manfaatkan hal itu untuk mengeluh atau komplain mengenai hidupmu di sosial media. Daripada membuat sosial mediamu tidak bermanfaat, buatlah konten yang lebih memiliki nilai.

Misalnya, kamu bisa membagikan opinimu, membuat tips dan trik mengenai hobimu, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu pun punya portofolio tambahan yang bisa dibanggakan.

5. Jangan hanya rebahan, coba tekuni hobimu

5 Kebiasaan Positif buat Kamu yang Tak Kunjung Dapat Kerja, Terapkan!ilustrasi orang melukis. (unsplash.com/Héctor J. Rivas)

Kalau kamu belum dapat kerja, kamu tidak bisa hanya rebahan sambil berharap perusahaan impian menerimamu sebagai karyawan tanpa melakukan apa pun. Manfaatkanlah waktu luangmu untuk menekuni hobi atau membuat karya!

Di tengah pandemik seperti saat ini, ada banyak waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari hal baru atau memperdalam hobi. Biasakan menekuni hobi tersebut setiap hari secara rutin.

Kamu akan menghasilkan karya atau menjadi ahli dalam bidang tersebut. Hobimu juga bisa jadi skill baru yang mungkin akan dibutuhkan perusahaan. 

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Tempat Kerja, Merusak Citramu!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya