Comscore Tracker

8 Alasan Logis Wirausaha adalah Karier yang Tepat bagi Millennials

#DearFutureIndonesia millennials peduli isu sosial

Dewasa ini, generasi millennials banyak menjadi perbincangan dalam segala aspek mulai dari etika, pendidikan, budaya, mental dan cara millennials menggunakan informasi teknologi. Millennials sendiri merupakan generasi yang lahir pada rentang waktu 1980 hingga tahun 2000an.

Banyak dari para senior yang lahir sebelum tahun 1980an menilai para millennials memiliki karakter yang jauh berbeda daripada generasi sebelumnya. Misalnya, kaum millennials dinilai cuek dan tak peduli dengan keadaan sekitar, cuek terhadap perkembangan politik, ekonomi negeri, serta dianggap berpotensi meninggalkan budaya ketimuran yang dianut di Indonesia.

Tapi apakah anggapan itu benar? Sebagai kaum millennials yuk buktikan kalau kamu bukanlah generasi yang egois dan masa bodoh terhadap keadaan sosial. Buktikan kepedulian dengan menjadi millennials yang berkarya, mandiri, dan dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan menjadi wirausaha.

Wirausaha adalah karier yang cocok bagi generasi millennials yang peduli dengan keadaan sekitar saat ini. Dengan menjadi wirausaha kamu tak hanya bisa mendapat pemasukan untuk diri sendiri tapi kamu juga bisa memberikan kontribusi dan solusi bagi isu yang sedang berkembang saat ini.

Berikut 8 penjelasan mengapa wirausaha merupakan karier yang tepat bagi para millennials.

1. Wirausaha mengurangi pengangguran

8 Alasan Logis Wirausaha adalah Karier yang Tepat bagi Millennialsfreemalaysiatoday.com

Dalam kampanye yang dihadiri wirausahawan dan calon wirausahawan muda di Lephalale, Limpopo, pada Juli 2012. Wakil menteri perdagangan dan industri Tobias-Pokolo mendesak hadirin untuk mengekspolrasi dunia wirausaha guna membantu pemerintah memberantas kemiskinan dan penggangguran.

Tobias-Pokolo menyatakan bahwa usaha kecil terbukti memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara.

2. Lebih mandiri dan minim tekanan kerja

8 Alasan Logis Wirausaha adalah Karier yang Tepat bagi Millennialsprideone.com

Dikutip dari situs Quartz, pada suatu studi di Taiwan yang mensurvei 1.380 staff dari 230 pusat kesehatan masyarakat. Didapatkan hasil bahwa semakin besar kemandirian atau otonomi yang diberikan pada karyawan dalam pekerjaannya, maka karyawan akan lebih puas dalam posisinya dan kecil kemungkinan untuk resign atau pindah.

Sebagai seorang wirausaha, kamu bebas mengambil keputusan untuk bisnis kamu sendiri. Kamu punya kendali penuh terhadap usaha yang kamu jalankan dan tingkat kemandirian yang tinggi. Alhasil, kamu bisa bekerja dengan hati yang bahagia dan bebas tekanan.

3. Pendapatan yang tidak terbatas

8 Alasan Logis Wirausaha adalah Karier yang Tepat bagi Millennialsunsplash.com/Sharon McCutcheon

Ketika orang lain merasa gak mendapat pendapatan yang cukup, kompensasi yang gak sesuai, atau bahkan usahanya gak cukup dihargai oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Wirausaha benar-benar bisa menikmati hasil kerjanya secara utuh. Dengan menjadi wirausaha kamu akan mendapatkan penghasilan yang besarnya sesuai dengan usaha yang kamu lakukan. Kamu juga bisa menciptakan lebih banyak sumber penghasilan supaya mendapat pendapatan lebih bahkan jumlahnya gak terbatas.

Baca Juga: 5 Hal yang WAJIB Dilakukan Millennial untuk Indonesia Lebih Baik

4. Bye bye rekan kerja toxic

8 Alasan Logis Wirausaha adalah Karier yang Tepat bagi Millennialsmonster.com

Salah satu masalah yang bikin karyawan gak betah di tempat kerja adalah kehadiran rekan kerja toxic yang kerjaanya cari perhatian dengan bos, mau menang sendiri, senior yang kasih kerjaan ekstra, sampai konflik dengan sesama rekan kerja. Dengan memutuskan menjadi wirausaha, kamu gak perlu mengalami itu semua.

Kamu bebas memilih ingin bekerja dengan tipe orang seperti apa dan membangun suasana kerja impian kamu. Kamu bahkan bebas menerima dan menolak orang yang ingin bekerja dengan kamu.

5. Jadi agen perubahan di masyarakat

8 Alasan Logis Wirausaha adalah Karier yang Tepat bagi MillennialsFinerminds.com

Dengan menjadi wirausaha kamu bisa memilih untuk menciptakan produk yang memang dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Dalam praktiknya pun kamu merekrut orang-orang sekitar dan kamu memberi penghasilan pada mereka.

Melihat usaha yang dijalankan ternyata memberi efek positif dalam memperbaiki kehidupan masyarakat bisa memberikan rasa puas bagi wirausahawan lho.

6. Belajar menjadi individu yang inovatif

8 Alasan Logis Wirausaha adalah Karier yang Tepat bagi Millennialsbandt.com

Wirausahawan menjalankan bisnis untuk menciptakan produk atau layanan yang berguna dengan cara yang inovatif. Wirausaha membutuhkan modal dan perputaran dana yang lancar agar usaha mereka tetap bertahan dan berkembang.

Dengan menjadi wirausahawan, millennials secara otomatis dipaksa membuat produk dan juga pelayanan yang bermanfaat dan didesain supaya cost-effective dan menarik bagi orang-orang.

7. Banyaknya dukungan untuk para wirausaha

8 Alasan Logis Wirausaha adalah Karier yang Tepat bagi Millennialstopsimages.com

Kalau kamu aktif mencari informasi, banyak lho fasilitas yang disediakan untuk mendukung kamu berwirausaha. Buat kamu millennials yang saat ini masih kuliah, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi atau DIKTI menggagas Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) sebagai bentuk keseriusan mendukung para millennials yang ingin menjadi wirausahawan muda.

Untuk mengikuti program ini, kamu perlu mengajukan proposal yang berisi ide usaha kamu yang inovatif. Kalau lolos kamu bakal dapat modal usaha yang nilainya sampai belasan juta secara cuma-cuma. Selain itu, kamu juga akan mendapat pelatihan yang akan meningkatkan motivasi dan keterampilan wirausaha.

8. Internet yang semakin mudah diakses dan murah

8 Alasan Logis Wirausaha adalah Karier yang Tepat bagi MillennialsUnsplash.com/Bram Naus

Dengan semakin mudah dan murahnya internet yang bisa diakses, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh para wirausahawan atau calon wirausahawan. Misalnya kamu baru ingin memulai kegiatan wirausaha, kamu bisa mencari ide produk, cara memulai bisnis serta komunitas wirausaha terdekat di kota kamu.

Buat kamu yang sudah memulai berwirausaha dan ingin mengembangkan bisnis kamu. Kamu bisa menggunakan internet sebagai media promosi dan menjual produk secara online. Biaya yang dibutuhkan juga jauh lebih murah daripada kamu menggunakan media promosi yang lain seperti membuat spanduk dan brosur untuk promosi atau membangun toko untuk berjualan, asalkan kamu menggunakan fasilitas internet yang tepat.

Rekomendasi paling tepat untuk para millennials adalah Kartu Perdana Super 4G Kuota dari Smartfren, dengan harga relatif terjangkau mulai dari Rp 30.000,00 kamu bisa mendapatkan kartu perdana dengan kuota internet besar mulai dari 10 GB sampai 60 GB dengan kecepatan 4G. Murah banget 'kan, kamu gak perlu keluar dana besar untuk promosi, tinggal #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu pakai #Super4GKuota dari Smartfren aja.

Gimana? Kamu tertarik mulai berwirausaha? Kira-kira bisnis apa ya yang cocok buat para millennials?

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya